Kesaksian Kartika Putri Mencium Wangi Jenazah Eril, Melebihi Kembang

YouTube/Cumicumi
Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya
Penulis: Hadi Mulyono
13/6/2022, 14.23 WIB

ZIGI – Jenazah Emmeril Khan Mumtadz akhirnya tiba di Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022 setelah diterbangkan dari Swiss. Sosok yang akrab disapa Eril ini ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di bendungan Engehalde, sungai Aare setelah proses pencarian memakan waktu dua minggu.

Setibanya di Indonesia, Eril disemayamkan di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Jelang prosesi pemakamannya, sejumlah artis tampak melayat salah satunya Kartika Putri dan suami, Habib Usman bin Yahya.

Ketika ditemui wartawan, pasangan tersebut memberi kesaksian tentang jenazah Eril yang dianggap sangat luar biasa. Seperti apa? Berikut berita selengkapnya.

Baca Juga: Video Nabila Ishma Ngobrol dengan Peti Jenazah Eril Sebelum Dimakamkan

Jenazah Eril sangat Wangi

Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya sepakat bahwa Emmeril Khan Mumtadz meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Sebab jenazah pemuda berusia 22 tahun itu mengeluarkan wangi yang begitu mengagumkan.

"Kita mencium bau harum yang sangat luar biasa. InsyaAllah, kita berdua yakin, insyaAllah syahid," kata Kartika Putri dikutip Zigi.id dari Instagram @insta_julid pada Senin, 13 Juni 2022.

Habib Usman menambahkan, wangi semerbak yang keluar dari tubuh Eril bisa tercium meski tidak sedang berada didekatnya. Habib Yahya yakin bahwa bau harum itu pertanda Emmeril Khan Mumtadz meninggal dalam keadaan syahid.

 

"Jenazahnya masyaAllah wangi banget sangat-sangat wangi. Syahid! Karena salah satu tanda syahid adalah jenazahnya itu wangi. Dan kita tahu, orang yang meninggal dalam keadaan tenggelam adalah syahid," ungkap Habib Usman bin Yahya.

Sebelumnya menurut keterangan Ridwan Kamil saat memandikan jenazah Eril, tercium wangi daun eucalyptus. Suhu rendah sungai Aare dan minimnya fauna membuat jenazah masih utuh meski sudah dua minggu di dasar sungai.

Ketegaran Keluarga Ridwan Kamil

Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya turut menyampaikan bagaimana keadaan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya usai ditinggalkan Eril. Menurut keduanya, mereka jelas merasakan duka mendalam tetapi bisa ikhlas menerima keadaan.

"Kita belajar dari Kang Emil dan Ibu Ata, orangtua yang sangat luar biasa apalagi cerita beliau dalam mendidik ananda almarhum Emmeril sangat luar biasa sehingga kita lihat dan jadi saksi semuanya bahwa banyaknya orang yang datang dan mendoakan adalah tanda keindahan kepergian Eril," ucap Kartika Putri dikutip dari YouTube Cumi Cumi.

Habib Usman bin Yahya menuturkan, air mata yang diteteskan Ridwan Kamil dan istri merupakan suatu hal yang wajar. Menurut Habib Usman, tangis serupa juga pernah dialami Nabi Muhammad saw saat ditinggal putranya Qasim.

"Kang Emil merupakan orangtua luar biasa yang sudah punya tabungan akhirat berupa anak yang soleh. Jadi pada intinya insyaAllah almarhum syahid," tambah Habib Usman bin Yahya.

Bagi Kartika Putri, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya bisa menjadi panutan bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Selain itu, keimanan, keikhlasan, dan sikap tawakal Gubernur Jawa Barat tersebut dinilai patut dijadikan contoh.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beberkan Penjelasan Ilmiah Jasad Eril Tetap Utuh