5 Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid Indonesia di Afrika

Berbagai sumber
Pembangunan Masjid Indonesia oleh Ivan Gunawan
12/4/2022, 16.02 WIB

ZIGI – Ivan Gunawan bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk membangun Masjid Indonesia di Afrika. Ia memberikan sponsor perjalanan hingga biaya pembangunan. Pembangunan turut dibantu oleh masyarakat sekitar.

Masjid Indonesia ini kemungkinan jadi masjid terbesar dengan daya tampung hingga 500 orang. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Setelah Spirit Doll, Ivan Gunawan Pamer Boneka Baru

1. Ivan Gunawan Sponsori Dua Orang ke Afrika

Lewat Instagram @hamza.tamimy, Hamza dan Yudha mendapat sponsor dari Ivan Gunawan untuk berangkat ke Uganda Barat, Afrika. Keduanya merupakan member salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Golden Future Indonesia. Sang desainer pun minta untuk dibuatkan Masjid Indonesia.

Day 1 Masjid Indonesia bya Ivan Gunawan di Afrika, dengan membabat tumbuhan dan pepohonan di atasnya,” tulis Hamza pada 9 April 2022.

Tidak hanya membagun Masjid, Hamza dan Yudha juga ikut membuat fasilitas perairan di daerah tersebut. Keduanya terlihat dibantu oleh masyarakat sekitar.

2. Kerja Sama dengan Golden Future Indonesia

Golden Future Indonesia adalah LSM yang fokus pada kegiatan sosial dan pendidikan serta aktivitas kemanusiaan lainnya. Organisasi ini membuka kanal donasi untuk mereka yang ingin menyumbang dalam berbagai bentuk. Aktivitas organisasi tidak hanya dibatasi di Indonesia juga, tapi hingga ke luar negeri. 

3. Lokasi Masjid Indonesia

Masjid akan dibangun di desa Ruwangga, Uganda Barat, Afrika. Desa tersebut terdiri dari 5000 penduduk dan Masjid yang dibuat bisa menampung antara 400 hingga 500 orang.  

“Ini termasuk masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid yang dibangun hanya bisa menampung 100 hingga 250 orang. Jadi bisa hampir dua kali lipatnya,” tambah  Hamza di video yang ia bagikan.

4. Pembangunan Dibantu Warga Masyarakat

Salah satu penduduk yang membantu dua relawan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Ivan Gunawan.

“Semoga Allah SWT terus memberikan nikmat untuk Ivan Gunawan,” kata salah satu penduduk Ruwabarangga.

Banyak masyarakat yang turut hadir untuk melihat persiapan tersebut. Dalam video yang diunggah Hamza penduduk membantu mengukur tanah yang akan digunakan.

5. Masih Dalam Tahap Pembangunan

Dalam perkembangan terbaru, Masjid Indonesia sedang dalam tahap pembangunan. Bangunan tersebut akan berdiri di dekat tebing. Kemudian sekitarnya terlihat ladang milik penduduk.

Untuk menunjukan pembangunan sedang dalam proses, ditancapkan banner bertuliskan “di sini akan dibangun Masjid Indonesia by Ivan Gunawan”.

Di atas merupakan 5 fakta Masjid Indonesia Ivan Gunawan yang dibangun di Afrika. Program terbaru dari selebriti satu ini menghasilkan decak kagum dari netizen. Warganet berharap semakin banyak kegiatan baik yang akan dilakukan oleh pria kelahiran 31 Desember 1981 tersebut.

Baca juga: 6 Artis Terseret Kasus DNA Pro, Ivan Gunawan hingga Rizky Billar