Profil dan Biodata Belva Devara: Agama, Keluarga, Pendidikan, Pacar

Instagram/@belvadevara
Belva Devara
4/10/2021, 15.46 WIB

ZIGI – Belva Devara mengejutkan publik setelah melamar kekasihnya, Sabrina Anggraini. Menariknya, CEO Ruang Guru itu mengutarakan niat serius pada Sabrina dengan berlutut di depan gedung kampus mereka, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Momen yang dibagikan di Instagram itu membuat banyak orang penasaran dengan sosok Belva Devara. Selain dikenal sebagai pebisnis, Belva juga pernah menjabat sebagai staf khusus presiden, loh. Kenalan yuk, lewat profil dan biodata Belva Devara berikut!

Baca juga: Profil, Biodata, Pendidikan Sabrina Anggraini Calon Istri Belva Devara

1. Keluarga Belva Devara

Pemilik nama asli Adamas Belva Syah Devara ini lahir pada 30 Mei 1990. Sehingga umur Belva Devara sekarang sudah menginjak 31 tahun. Belva merupakan anak sulung dari 3 bersaudara dari pasangan Tri Harsono dan Murni Hercahyani yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Adiknya yang bernama Dimico Ardan kini bekerja sebagai pilot. Meraih kesuksesan di usia muda, tapi siapa sangka Belva Devara bukan terlahir dari keluarga dengan tingkat ekonomi tinggi. Semua yang didapatnya sekarang ini merupakan hasil kerja kerasnya. Agama Belva Devara diyakini Islam.

2. Pendidikan Belva Devara

Sejak masa sekolah, Belva Devara sudah dikenal sebagai siswa berprestasi. Dia pernah menjabat sebagai ketua OSIS di SMA Presiden. Di tahun 2007, Belva terpilih menjadi salah satu dari delapan siswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura untuk melanjutkan studinya ke salah satu institut teknik terbaik di Asia, Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

Selama kuliah, Belva mendapatkan banyak prestasi akademis. Dia bahkan mendapat kesempatan untuk ikut dalam program pertukaran pelajar ke University of Manchester, Manchester, Inggris. Pada tahun 2013, Belva Devara melanjutkan pendidikan pascasarjana dan menjadi orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda di Harvard University dan Stanford University dengan beasiswa penuh.

Di Harvard University, dia mengambil jurusan Master of Public Administration (Kebijakan Publik), sementara di Stanford University, Belva mengambil jurusan Master of Business Administration (Bisnis Manajemen). Belva Devara juga terdaftar sebagai mahasiswa tamu di Massachusetts Institute of Technology. Belva akhirnya berhasil lulus di tahun 2016.

3. Awal Karier Belva Devara

Dikutip dari laman Linkedin, Senin, 4 Oktober 2021, Belva Devara pernah bekerja sebagai konsultan di McKinsey & Company sebelum bergabung dengan Ruang Guru. Di McKinsey, Belva fokus pada transformasi sistem pendidikan dan proyek-proyek strategi kesehatan masyarakat.

Dia juga bekerja dengan berbagai pemerintah Asia Tenggara, LSM internasional, dan komunitas donor global. Sebelum kerja di McKinsey, Belva Devara juga memiliki pengalaman bekerja di Kantor Presiden (Unit Pengiriman Presiden / UKP4) di Indonesia dan Goldman Sachs di Singapura.

 

4. Belva Devara CEO Ruang Guru

Setelah menyelesaikan pendidikan di Amerika Serikat, Belva Devara memutuskan untuk kembali ke tanah air demi membangun Ruang Guru yang sudah didirikannya bersama dengan Iman Usman sejak 2014 lalu. Keduanya berhasil membuat Ruang Guru berkembang sampai lima kali lipat.

Berawal dari platform pendidikan kecil, kini Ruang Guru menjadi start-up teknologi edukasi terbesar di Indonesia dan sudah menjangkau lebih dari 15 juta siswa di seluruh Indonesia dan 300.000 guru. Bahkan kini Ruang Guru juga beroperasi di 4 negara.

