Mengenang Musisi Idang Rasjidi, Meninggal karena Komplikasi Penyakit

Instagram/@shadu_rasjidi
Idang Rasjidi
5/12/2021, 09.15 WIB

ZIGI – Musisi jazz Idang Rasjidi meninggal dunia pada Sabtu, 4 Desember 2021. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Idang sempat dirawat di Rumah Sakit Azra Bogor karena mengalami komplikasi penyakit diabetes melitus.

Kabar duka ini disampaikan oleh anak Idang Rasjidi yakni Shadu Rasjidi melalui Instagram. Deretan selebriti Indonesia termasuk Andien hingga Audy Item pun turut berduka atas meninggalnya Idang Rasjidi. Berikut artikelnya!

Baca Juga: Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Musisi Indonesia Berduka

Musisi Idang Rasjidi Meninggal Dunia

Idang Rasjidi meninggal di usia 63 tahun. Sambil membagikan foto sang ayah, Shadu Rasjidi memohon doa pada 18,6 ribu followers Instagramnya terkait kepergian Idang Rasjidi.

Innalillahi wa inailaihi rajiun, telah meninggal dunia ayahanda kami tercinta Chaidar Idang Rasjidi, pukul 23.35 WIB di RS Azra Bogor. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidup dan mohon doa agar mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah. Amin. Selamat jalan pah,” tulis Shadu dikutip Zigi.id dari Instagram @shadu_rasjidi pada Minggu, 5 Desember 2021.

Unggahan tersebut dikomentari oleh ribuan warganet. Beberapa selebriti juga terkejut dengan berita kepergian musisi jazz senior tersebut. 

Innalilahi wainailaihi rojiun turut berduka cita. Insyaallah husnul khotimah aamiin,” tulis Audy Item.
Duuuu. Innalillahi wa innaillaihi roji'un. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu,” sahut Ivanka Slank.
Turut berduka Shadu,” ujar Andien.
Turut berduka cita mas. Diberi tempat terbaik dan kesabaran,” kata Melanie Subono.

 

Penyakit yang Diidap Idang Rasjidi

Sebelum meninggal, Idang Rasjidi telah menjalani operasi pada awal Desember 2021 karena penyakit yang dideritanya. Shadu mengatakan operasi berjalan lancar dan dia menyemangati sang ayah agar segera sembuh. Menurut sahabat Idang Rasjidi yakni, Jilly Likumahuwa, musisi yang jago main piano ini mengalami komplikasi penyakit.

Jadi sakitnya Papa Idang Rasjidi memang bener-bener komplikasi sekali. Sangat-sangat mirip dengan sahabatnya Alm. Benny Likumahuwa. Hanya saja catatan komplikasinya papa Idang Rasjidi ini seperti ini: Diabetes melitus atau gula basah (Benny Likumahuwa gula kering), albumin/protein darah kurang,” tulis Jilly Likumahuwa.

Lekosit kurang, asam urat, ginjalnya juga kena. Tapi masih di jaga supaya jangan sampai cuci darah, ada pengapuran di punggungnya karena kan selama ini tidurnya duduk,” sambungnya.

Mengenal Sosok Idang Rasjidi

Idang Rasjidi dikenal sebagai musisi jazz senior yang lahir pada 26 April 1958. Ia mampu memainkan piano sebagai suara satu dan dengan vokalnya sendiri sebagai suara dua.

Dia juga bisa menirukan berbagai suara musik seperti trumpet, trombone dan perkusi. Sepanjang kariernya, ia telah mengeluarkan lima album bertajuk Heaven and Earth (1996), Jazzy Christmas (Victoriuos) bersama Margie Segers (2004), Live at For Seassons (2005), Sound Of Hope (2008), Sound Of Truth (2009).

Tak hanya itu, Idang juga sering tampil di berbagai acara musik termasuk Jakarta Jazz Festival hingga Asean Jazz Festival. Selamat jalan Idang Rasjidi!

Baca Juga: Mengenang Wan Abud, Aktor Putri Duyung Meninggal karena Covid-19