Cocok dengan DNA Atalia, Jenazah Eril Dipulangkan Minggu

Instagram @ataliapr
Emmeril Khan Mumtadz alias Eril
9/6/2022, 21.13 WIB

ZIGI – Emmeril Khan Mumtadz atau yang juga dikenal sebagai Eril telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Rabu, 8 Juni 2022. Atalia Praratya, sang ibu, telah mencocokan DNA dan memastikan jenazah yang ditemukan di bendungan Engehalde, Swiss adalah betul anaknya. 

Menurut informasi yang beredar, jenazah Eril diketemukan oleh salah seorang pria Bern yang saat itu melintas di dekat bendungan. Simak berita lengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Ada Progres Penemuan Eril, Ridwan Kamil Kembali ke Swiss

Atalia Praratya Pastikan Jenazah di Bendungan Engelhade Adalah Eril

Kepolisian Bern mengabarkan penemuan jenazah Emmeril Khan Mumtadz pada Rabu. 8 Juni 2022 pukul 6.50 pagi waktu setempat. Anak pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tersebut ditemukan oleh polisi maritim Bern di sekitar bendungan Engehalde, 3 kilometer dari lokasi terakhir kali dirinya terlihat. 

Kekasih Nabila Ishma ini hilang sejak bermain di sungai Aare pada 26 Mei 2022. Melansir dari police.be.ch, sejak dikabarkan hanyut pencarian intensif dilakukan oleh seluruh pihak kepolisian. Peralatan mulai dari drone, perahu, hingga anjing pelacak pun diterjunkan. 

Atalia Praratya sudah mengonfirmasi meninggalnya sang anak melalui Instagram @ataliapr pada Kamis, 9 Juni 2022.

“Alhamdulillah Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama saya… Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn..,” tulis Ibunda Eril melalui Insta story dikutip ZIgi.id pada Kamis, 9 Juni 2022. 

Dengan ini, pencarian jenazah mantan mahasiswa ITB dinyatakan selesai. Menurut informasi terbaru, sang Gubernur Jawa Barat telah berangkat ke Swiss untuk menjemput jenazah sang anak.

Ridwan Kamil telah mengajukan cuti sebagai Gubernur Jawa Barat dari tanggal 9 Juni hingga 19 Juni 2022. Ridwan Kamil hanya ditemani beberapa asisten saja, tanpa keikusertaan sang istri dan anak kedua, Zara. 

Dengan keluarnya kabar ini, ucapan duka mengalir deras untuk Eril dan keluarga. Warganet pun berdoa agar almarhum tenang. 

Jenazah Eril Akan di Kuburkan di Indonesia

Melalui Instagram pribadi, Ridwan Kamil mengabarkan jenazah Eril akan dibawa pulang pada Minggu, 12 Juni 2022 untuk selanjutnya dikubur pada Senin, 13 Juni 2022. 

“Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Beran atas kerja kerasnya,” tulis Ridwan dikutip Zigi.id pada Kamis, 9 Juni 2022. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendoakan anaknya, “semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua.”

Terakhir, Ridwan merasa sudah tenang karena Eril telah berhasil diidentifikasi, “sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sunggguh Maha Pengasih, Maha Penyanyang dan Maha Pengabul doa kami.”

Saat ini nama Eril alias Emmeril Khan Mumtadz kembali trending di Twitter. Meski turut bersedih, warganet bersyukur jenazah pemimpin Jabar Bergerak Zilenial ini bisa kembali ke Tanah Air. Selamat jalan Eril..

Baca juga: Eril Dinyatakan Meninggal, Nabila Ishma Mengaku Ikhlas