Ada Progres Penemuan Eril, Ridwan Kamil Kembali ke Swiss

Instagram/@ataliapr
Ridwan Kamil
9/6/2022, 18.47 WIB

ZIGI – Kabar Emmeril Khan Mumtadz atau Eril ditemukan sempat jadi trending Google pada Kamis, 9 Juni 2022. Namun, kabar tersebut ternyata hoaks. Di samping itu, Ridwan Kamil juga kembali mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selama 11 hari.

Hal itu lantaran adanya progres dari pencarian Eril. Sebagai pengingat, Eril hanyut di Sungai Aaree, Swiss pada 26 Mei 2022. Setelah satu minggu tak ditemukan, Atalia Praratya dan Ridwan Kamil mengaku ikhlas dan menyatakan Eril meninggal dunia karena tenggelam.

Di samping itu, pencarian Eril juga masih terus dilakukan oleh pihak berwajib di Swiss. Simak artikelnya!

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Kebaikan Eril, Larang Ibunya Ikut Berenang di Aare

Ridwan Kamil Kembali Ajukan Cuti

Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti selama 11 hari mulai dari Kamis, 9 Juni 2022. Dikabarkan bahwa Gubernur Jawa Barat tersebut kembali terbang ke Swiss, negara dimana Emmeril Khan Mumtadz hanyut terbawa arus Sungai Aaree.

“Betul. Kemendagri sudah menerima surat permohonan izin cuti dari pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pak Gubernur mengajukan cuti mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022,” kata Kapuspen Kemendagri, Benni Irwan dikutip Zigi.id Instagram @indoxpose.

Benni menambahkan bahwa alasan Ridwan Kamil mengajukan cuti karena tengah berduka. Namun, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tidak terlihat membagikan unggahan terbaru terkait Eril. Mereka juga tidak mengungkapkan soal berangkat kembali ke Swiss.

Di Instagram, Atalia Praratya terakhir membagikan video Eril yang sangat menyukai air. Video tersebut diunggah pada hari ini sekitar pukul 06.00 WIB.

Ada Progres Penemuan Eril

Sebelumnya, banyak kabar hoaks yang beredar di YouTube terkait ditemukannya putra sulung Ridwan Kamil tersebut. Salah satu yang membagikan kabar hoaks tersebut ialah YouTube Lingkarnews dengan judul ‘Ditemukan Selamat Setelah 14 Hari Pencarian, Sebentar Lagi Keluarga Sudah Bisa Temui Eril Kamil?’ yang diunggah pada Rabu, 8 Juni 2022.

Video tersebut sudah ditonton hingga 400 ribu kali dengan jumlah suka 2,1 ribu. Dipastikan bahwa kabar tersebut hoaks sebab pihak KBRI di Bern, Swiss belum menyatakan Eril ditemukan. Namun, polisi Bern, Swiss mengungkapkan bahwa ada kemajuan pencarian Eril.

“Terkait progres penemuan Eril di Bern, dapat kami sampaikan memang ada progres. Namun, masih menunggu konfirmasi detail terkait hal ini dari kepolisian Bern,” kata Direktur PWN, Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.

Pihaknya mengatakan akan terus menyampaikan informasi terbaru terkait kasus Eril anak Ridwan Kamil. Menurut pihak keluarga, hanya Ridwan Kamil dan asisten yang berangkat ke Swiss. 

Baca Juga: Eril Dinyatakan Meninggal, Nabila Ishma Mengaku Ikhlas