Berhenti di Tol Jombang-Mojokerto, Doddy Sudrajat Bakal Ditindak?

Instagram/@irma_rachim
Doddy Sudrajat
Penulis: Hadi Mulyono
18/12/2021, 07.00 WIB

ZIGI – Ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat tak henti-hentinya menjadi bahan pergunjingan netizen. Setelah disebut-sebut memperebutkan warisan Vanessa Angel dan hak asuh Gala Sky, kini Doddy dikecam netizen karena sempat berhenti di jalan tol, tempat putrinya mengalami kecelakaan.

Buntut dari apa yang dilakukan Doddy tersebut, pihak operator tol Jombang-Mojokerto akhirnya memberi klarifikasi kepada publik. Benarkah Doddy sempat dibantu pengelola jalan tol hingga diberi kesempatan berhenti di tempat yang tidak seharusnya? Simak artikel ini sampai habis ya guys.

Tindakan Doddy Sudrajat Tidak Dibenarkan

Melalui akun Instagram resmi mereka @astratoljomo, operator jalan tol Jombang-Mojokerto yang menjadi lokasi kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah memberi klarifikasi. ASTRA Infra menegaskan tindakan Doddy yang sempat viral tersebut tidak dibenarkan karena telah melanggar peraturan pemerintah.

Menanggapi kejadian berhenti di bahu jalan tol KM 672+300 A yang dilakukan pengguna jalan di tol Jombang-Mojokerto pada Sabtu (11/12) lalu sekitar pukul 16.37 yang menyebar pada media sosial, kami sampaikan bahwa: Kami tidak membenarkan segala tindakan pengguna jalan yang berhenti di bahu jalan tanpa adanya kondisi darurat,” demikian tulis ASTRA Infra dikutip Zigi.id, Jumat, 17 Desember 2021.

Pihak operator jalan bebas hambatan tersebut turut menyebutkan peraturan yang dinilai telah dilanggar oleh pengguna jalan atas nama Doddy Sudrajat. Aturan yang dimaksud meliputi Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 41 ayat (2) di mana pengguna jalan tidak diperkenankan berhenti di bahu jalan kecuali:

(a) saat arus lalu lintas dalam keadaan darurat;
(b) atau bagi kendaraan yang berhenti darurat, seperti mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, maupun gangguan fisik pengemudi.

Yang dimaksud keadaan darurat adalah saat sebagian atau seluruh jalur tidak berfungsi karena kecelakaan lalu lintas atau pekerjaan pemeliharaan.

Doddy Sudrajat Bakal Ditindak?

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut bagaimana nasib Doddy Sudrajat dan keluarganya usai berhenti di jalan tol Jombang-Mojokerto. Pihak operator sejauh ini hanya melakukan investigasi internal lebih dalam dan menemukan bahwa telah kesalahan prosedur yang dilakukan petugas lapangan saat menangani kendaraan yang berhenti.

“Petugas yang bersangkutan telah diberi peringatan dan akan ditindak lanjuti sesuai peraturan perusahaan. Kami akan senantiasa memastikan prosedur dijalankan sesuai ketentuan,” tambah ASTRA Infra.

Di akhir klarifikasinya, pengelola jalan tol juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan bisa menghubungi Call Center (0321) 888123 apabila mengalami kondisi darurat.

Sebelumnya, aksi Doddy Sudrajat yang berhenti di jalan tol Jombang-Mojokerto tempat Vanessa dan suaminya kecelakaan viral di media sosial. Irma Rachim yang merupakan sahabat Doddy kemudian meminta maaf termasuk kepada pihak Jasa Marga.

"Mohon maaf jika ada salah penyebutan nama yg membantu kita di tol Jombang bukan petugas dari @official_jasamarga, tapi petugas dari @astrainfra sampai proses doa selesai. Pada intinya, kami tidak sembarangan berhenti di jalan tol. Tetap kami ikuti prosedur lapor pada petugas, terima kasih," tulis Irma Rachim di Instagram Stories miliknya.

"Terima kasih banyak untuk @astra.infra yang sudah membantu kami di lokasi kejadian, dan diizinkan keluarga utk doa bersama," tutup sahabat Doddy Sudrajat itu.