Mengenang Mbah Minto, YouTuber Konten Gagal Mudik Meninggal Dunia

Instagram/@klateninfo_official
Mbah Minto
23/12/2021, 09.17 WIB

ZIGI – Minto Suwito Siyam atau lebih dikenal dengan nama Mbah Minto meninggal dunia pada Rabu malam, 22 Desember 2021. Kabar duka ini disampaikan oleh YouTuber Ucup Klaten atau bernama asli Muhammad Sofyan.

Diketahui bahwa Mbah Minto dikenal oleh publik setelah membintangi konten bertajuk gagal mudik di YouTube. Di usianya yang sudah renta, ia tetap eksis muncul di berbagai konten lainnya. Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenang Musisi Idang Rasjidi, Meninggal karena Komplikasi Penyakit

Mbah Minto Meninggal Dunia

Kabar Mbah Minto meninggal dunia langsung menyita perhatian publik. Bahkan, namanya berada di jajaran trending Google dan Twitter pada Kamis, 23 Desember 2021. Mbah Minto menghembuskan napas terakhirnya di usia 85 tahun di Rumah Sakit Islam Klaten, Jawa Tengah.

Kabar duka ini juga disampaikan oleh akun Instagram @klateninfo_official. Ia meminta publik mendoakan Mbah Minto agar amal ibadahnya diterima oleh Tuhan.

Innalillahi wa inna 'ilaihi rojiun. Kabar Duka Mbah Minto tutup usia. Mohon doanya buat beliau ya sedulur. Semoga diterima segala amal baik beliau, diampuni kesalahannya & Mendapat tempat terbaik sisiNya. Swargi langgeng Mbah,” tulis akun @klateninfo_official dikutip Zigi.id pada Kamis, 23 Desember 2021.

Jenazah Mbah Minto akan dimakamkan pada hari ini pukul 14.00 WIB di Sasonoloyo Wonosegaran, Bugel, Krakitan. Kepergian Mbah Minto meninggalkan empat orang anak, 15 cucu dan empat buyut.

 

Ucapan Duka dari Ucup Klaten dan Ganjar Pranowo untuk Mbah Minto

Berbagai ucapan duka juga mengalir dari orang-orang ternama Tanah Air. Ucup Klaten yang merupakan seorang YouTuber tampak membagikan foto Mbah Minto yang tersenyum. Di bagian atas foto tersebut terdapat tulisan ‘Innalilahi wa inna ilaihi rojiun’.

Sugeng tindak Simbok. Terima kasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang,” tulis Ucup Klaten.

Tak hanya itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah juga ikut mengucapkan duka pada Mbah Minto. Ganjar menuliskan cuitan di akun Twitternya @ganjarpranowo dan menyebut bahwa Mbah Minto adalah sosok orang yang baik.

Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Selamat Jalan Mbah Minto. Simbah orang yang betul-betul baik. Husnul khotimah ya mbah,” tutur Ganjar.

Sosok Mbah Minto

Mbah Minto dikenal oleh publik setelah muncul di video parodi gagal mudik yang tayang pada April 2020 lalu di YouTube Ucup Klaten. Video komedi itu digarap bersama tetangganya, Muhammad Sofyan alias Ucup. Tayangan-tayangan itu ditonton jutaan orang sejak awal diunggah.

Diceritakan bahwa Ucup adalah anak Mbah Minto yang ingin mudik ke kampung. Namun, karena pandemi Covid-19, Mbah Minto melarang Ucup untuk mudik karena takutnya membawa virus. Video tersebut viral karena sangat relate dengan kondisi saat itu.

Tak disangka, Ganjar Pranowo juga merespon dengan baik video viral Ucup dengan Mbah Minto tersebut. Ia bahkan memberikan Mbah Minto THR sebesar Rp1 juta.

Ucup Klaten pernah mengatakan bahwa Mbah Minto hidup seorang diri. Dia tidak bisa membaca teks tertulis dan mengikuti aba-abanya saja ketika berakting. Setelah viral, Mbah Minto juga akhirnya muncul di berbagai konten Ucup yang lain. Selamat jalan Mbah Minto!

Baca Juga: Mengenang Verawaty Fajrin, Pebulu Tangkis Legendaris Meninggal Dunia