Profil dan Biodata Ayu Laksmi: Agama, Film, IG, Ibu di Pengabdi Setan

Instagram @ayulaksmibali
Ayu Laksmi
4/8/2022, 11.18 WIB

ZIGI – Ayu Laksmi adalah aktris asal Bali yang mulai debut di layar lebar pada tahun 2008 silam. Sebelum terjun akting, ia terlebih dahulu meniti karier di bidang musik era 90’an. Ayu Laksmi juga dikenal sebagai seniman Bali yang sering berakting di panggung teater.

Terbaru, sosoknya makin dikenal saat memerankan tokoh ibu di film Pengabdi Setan. Simak profil lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 3 Fakta dan Sinopsis Pengabdi Setan 2: Communion, Teror Ibu Berlanjut

1. Latar Belakang Ayu Laksmi

Dari penelusuran Zigi.id, Ayu Laksmi besar dari keluarga yang mencintai seni. Ia telah mengenal dunia panggung sejak berusia 4 tahun. Tidak banyak hal yang bisa dikulik dari latar belakang keluarga Ayu, kecuali ia sangat dekat dengan sang Ibu. Ayu juga memiliki dua saudara perempuan bernama Ayu Weda dan Ayu Partiwi, keduanya seniman. Pada tahun 2006 silam, ia memutuskan untuk menikah dengan Steven van Lierde.

2. Debut Akting di Layar Kaca

Karier aktingnya di dunia film dimulai tahun 2008 dengan Under The Tree. Karya tersebut membuatnya meraih penghargaan Breakthrough Actress dalam ajang Indonesia Film Critics Society tahun 2009 silam. Sejak itu, Ayu Laksmi kerap kali muncul di film-film terkenal.

Beberapa penghargaan yang ia raih antara lain: Aktris Pendukung Pilihan Tempo 2017, Year in Search dari Google Indonesia 2017, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik – Indonesia Box Office Movie Awards.

3. Menjadi penyanyi

Tidak hanya debut akting sebagai aktris saja, Ayu Laksmi juga menjajal dunia tarik suara. Pada tahun 1983, ia jadi juara BRTV Tingkat Bali bersama kedua kakaknya. Kemudian sepanjang tahun 1984 hingga 1993, sosoknya dikenal sebagai lady rocker Indonesia yang moncer.

Setelah disibukkan dengan kegiatan perkuliahan, Ayu kembal muncul tahun 2002 dengan image penyanyi yang berbeda. Jika sebelumnya tampil sebagai musisi rock, maka perempuan 54 tahun ini muncul dengan lagu yang lebih tenang.

4. Aktif dengan Kegiatan Sosial

Ia bergiat dalam program Bali For The World, aktivitas untuk memulihkan Pulau Dewata agar kembali tenang setelah peristiwa bom Bali pertama, 12 Oktober 2002 dan bom bali kedua pada 2005. Lewat Instagram @ayulaksmibali pemeran karakter Ibu di Pengabdi Setan ini berkali-kali menunjukan rasa bangga dengan Bali. 

Ayu masih kerap tampil di panggung teater, terakhir ia menjadi tamu untuk pertunjukan seni-ekologis berjudul Nuwur Kukuwung Ranu pada 14 Mei 2022. Maret 2021, Ayu didapuk tampil dalam teaterikal puisi berjudul Segalanya Cinta dari Garin Nugroho.

5. Perankan Karakter Ibu di Pengabdi Setan

 

Salah satu peran ikonik Ayu adalah karakter ibu di film Pengabdi Setan besutan Joko Anwar. Dalam preskon Pengabdi Setan 2, ia mengaku bagai lahan kosong sebelum mendapatkan peran tersebut. Ayu pun berterima kasih kepada Joko Anwar yang telah mengajaknya untuk berpartisipasi dalam film horor populer Indonesia ini. 

6. Daftar Film Ayu Laksmi

Ayu Laksmi banyak muncul di film-film populer. Buat kamu yang ingin menikmati rangkaian karya Ayu, simak daftar rekomendasinya di bawah ini:

  1. Under the Tree – 2008
  2. Sekala Niskala – 2017
  3. Pengabdi Setan 1 dan 2 – 2017 dan 2022
  4. Bumi Manusia – 2019
  5. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas – 2021
  6. Yuni – 2021
  7. Teka Teki Tika – 2021

7. Biodata Ayu Laksmi

  • Nama: I Gusti Ayu Laksmiyani
  • Nama panggung: Ayu Laksmi
  • Tanggal lahir: Bali, 25 November 1967
  • Umur: 54 tahun
  • Profesi: aktris, penyanyi, penulis lagu, penari
  • Pendidikan: Fakultas Hukum Universita Udayana
  • Suami: Steven van Lierde
  • Agama: -
  • Instagram: @ayulaksmibali

Menurut informasi yang berkembang, Ayu Laksmi memiliki beberapa proyek film lagi setelah Pengabdi Setan 2: Communion rilis. Kita tunggu karya selanjutnya ya!

Baca juga: Profil dan Biodata Tara Basro: Agama, Umur, Suami, Karier, Film