7 Kontroversi Mike Tyson, Terbaru Tinju Penumpang di Pesawat

Instagram/@miketyson
Mike Tyson
Penulis: Hadi Mulyono
22/4/2022, 16.38 WIB

ZIGI – Mantan juara tinju kelas berat Mike Tyson terus mencatatkan rentetan kontroversi yang selalu menghebohkan dunia. Baru-baru ini, ia kembali menjadi sorotan karena kedapatan memukuli seorang penumpang di sebuah pesawat usai tak bisa mengontrol emosinya.

Problem yang berpotensi menyeret Mike Tyson ke ranah hukum di atas bukan kali ini saja terjadi. Sepanjang karier sebagai petinju hingga memutuskan pensiun, ia sering membuat kontroversi.

Nah, di bawah ini Zigi.id telah merangkum deretan kontroversi Mike Tyson yang pernah diperbuat, baik ketika masih aktif menjadi petinju sampai setelah pensiun. Simak satu per satu yuk!

Baca Juga: 3 Fakta Mike Tyson Pukul Penumpang di Pesawat hingga Terluka

1. Menghajar Lawan dan Wasit Sekaligus

Dilansir dari akun Twitter Boxing History, Jumat, 22 April 2022, Mike Tyson pernah menghajar lawan sekaligus wasit di atas ring. Kejadian ketika ia sedang bertanding melawan Lou Savarese di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia pada 24 Juni 2000.

Sesuai gayanya, Mike Tyson tampil menekan sejak awal dengan penuh kekuatan. Ketika wasit berusaha memisahkannya dari Savarese, ia tidak bergeming dan terus melepaskan pukulan hingga mengenai wasit. Alhasil, Mike Tyson keluar sebagai pemenang secara TKO.

2. Tes Doping dengan Urin Orang Lain

Mike Tyson rutin menjalani tes doping yang biasa dilakukan atlet profesional untuk mengecek adanya obat-obatan terlarang yang digunakan. Namun suatu ketika, ia pernah menggunakan urin orang lain dan berpura-pura kencing ketika sedang diperiksa.

"Saya menggunakan penis palsu dan urin bayi saya untuk lulus tes narkoba!," kata Mike Tyson dikutip dari News24.

3. Pakai Ganja saat Bertanding

Duel duel ekshibisi antara Mike Tyson kontra Roy Jones Jr. pada 28 November 2020 diwarnai aksi gila. Sebab, mengisap ganja saat persiapan pertandingan hingga melakukannya sesaat setelah pertandingan berakhir.

"Dengar, saya tak bisa berhenti merokok (mengisap ganja). Saya merokok saat bertanding, saya harus melakukannya. Saya mohon maaf, saya seorang perokok," kata Mike Tyson dalam konferensi pers.

4. Bisnis Ganja

Kejadian menghisap ganja saat bertanding di atas, jelas bukan sesuatu yang mengejutkan. Sebab Mike Tyson setelah pensiun diketahui aktif berbisnis ganja hingga mengembangkan ladang untuk menanam tumbuhan tersebut. Sejak tahun 2016, ia mengembangkan brand ganja Tyson Holistic di California, Amerika Serikat dan sukses meraup untung besar.

5. Kasus Pemerkosaan

Mike Tyson pernah terlibat kasus pemerkosaan terhadap Miss Black America, Desiree Washington. Akibatnya, ia harus menjalani proses hukum dan mendekam di penjara selama tiga tahun.

Hasrat seksual Mike Tyson disebut-sebut sangat gila. Mantan pengawalnya, Rudy Gonzalez mengatakan bahwa petinju asal Amerika Serikat itu pernah berhubungan badan dengan ribuan wanita.

“Sekitar 1.300 wanita pernah dirasakannya (tidur dengan Mike Tyson). Tentu, itu tidak dalam satu malam. Dia (Mike Tyson) sering melakukan pesta, baik di tempat lain atau kediamannya,” kata Rudy dikutip dari Fightstate.

6. Berkelahi dengan Harimau

Bukan hanya manusia yang pernah menjadi sasaran tinju Mike Tyson. Pada September 2017, ia pernah mengunggah video yang memperlihatkan momen ketika sedang berkelahi dengan harimau putih. Jelas, video itu memicu kontroversi khususnya bagi kalangan pemerhati satwa.

7. Memukuli Penumpang Pesawat

Rabu, 20 April 2022, Mike Tyson menjadi sorotan karena memukuli penumpang pesawat bernama George di San Fransisco. Detik-detik video mengerikan itu pun beredar luas dan membuat Mike Tyson berpotensi berurusan dengan hukum kembali.

“Satu orang dirawat di tempat kejadian karena cedera tapi tidak sampai mengancam nyawa. Subyek tersebut tidak memberikan rincian insiden secara detail dan menolak bekerja sama untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata kepolisian San Fansisco dikutip dari The Hollywood Reporter.

Demikian beberapa kontroversi Mike Tyson mulai dari saat ia masih aktif menjadi petinju kelas berat hingga setelah pensiun.

Baca Juga: 5 Kontroversi Chika Chandrika, Kini Terseret Kasus Putra Siregar