6 Fakta Utada Hikaru, Pelantun Lagu First Love di Coachella 2022

@kuma_power/Instagram
Utada Hikaru
18/4/2022, 11.49 WIB

ZIGI – Utada Hikaru langsung menjadi sorotan netizen setelah membawakan lagu legendaris, First Love di panggung Coachella 2022 pada Sabtu, 16 April 2022 di California, Amerika Serikat. 

Penonton yang kala itu mendengar Utada Hikaru menyanyikan First Love langsung turut bernyanyi bersama. Bukan hanya First Love, Utada Hikaru juga membawakan lagu hitnya yang lain seperti Simple and Clean, Face My Fears dan Automatic.

Penyanyi asal Jepang ini menjadi line up artis Asia 88rising seperti Warren Hue, BIBI, NIKI, Jackson Wang, CL, MILLI dan Rich Brian. Penasaran dengan sosok Utada Hikaru? Yuk simak fakta-faktanya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Fakta 2NE1 Reuni di Coachella 2022, Sepatu Sandara Park Hilang

1. Utada Hikaru Mewarisi Jiwa Seni dari Orang Tuanya

Hikaru Utada atau Utada Hikaru merupakan perempuan asal Jepang yang lahir pada 19 Januari 1983 di New York City, Amerika Serikat. Ia diketahui memiliki jiwa seni dari kedua orang tuanya.

Wanita dengan nama lain Hikki ini merupakan putri dari seorang produser ternama, Utada Teruzane dan seorang penyanyi, Keiko Fuji. Oleh sebab itu, pengetahuannya tentang musik sudah dikenalkan oleh kedua orang tuanya sejak kecil.

2. Utada Hikaru Menikah Dua Kali

Utada Hikaru diketahui pernah menikah dengan seorang sutradara yang juga fotografer bernama Kiriya Kazuaki pada 2002. Namun, pernikahan dengan pria yang lebih tua 15 tahun ini tidak dapat berlangsung lama setelah empat tahun hidup bersama.

Akhirnya, Hikki menikah lagi dengan seorang pria asal Italia, Fransesco Calianno pada 2014. Namun, pernikahan tersebut juga tidak berlangsung lama. 

Dilansir dari Arama Japan, penyebab pernikahan tersebut berakhir karena Caliano menganggur dan hidup dengan uang Hikki. Dari pernikahannya yang kedua, Utada Hikaru dianugerahi anak laki-laki pada 3 Juli 2015.

3. Awal Karier Utada Hikaru

 

Utada Hikaru diketahui telah berkecimpung dalam dunia musik sejak remaja. Dalam usianya tersebut, Hikki telah mulai bernyanyi dan menulis lagu.

Pada 1998, Utada Hikaru menggunakan nama panggung Cubic U dengan merilis album bertajuk Precious. Namun, lagunya tersebut belum mampu menghantarkan dirinya menjadi seorang penyanyi terkenal. 

4. Nama Utada Hikaru Mulai Dikenal Sejak Lagu First Love

Utada Hikaru yang berusia 19 tahun akhirnya mendapatkan popularitasnya saat merilis lagu bertajuk First Love. Bukan hanya di Jepang, lagu First Love juga terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia pada era 90-an.

Di Jepang, lagu First Love telah terjual sebanyak enam juta eksemplar sepanjang tahun 1999 dan menjadi lagu paling laris di Negeri Sakura ini.

5. Perjalanan Karier Utada Hikaru

Utada Hikaru debut saat usianya 15 tahun namun ia mulai dikenal di Jepang dan seluruh dunia saat usianya 19 tahun dengan membawakan First Love. Setelah album tersebut laris di pasaran, Hikki mulai aktif merilis album seperti Distance (2001), dan Exodus (2004) 

Ia akhirnya kembali ke Jepang setelah fokus dalam kariernya secara internasional pada 2005 dengan merilis album keempat bertajuk Ultra Blue. Hingga saat ini, Utada sering wara-wiri ke Jepang dan Amerika untuk memproduksi lagu.

6. Utada Hikaru Mengaku Seorang Non Biner

Utada Hikaru mengunggah kecemasannya mengenai gender yang disematkan pada dirinya. Pernyataan ini ia unggah di Instagram pad 28 Juni 2021 dengan gambar bertuliskan ‘Mystery Utada’.

Aku muak ditanya apakah aku Miss atau Misis atau memilih antara Miss/Mrs?Ms untuk sehari-hari. Hal itu membuatku tidak nyaman untuk diidentifikasi secara mencolok oleh status perkawinan atau jenis kelaminku dan aku tidak berhubungan dengan awalan itu,” tulis Utada Hikaru di Instagramnya.

Pelantun Prisoner of Love ini akhirnya memilih panggilan yang tepat untuk dirinya yakni Mx (dibaca Mix) yang tidak merujuk pada jenis kelamin maupun status sosial apapun.

Setelah menulis lagu, saya mencarinya dan menemukan bahwa aku disarankan ‘Mx’. Itu luar biasa dan saya harap ini menjadi lebih banyak digunakan. Saya takut ideku untuk netral telah terlambat,” imbuhnya.

Demikian fakta-fakta menarik penyanyi Jepang, Utada Hikaru yang baru-baru ini membuat netizen heboh karena kehadirannya di Coachella 2022 dengan lagu First Love.

Baca Juga: Bangga Jadi Orang Indonesia, Rich Brian Hadirkan Monas di Coachella