Kanye West Dikritik Aktivis Hewan karena Foto Sampul Lagu EAZY

billboard/Instagram
Kanye West Dikritik Aktivis Hewan
19/1/2022, 11.44 WIB

ZIGI – Kanye West dan rapper The Game merilis lagu Eazy pada Minggu, 16 Januari 2022. Cover lagu tersebut menimbulkan perdebatan terutama aktivis hewan, PETA karena menggunakan gambar monyet tanpa kulit.

Sebelum rilis ke publik, Kanye West mengunggah cover lagunya bertajuk Eazy di akun Instagramnya. Simak artikelnya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Cerai dari Kim Kardashian, Kanye West Diduga Pacari Irina Shayk

Sampul Lagu Eazy Milik Kanye West Dikriktik PETA

Ye atau yang juga dikenal dengan nama Kanye West baru-baru ini menimbulkan perdebatan setelah mengunggah cover art lagunya bertajuk Eazy yang dirilis pada 16 Januari 2022. Dua hari sebelumnya, Kanye mengunggah sebuah gambar monyet tanpa kulit dengan latar belakang merah.

Di bagian caption, tertulis ‘Hidupku tidak pernah EAZY (mudah)’. Belum berhenti sampai situ, Kanye kembali membagikan gambar monyet tanpa kulit tersebut dengan diiringi lantunan lagu EAZY.

Foto tersebut memicu perdebatan terutama aktivis hewan, PETA (People for the Ethical Treatment of Animals). Komunitas aktivis hewan tersebut mengunggah kritikannya terhadap mantan suami Kim Kardashian itu di halaman Instagramnya.

Gambar mengganggu dari monyet tanpa kulit yang dibagikan oleh @kanyewest bertujuan sebagai pengingat bahwa tidak ada perbedaan yang nyata antara manusia dan hewan lain,” tulis pihak PETA dalam Instagramnya pada Sabtu, 15 Januari 2022.

PETA juga mengkritisi caption yang telah disematkan dalam unggahan Kanye West di Instagram yang menjelaskan hidupnya tidak mudah.

Hidup mereka (hewan) tidak mudah ketika kita menyalahgunakan dan membunuh mereka untuk makanan, eksperimen, pakaian dan hiburan. Tidak ada alasan untuk menyalahgunakan mereka #EndSpeciesism,” tulis PETA.

 

Gambar Monyet Tanpa Kulit Di Cover EAZY Mengingatkan Temuan PETA

Presiden PETA, Ingrid Newkirk memberikan tanggapannya terhadap gambar monyet tanpa kulit yang diunggah oleh Kanye West pada Jumat, 14 Januari 2022.

“Foto itu mengingatkan terhadap monyet-monyet yang ditemukan oleh PETA, terkadang hanya kepala, tangan, terkadang seluruh tubuhnya di pasar daging di seluruh dunia,” ujar Ingrid Newkirk seperti dilansir dari Billboard pada Rabu, 19 Januari 2022.

Newkirk juga menegaskan ketika seseorang menyalahgunakan hewan baik bulunya atau sejenisnya bahwa mereka adalah hewan primate.

“Ketika Anda menghilangkan bulunya, kamu tidak bisa melewatkan bahwa ada makhluk disana. Mereka (hewan-hewan) adalah sesama primata dan tidak ada tujuan apapun untuk menyalahgunakan mereka baik di laboratorium, kebun binatang pinggir jalan, film maupun pasar daging,” imbuhnya.

Newkirk mengungkapkan jika foto tersebut merupakan hasil karya dari Nick Knight pada tahun 1997. Foto monyet itu juga bagian dari riset atas editorial untuk Big Magazine sebagai ‘sebuah studi pada fisiologi, bentuk, filosofi dan kematian’. Sebelumnya, foto tersebut belum pernah dirilis hingga pada 2013 lalu.

Sementara itu, Kanye West dan The Game merilis lagu Eazy sebagai bentuk kisah perceraiannya dengan Kim Kardashian. Disisi lain, pihak Kanye West belum menanggapi terhadap kritik yang dilayangkan oleh PETA hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta Album 'Donda' Kanye West yang Viral, JayZ Beri Kejutan