Sahrul Gunawan Puji Kecerdasan Eril Semasa Hidup

YouTube/Intens Investigasi
Sahrul Gunawan
Penulis: Hadi Mulyono
13/6/2022, 15.27 WIB

ZIGI – Emmeril Khan Mumtadz telah dimakamkan di komplek Islamic Center Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin, 13 Juni 2022. Dalam prosesi pemakaman itu, nampak sejumlah artis hadir salah satunya Sahrul Gunawan.

Aktor yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung itu memberi kesaksian bagaimana kebaikan seorang Eril semasa hidup. Bagaimana sosok Eril di mata Sahrul Gunawan? Simak berita selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Video Nabila Ishma Ngobrol dengan Peti Jenazah Eril Sebelum Dimakamkan

Kecerdasan Eril

Sahrul Gunawan hadir dalam prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Bandung, Jawa Barat. Sebagai pimpinan daerah, Sahrul mengaku cukup mengenal Eril meski tidak sering bertemu dengan anak Ridwan Kamil itu.

"Memang saat diskusi, saya merasa tahu kualitas almarhum itu ketika acara Zilenial yang dipimpin beliau. Saya baru tahu ternyata sosok luar biasa. Kang Emil sudah mempersiapkan generasi berikutnya yang cerdas," kata Sahrul Gunawan dikutip dari Intens Investigasi pada Senin, 13 Juni 2022.

Pria 46 tahun ini menambahkan Emmeril memiliki kemampuan public speaking yang bagus sebagai seorang anak muda. Sahrul meyakini keahlian itu mirip dengan sang ayah, Ridwan Kamil.

"Saya juga punya anak, anak sulung saya laki-laki. Bagaimana kita mempersiapkan, lalu kemudian ditinggalkan, itu pasti kehilangan yang luar biasa," tambah Sahrul Gunawan.

Dari tragedi yang menimpa Eril, kata Sahrul, bisa dipetik pelajaran bagaimana cara untuk ikhlas meski kehilangan orang terdekat.

Atas Nama Eril, Ridwan Kamil Minta Maaf

Di sisi lain, Ridwan Kamil menyampaikan pidato saat memakamkan jenazah anaknya Emmeril Khan Mumtadz. Gubernur Jawa Barat itu menyampaikan permohonan maaf atas nama Eril jika semasa hidup pernah melakukan kesalahan.

“Kami memohon dibukakan pintu maaf untuk ananda Emmeril Kahn Mumtadz apabila selama hidupnya ada ucapan, ada tindakan yang kurang berkenan, kami mohon dibukakan pintu maaf. Jika ada hal-hal yang masih bersangkut paut dengan urusan di dunia, urusan utang-piutang, dan lain-lain yang berhubungan, kami mohon segera menghubungi keluarga kami untuk kami selesaikan," kata Ridwan Kamil sebagaimana dikutip Zigi.id dari siaran di KompasTV.

Selama memandikan jenazah Eril, Ridwan Kamil mengatakan tubuh anaknya dalam keadaan utuh dan mengeluarkan bau harum. Hal ini juga diakui Kartika Putri dan suaminya, Habib Usman bin Yahya yang datang melayat ke Bandung.

"Jenazahnya MasyaAllah wangi banget sangat-sangat wangi. Syahid! Karena salah satu tanda syahid adalah jenazahnya itu wangi. Dan kita tahu, orang yang meninggal dalam keadaan tenggelam adalah syahid," ungkap Habib Usman bin Yahya.

Baca Juga: Kesaksian Kartika Putri Mencium Wangi Jenazah Eril, Melebihi Kembang