Profil dan Biodata Hendra Setiawan: Ranking, Karier, Keluarga, Istri

Instagram @hendrasansan
Hendra Setiawan
18/10/2021, 16.44 WIB

ZIGI – Hendra Setiawan begitu bersemangat ketika Indonesia akhirnya dapat merebut Piala Thomas 2020 setelah 19 tahun lamanya. Menurut Hendra, ini adalah anugerah besar untuk dirinya dan juga seluruh tim yang bertanding. 

Sosok Hendra Setiawan dikenal sebagai atlet yang tidak banyak ekspresi. Ia adalah pemain badminton yang dingin tapi juga punya sifat family man. Simak perjalanan karir dan profil lengkap Hendra Setiawan yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Awal Hendra Kenal Badminton

Dulu waktu kecil, Hendra Setiawan sering ikut ayahnya yang menjadi pelatih di daerah Pemalang, Jawa Tengah. Tiap hari ikut latihan sehingga lama-lama tertarik untuk terjun ke olahraga bulutangkis.

"Terus akhirnya saya coba, di sekolah kan biasanya ada Porseni, kita ikut," cerita Hendra dalam wawancara di akun YouTube Akuratco. 

Dari situ aktor kelahiran tahun 1984 ini sering juara, sehingga tambah bersemangat dan akhirnya memutuskan untuk meneruskan badminton secara serius. Akhirnya sang ayah menyarankan Hendra untuk masuk ke klub besar. Ia kemudian pindah ke klub PB Jaya Raya selama lima tahun hingga sekarang. 

Saat di Jaya Raya, Hendra waktu itu baru berusia 13 tahun, ia telah bertekad untuk menjadi seorang atlet. "Jadi saya sudah fokus jadi atlet aja, sekolah memang nomor dua" katanya.

2. Hubungan Hendra dan Mohammad Ahsan

Selain menjadi partner di lapangan, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan ternyata dekat. Menurut penuturan Hendra, mereka sering mengadakan kumpul keluarga bersama. 

Ditanya pendapatnya tentang sosok Mohammad Ahsan itu Hendra lantas menjawab, "Kalau menurut saya, Ahsan komitmen juga. Latihannya maksimal. Terus juga semuanya maksimal."

Ahsan juga orang yang religius, tapi terkadang juga suka bercanda. Di mata Hendra, Ahsan adalah orang yang tahu kapan harus serius dan fokus. Keduanya dipasangkan dalam tim gandra putra mulai 2012 hingga 2016 setelah gagal tampil di Olimpiade Rio di tahun yang sama. 

Kemudian PBSI meminta Hendra untuk kembali jadi pasangan Ahsan lagi pada 2018.  Keduanya dijuluki The Daddys oleh penggemar karena sama-sama sebagai atlet senior yang telah memiliki anak.

3. Punya Niat Untuk Jadi Pelatih 

Pada wawancara 2019 tersebut, Hendra mengatakan bahwa ia belum punya rencana untuk pensiun. Jika tenaganya masih terus kuat untuk bermain, ia ingin terus menjadi atlit. Namun tidak dipungkiri bahwa Hendra juga punya keinginan untuk menjadi seorang pelatih. 

"Penginnya sih jadi pelatih, cuman kan gak gampang juga, jadi lihat ajalah nanti," kata Hendra yang mengikuti Thomas Cup 2020 di umur 37 tahun.

4. Aktif Sebagai YouTuber

Pada 23 Maret 2013, Hendra dan sang istri membuat channel YouTube dengan nama Hendra Setiawan. Hingga kini channel tersebut sudah memiliki subscriber sebanyak 158 ribu dengan total views mencapai lebih dari 14 juta. 

Isinya berupa keseharian Hendra bersama keluarga, tips bermain badminton, QnA bersama istri, hingga vlog pribadi. 

 

6. Keluarga Hendra Setiawan

Hendra Setiawan menikah dengan Sanidani Arief pada 2011 silam. Ci Sansan, begitu penggemar memanggilnya, mengenal Hendra dengan akrab hanya dalam waktu satu bulan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Sansan mengenal Hendra dari sang kakak sepupu. 

Hingga kini pernikahan mereka masih awet. Sansan dan Hendra rajin mengunggah video di channel YouTubenya. Keduanya dikarunia 3 orang anak bernama Richard, Richelle, dan Rusell. Hendra memang dikenal sebagai atlet yang 'family man'.

7. Ranking Hendra Setiawan

Hendra ikut kejuaraan internasional pada 2005 di German Open. Saat itu ia bermain di ganda putra dan berhasil beradai di posisi ketiga. Ia sering kali dipasangkan dengan Markis Kido, temannya sesama di klub Jaya Raya. Pada 2007 keduanya bahkan pernah sama-sama berada di peringkat pertama dunia. 

Bersama Markis, keduanya sering menjuarai kejuaraan internasional. Salah satu pertandingan legendaris yang pernah mereka mainkan adalah Olimpiade Beijing 2008. Namun keduanya berpisah pada 2012 silam. Markis Kido meninggal dunia pada Juni 2021 diduga akibat serangan jantung. 

Saat ini ranking Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan berada di peringkat 2 dunia di bawah rekan senegara, Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

8. Jadi Bintang Iklan Bareng Ahsan

Per 1 Januari 2021, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan bergabung di tim Victor. Victor adalah perusahaan asal Taiwan yang menyediakan alat badminton. Keduanya didapuk sebagai bintang iklan bersama juara dunia Tai Tzu Ying, Anders Antonsen, hingga Lee Zii Jia. Dengan adanya kontrak tersebut, otomatis keduanya menggunakan jersey baru dari sponsor untuk pertandingan profesional. 

9. Biografi Hendra Setiawan

  • Nama: Hendra Setiawan
  • Tempat Tanggal Lahir: Pemalang, 25 Agustus 1984
  • Klub: PB Jaya Raya
  • Orangtua: Ferry Yeogianti dan Kartika Christyaningrum
  • Suadara: Silvia Anggraeni dan Ivone Anggraeni
  • Istri: Sanidani Arief
  • Anak-anak: Ricahrd, Richelle, dan Russel 
  • Akun Instagram: @hendrasansan
  • Akun YouTube: Hendra Setiawan 
  • Profesi: Atlet Badminton

Hendra Setiawan saat ini berada di ranking dua dunia untuk ganda putra. Sepanjang karirnya, ia telah menraih 595 kemenangan yang tercatat secara resmi. Meski usainya telah menginjak 37 tahun, tapi performa Hendra masih terbilang garang di lapangan. 

Baca juga: Profil dan Biodata Mohammad Ahsan: Kisah Hijrah, Istri, Umur, Prestasi