Gen Z Paling Hobi Belanja Fashion Secara Kredit Pakai PayLater

Pexels
Ilustrasi gen Z
Penulis: Maria Margaretha
13/1/2022, 10.42 WIB

ZIGI – Zigi.id bersama Katadata Insight Center (KIC) merilis hasil survei “Perilaku Keuangan Gen Z dan Y” pada Kamis, 13 Januari 2022. 

Survei ini dilakukan online terhadap 5.204 responden dari 34 provinsi pada 6-12 September 2021. Secara umum, survei ini menggali kondisi keuangan masyarakat di tengah pandemi.

Survei Zigi.id mengenai perilaku keuangan ini juga menggali perilaku keuangan kelompok generasi Z dan Y dalam memanfaatkan fasilitas kredit/paylater. Yuk simak hasilnya!

Baca juga: Survei Zigi-KIC: Gen Z Lebih Pilih Punya e-Wallet Dibanding ATM Bank

Penggunaan Kredit/PayLater

Dalam survei ini responden generasi Z berusia 15-22 tahun dan berjumlah 1.692 responden, sedangkan generasi Y berusia 23-38 tahun dengan jumlah 2.862.

Pada Generasi Y, paylater digunakan 16,5% responden sedangkan pada Gen Z, terdapat 9,7% yang menggunakannya. 

Gen Y dan Gen Z memanfaatkan fasilitas kredit saat pembelian barang/produk ini untuk prioritas berbeda. Pada Generasi Millenial, 49% responden mengatakan menggunakan kredit/paylater untuk membeli handphone. Lalu 46,4% menggunakanya untuk membeli produk fashion, pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).

Generasi Z yang menggunakan kredit/paylater membeli kebutuhan fashion jauh lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Sebanyak 61% Gen Z mengatakan menggunakan paylater untuk membeli produk fashion seperti baju, celana, sepatu dan lainnya.

Lebih setengah responden Gen Z juga membeli pulsa (56,6%) dengan kredit. Sedang untuk kebutuhan lain seperti membeli gadget dan elektronik hanya dilakukan kurang dari seperempat responden (di bawah 25%). 

“Pada Generasi Z selain fashion, tampaknya kebutuhkan komunikasi menjadi prioritas dan paling banyak menyedot keuangan. Ini terlihat dari uraian kebutuhan rutin bulanan generasi ini,” ujar Vivi.

Dari 1.692 responden Generasi Z dari usia 15-22 tahun yang ikut dalam survei ini, sebanyak 72,9% menyebut biaya komunikasi (pulsa dan internet) sebagai kebutuhan rutinnya. Diikuti belanja bahan makanan (51,2%), bahan bakar (34,9%) dan membayar tagihan rutin (32,3%).  

Baca selengkapnya “Hasil survei Perilaku Keuangan Z dan Y” yang dilakukan Zigi.id bersama Katadata Insight Center di sini.