Yusuf Mansur Beberkan Riwayat Pendidikan Wirda Mansur di Umur 20 Tahun

Instagram/@yusufmansurnew
Wirda Mansur dan Yusuf Mansur
Penulis: Hadi Mulyono
24/2/2022, 11.55 WIB

ZIGI – Influencer Wirda Mansur beberapa hari terakhir sedang disorot publik soal pendidikannya. Sebab, di akun LinkedIn yang tersebar, anak dari Ustaz Yusuf Mansur ini mengaku lulusan Oxford University, Inggris.

Namun netizen kemudian menemukan kejanggalan lantaran saat sesi tanya jawab di Instagram, Wirda mengaku kuliah di Buckingham University. Atas kegaduhan tersebut, Ustaz Yusuf Mansur angkat bicara dan mencoba meluruskan perdebatan publik.

Secara terpisah, Wirda Mansur juga telah memberikan klarifikasi. Bagaimana penjelasan Yusuf Mansur terkait latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh putrinya? Yuk, simak berita selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Klarifikasi Wirda Mansur Soal Kuliah di Oxford, Ternyata Tidak Selesai

Bukan Lulusan Oxford University

Melalui akun Instagram miliknya, Ustaz Yusuf Mansur mengaku bangga dengan Wirda Salamah Ulya alias Wirda Mansur. Sebab menurutnya, sejak kecil anak pertamanya tersebut sudah melanglang buana ke berbagai institusi pendidikan untuk menambah pengalaman.

Sejak SD, kata Yusuf Mansur, Wirda sudah berpindah-pindah pondok pesantren meski hanya sebentar. Tidak hanya di Indonesia, Wirda kemudian pindah ke Jeddah, Mekkah, Yaman, Jordan hingga ke Amerika.

Di Amerika Serikat tepatnya di New York, Wirda dititipkan kepada Ustaz Syamsi Ali sebelum akhirnya pindah ke Washington DC. Di Washington DC, Wirda selain berkuliah juga kursus Bahasa Inggris Lado dan baru setelahnya pindah ke Inggris.

"Di Inggris ramai, kok ada yang bilang ngaku-ngaku kuliah di Oxford. Enggak ada yang ngaku. Apalagi kalau ngaku lulusan Oxford ya enggak mungkin lah, emang Kak Wirda umur berapa?" kata Yusuf Mansur dikutip Zigi.id dari akun Instagram @yusufmansurnew, Kamis, 24 Februari 2022.

Hanya saja, tambah Yusuf Mansur, peluang bagi Wirda untuk melanjutkan kuliah di Oxford University ketika itu memang terbuka lebar. Sebab, ada banyak beasiswa yang mudah diakses terutama bagi anak-anak yang berasal dari Daarul Qur'an.

Diketahui, Wirda Mansur sekarang umur 20 tahun. Dia lahir pada 29 November 2001.

Kuliah di Buckingham University dan IDAQU

Yusuf Mansur menjelaskan, Oxford adalah tempat seperti kota yang mempunyai banyak kampus. Jadi apabila tidak diterima di kampus A, maka bisa pindah ke kampus B, C dan seterusnya, tetapi akhirnya Wirda memilih di Buckingham University. 

"Kak Wirda itu per sekarang ini masih di Buckingham University. Tapi kak Wirda mau pindah, mau ke Singapura. Atau saya minta jajal di Maroko atau di Jordan lagi,” ucap Yusuf Mansur.

Terkait pengakuan Wirda yang kini kuliah di Institut Daarul Qur’an (IDAQU), Yusuf Mansur membenarkan hal itu. Menurutnya, sang anak masuk ke IDAQU karena selain tidak bisa ke Inggris akibat pandemi, juga karena Wirda dalam tanda kutip sebagai owner.

Sementara itu di Instagramnya sendiri, Wirda Mansur mengaku sempat berkuliah di empat kampus berbeda. Kampus tersebut meliputi University of Oxford (tidak selesai), Raffles University (tidak selesai), University of Buckingham, dan Institut Daarul Quran (IDAQU). Ia saat ini sedang mengambil cuti dari dua kampus terakhir.

Baca Juga: Ngaku Lulusan Oxford, Wirda Mansur Dituduh Bohongi Publik