Profil dan Biodata Hengky Kurniawan: Agama, Istri, Karier, Sinetron

Instagram @hengkykurniawan
Hengky Kurniawan
13/5/2023, 14.00 WIB

ZIGI – Hengky Kurniawan adalah aktor populer di era 2000-an yang terjun ke dunia politik sejak tahun 2019. Saat ini Hengky berstatus sebagai Bupati Bandung Barat. Baru-baru ini Hengky dilaporkan oleh kelompok Aktivis Pemuda Bandung Barat atas dugaan korupsi. 

Selain karier sebagai aktor dan juga politisi, Hengky juga beberapa kali terseret kontroversi yang melibatkan perempuan. Simak profil dan biodata Hengky Kurniawan di bawah ini.

Baca juga: Viral, Hengky Kurniawan Diajak Nikah Siswi SMA

1. Latar Belakang

Hengky Kurniawan lahir pada 21 Oktober 1982 di Blitar dari orang tua bernama Leo Medhi Purwanto dan Rita Suprihatin. Ia memiliki dua kakak bernama Freddy Hermawan dan Dina Arisanti.  Besar di Blitar ia pernah menempuh pendidikan di SD Negeri Kepanjenlor II, SLTP Negeri 3 Blitar, dan SMU Negeri 2 Blitar.

2. Karier Hengky Kurniawan

Berangkat ke Jakarta, Hengky memulai karier di bawah Contoh Managament Artis yang dimiliki oleh Benny Contoh. Ia kemudian debut dalam serial televisi berjudul ABG pada 2002. Namanya makin dikenal usai membintangi sinetron Senandung Masa Puber (2003), Sok Kenal Sok Dekat (2003), Doiku Beken (2004), Candra Kirana (2016), hingga Senandung (2016). 

Sementara untuk kategori layar lebar, Hengky pernah membintangi Buruan Cium Gue (2004), Me Vs High Heels (205), Syahadat Cinta (2008), Hantu Merah Casablanca (2014). Ia juga tercatat sebagai produser untuk film The Mentalist (2011), Black Honeymoon (2015).

3. Gabung ke Partai hingga Jadi Bupati Bandung Barat

Sebelum akhirnya bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ia merupakan kader Partai Demokrat. Kepindahan Hengky ke PDIP resmi berlaku sejak 11 Desember 2019 saat ia masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung Barat.

Hengky menduduki jabatan sebagai Plt (Pelaksana tugas) untuk menggantikan posisi Bupati Aa Umbara Sutisna yang terjerat kasus korupsi pada tahun 2021. Lantas pada November 2022, ia resmi dilantik sebagai Bupati dengan masa jabatan hingga tahun 2023. 

 

4. Hengky Kurniawan Dilaporkan ke KPK

Aktivis Pemuda Bandung Barat melaporkan Hengky Kurniawan ke KPK dalam kapasitasnya sebagai Bupati Bandung Barat. Dalam keterangan perwakilan aktivis, Bilal Al Fariz, Hengky dilaporkan atas dugaan korupsi rotasi, mutasi dan promosi jabatan. Muncul dugaan rotasi jabatan dilakukan Hengky tanpa promosi berjenjang yang menyalahi aturan.

5. Hengky Kurniawan Menikah Dua Kali

Istri pertama Hengky bernama Christy Jusung yang ia nikahi tahun 10 Oktober 2008 silam. Muncul kabar Christy telah hamil duluan, yang membuat Hengky mengonfirmasi bahwa mereka sudah terlebih dahulu nikah siri. Keduanya memiliki satu putra bernama Bintang Pratama yang lahir 13 Februari 2009. Pernikahan Hengky dan Christy berakhir pada tahun 2012, dengan Bintang ikut sang ayah. 

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 23 April 2015, Hengky menikah lagi dengan Sonya Fatmala yang berusia 11 tahun lebih muda. Ia dianugerahi dua anak yang bernama Shakila Azzahra Kurniawan dan Zavieruwais Muhammad Kurniawan.

Sebelum menikah, ia pernah berpacaran dengan Bunga Citra Lestari sampai akhirnya penyanyi tersebut meminta putus karena cemburu melihat Hengky mencium Massayu Anastasia dengan mesra di film Buruan Cium Gue. Dengan Massayu tidak bertahan lama, Hengky kemudian berpaling ke Kiki Amalia.

Perseteruan Hengky dan Kiki ketika menjalin asmara jadi bahan berita yang populer karena muncul sosok orang ketiga bernama Marthasya. Gara-gara rumor ini, Marthasya sempat mengajukan tuntutan tapi akhirnya berakhir damai.

6. Biodata Hengky Kurniawan

  • Nama lahir: Hengky Kurniawan Chova
  • Nama panggung: Hengky Kurniawan
  • Lahir: 21 Oktober 1982
  • Umur: 40 tahun
  • Asal: Blitar, Jawa Timur
  • Pekerjaan: Aktor, model, politisi
  • Tahun aktif: 2002 - sekarang
  • Orang tua: Leo Medhi Purwanto, Rita Suprihatin
  • Saudara: Freddy Hermawan, Dina Arisanti
  • Mantan istri: Christy Jusung
  • Istri: Sonya Fatmala
  • Anak: Bintang Pratama,  Shakila Azzahra Kurniawan dan Zavieruwais Muhammad Kurniawan
  • Agama: Islam
  • Pendidikan: SMU Negeri 2 Blitar
  • Akun Twitter: @Hengkykurniawan

Demikian profil dan biodata Hengky Kurniawan, Bupati Bandung Barat yang tengah menyita perhatian publik. Ia kerap membagikan momen ketika bertugas sebagai politisi lewat akun media sosial.

Baca juga: Marissya Icha Resmi Laporkan Mantan Suami ke Polisi