Wirda Mansur Ngaku Salah Bicara, Tidak Pernah Kuliah di Oxford

Instagram @wirda_mansur
Wirda Mansur
1/3/2022, 17.30 WIB

ZIGI – Wirda Mansur mengakui ia tidak pernah kuliah di Universitas Oxford setelah netizen menemukan data yang tidak sesuai dengan pernyataannya. Dirinya mengaku salah ucap saat mengatakan kuliah di 4 tempat.

Dalam unggahan Instagram terbaru, Wirda bercerita tentang pendidikannya yang loncat-loncat. Simak pernyataan terbaru Wirda Mansur di bawah ini.

Baca juga: Netizen Pertanyakan Kejujuran Wirda Mansur Soal Riwayat Kuliah

Wirda Mansur Akui Ia Tidak Pernah Kuliah di Oxford

Sebelumnya Wirda Mansur sempat mengaku ia mengambil jurusan International Baccalaureate (IB) di Oxford. Namun netizen justru mempertanyakan pernyataan tersebut karena IB bukanlah jurusan kuliah, tapi semacam program penyetaraan SMA.

Dalam unggahan Instagram @wirda_mansur pada Minggu, 27 Februari 2022 ia kembali menjelaskan soal riwayat pendidikan. Wirda mengaku ia sempat sekolah non formal di Jordan selama setengah tahun di 2014, kemudian balik ke Indonesia kejar paket SMP.

Selanjutnya di sebuah acara pengajian, Wirda ditawari untuk mengajar ngaji anak-anak di Amerika. Ia pun berangkat ke negeri Paman Sam dan mendaftar di sekolah khusus Islam bernama Al Makmur School di New York. Lagi-lagi tidak selesai karena dirinya pindah ke Washington DC untuk memperdalam bahasa.

Baru setelah itu Wirda membuat Visa Student dengan harapan bisa lanjut sekolah di Amerika. Ia kembali mengajar anak-anak kecil di salah satu sekolah madrasah Amerika.

"Dalam keadaan belum selesai sekolah, gue ngambil IB di Oxford. Jadi di sini nih emang tricky nih, IB emang bukan kuliah itu setara sama SMA," katanya. Ia mengaku tidak menyelesaikan program tersebut.

Wirda Tidak Tahu Kenapa Linkedin-nya Menuliskan University of Oxford

Netizen sebelumnya membagikan screenshot yang berisi Wirda menulis University of Oxford sebagai bagian dari riwayat kuliah. Dalam unggahan yang sama, ia pun memberikan tanggapan terhadap rumor tersebut.

"Yang bikin Linkedin itu bukan gue sendiri. Itu emang dibuat oleh salah satu staf yang ada miss information di situ, menuliskan lulusan University of Oxford. Padahal dari gue sendiri tidak pernah mengklaim seperti itu," katanya lebih lanjut.

Dirinya saat itu ditawari staf untuk membuat Linkedin meski dirinya saat itu merasa belum butuh. Sejak itu Wirda menegaskan ia tidak meng-cross check kembali Linkedin yang dibuat oleh salah seorang staf.

Ambil Kuliah Lagi di Indonesia

Wirda balik ke Indonesia tahun 2017 dan memutuskan untuk mengejar paket SMA kemudian mendaftar di Raffles University dengan jurusan Business Management.

Wirda mengaku kampus Raffles membuat aturan untuk sekolah 2 tahun di Indonesia, kemudian 1 tahun di Singapore. Sekali lagi, dirinya tidak berhasil menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Tahun 2019 ia kembali mendaftar di University of Buckingham. Kondisi pandemi membuat perkuliahan bisa dilakukan secara online. Namun dirinya mengambil cuti karena jadwal kuliah bertabrakan dengan kontrak kerja.

"Kemarin gue bilang kuliah di 4 tempat, sebenarnya bukan kuliah di 4 tempat (tapi) pernah belajar di 4 tempat kali gitu maksudnya," klarifikasi putri Yusuf Mansur ini.

Hingga saat ini masih banyak netizen yang tidak puas dengan klarifikasi kedua Wirda Mansur yang mengaku kuliah di beberapa tempat.

Baca juga: Yusuf Mansur Beberkan Riwayat Pendidikan Wirda Mansur di Umur 20 Tahun