Ruang Guru kini tidak hanya sebatas bimbingan belajar untuk SD-SMP-SMA, tapi juga ada persiapan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan seleksi STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Ruang Guru menyediakan layanan belajar online dengan para guru.

5. Penghargaan Belva Devara

Di tahun 2011, Belva Devara berhasil meraih tiga medali emas bergensi dari Nanyang Technological University. Dia juga mendapat Lee Kuan Yew Gold Medal, (penghargaan tertinggi bagi mahasiswa di universitas), Infocomm Development Authority of Singapore Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di program studi Ilmu komputer), serta Accenture Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di program studi Bisnis). 

Saat masih kuliah, Belva Devara juga mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan berpengaruh di Singapura, Goldman Sachs dan Accenture. Sejauh ini, sudah ada 17 gelar kehormatan yang dimiliki oleh pria 31 tahun itu. Nama Belva masuk dalam daftar 40 Under 40 versi Majalah Prestige pada Oktober 2018. 

Tidak hanya itu, Belva Devara juga dimuat dalam Asean 40 Under 40 versi Asean Advisory pada Juli 2018. Selain itu, ada penghargaan Atlassian Foundation MIT SOLVE Grantee 2017, Australian DFAT MIT SOLVE Grantee 2017, hingga GSMA Innovation Fund Grantee 2017. 

Pada tahun 2017, nama Belva Devara dan Iman Usman bahkan masuk dalam daftar 30 Under 30 fersi Majalah Forbes Asia. Karya keduanya juga mendapat kesempatan untk diliput secara luas oleh media lokal maupun media Internasional.

6. Belva Devara Staf Khusus Presiden

Pada 21 November 2019, Belva Devara bersama 6 orang lainnya dari kalangan milenial ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai staf khusus. Tapi baru 6 bulan menjabat atau pada April 2020, Belva memutuskan untuk mengundurkan diri. 

Belva Devara mengundurkan diri berkaitan dengan terpilihnya Ruang Guru, perusahaan yang didirikan dan dipimpinnya, sebagai mitra program Kartu Prakerja hingga memunculkan konflik kepentingan. Belva menegaskan tidak ada keterlibatan dirinya. Sebab, proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan pemilihan mitra dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja.

 

7. Belva Devara Lamar Pacar

Belva Devara menjadi perbincangan di media sosial setelah membagikan momen manis melamar pacarnya, Sabrina Anggraini di kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Dalam postingan yang dibagikan pada 4 Oktober 2021, Belva terlihat berlutut sambil memperlihatkan sebuah cincin.

Sabrina yang tidak mengetahui hal ini tampak sangat terkejut. Dia mengaku awalnya mereka berencana untuk photoshot profesional. Meski begitu, lamaran Belva Devara pun diterima. Dia juga tidak menyangka perjalanannya ke Amerika kali ini mendapatkan calon istri.

8. Biodata Belva Devara

  • Nama Lengkap: Adamas Belva Syah Devara
  • Nama Panggilan: Belva Devara
  • Tanggal lahir: 30 Mei 1990
  • Umur: 31 Tahun
  • Agama: Islam
  • Profesi: CEO Ruang Guru
  • Pendidikan: S1 Nanyang Technological University (NTU), Singapura dan S2 Harvard University dan Stanford University
  • Orangtua: Tri Harsono (Ayah), Murni Hercahyani (Ibu)
  • Saudara: Dimico Ardan (Adik), Delicia Gemma (Adik)
  • Akun Instagram: @belvadevara

Itu tadi profil dan biodata Belva Devara, CEO Ruang Guru lengkap dengan agama, keluarga sampai pendidikan. Terbaru, Belva Devara melamar kekasihnya, Sabrina Anggraini. Semoga bahagia selalu!

Baca juga: Kampus MIT Jadi Saksi Bisu Belva Devara Melamar Sabrina Anggraini