Cara Daftar Shopee Affiliate Program, Syarat dan Komisi

Shutterstock/ Sulastri Sulastri
Aplikasi Shopee
31/5/2022, 18.54 WIB

ZIGI – Bagi kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bisa menjajal program Shopee Affiliate yang dikeluarkan oleh platform e-commerce Shopee.

Kamu pasti tahu Shopee merupakan salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia. Selain untuk berdagang, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut cara daftar Shopee Affiliate Program, syarat serta komisi yang bisa kamu dapatkan!

Baca Juga : 5 Aplikasi Penghasil Uang Aman dan Berizin OJK

Apa Itu Shopee Affiliate?

Berdasarkan penjelasan pihak Shopee, Shopee Affiliate Program adalah program dari Shopee yang mengajak seluruh pengguna media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk-produk Shopee melalui akun media sosialnya.

Affiliate diberikan kebebasan untuk berkreasi dalam membuat konten selama produk-produk yang dipromosikan memenuhi Syarat & Ketentuan Shopee. Affiliate akan mendapatkan komisi berdasarkan performa mereka dalam mempromosikan produk Shopee serta membagikan link Affiliate.

Syarat & Ketentuan Shopee Affiliate

Ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi agar dapat tergabung dalam Shopee Affiliates Program. Salah satunya adalah minimal pengikut atau subscribers di akun sosial media kalian.

Untuk menjadi seorang Affiliates kalian harus memiliki minimal 1 subscribers/pengikut/teman di YouTube, Instagram, TikTok ataupun Twitter. Sementara mendapat titel Influencers, kalian harus memiliki minimal 2.000 subscribers/pengikut.

Akun sosmed kalian juga tidak boleh private, harus dapat dilihat oleh umum dan bukan akun toko/penjual, melainkan akun pribadi.

Tak sembarang produk yang nantinya dapat kalian review melainkan hanya produk yang telah terdaftar sebagai Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+ dan Star. Ada beberapa produk yang dilarang untuk dijadikan konten yaitu produk rokok, rokok elektrik, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk yang tidak original alias palsu. Syarat lengkapnya bisa kalian klik di sini.

Cara Pendaftaran Shopee Affiliate

 

Kalian yang ingin bergabung dapat langsung mengakses shoppe.co.id/aff pada browser atau dapat melakukan pencarian lewat aplikasi Shopee dengan mengetik “Shopee Affiliates Program”.

Sebelumnya pastikan telah login ke akun Shopee kalian ya. Setelah masuk, isi informasi yang dibutuhkan dengan rinci dan benar. Setelah berhasil mendaftar, pengguna masih harus menunggu selama maksimal 3 hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee.

Tahapan verifikasi selesai, kalian sudah dapat mulai mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk Shopee menggunakan link Affiliate. Perlu diketahui, kalian akan mendapatkan komisi bila seseorang memutuskan membeli produk yang dipromosikan, jadi tidak hanya sekedar lewat klik link saja.

Metode Penghitungan Komisi Shopee Affiliate

Lalu bagaimana penghitungan komisi yang diberlakukan Shopee Affiliate? Bagi Affiliates yang berhasil mengajak pengguna lain akan mendapatkan komisi sebesar 10 persen dari harga yang dibeli dengan maksimal komisi sebesar Rp10.000.

Namun ini hanya berlaku bila kalian mampu mengajak pengguna baru. Untuk pengguna lama, kalian hanya mendapatkan komisi sebesar 2,5 persen saja.

Sebagai contoh sederhana, kalian membuat video konten tentang barang A di akun TikTok sembari menyertakan link referral. Dari video tersebut, kalian berhasil mengajak 30 orang pelanggan baru untuk membeli produk seharga Rp100.000 di aplikasi Shopee. Dengan perhitungan komisi 10 persen dari pelanggan baru, nantinya kalian akan mendapatkan hadiah sebesar Rp300.000.

Hal ini juga berlaku bila mengajak pengguna lama. Sebagai contoh, kalian berhasil mengajak 20 orang pelanggan lama untuk kembali membeli produk A seharga Rp100.000. Dengan perhitungan komisi 2,5 persen, kalian berhak menerima komisi sebesar Rp25.000. Kreativitas para Affiliates dituntut agar mampu mendatangkan pengguna yang mau membeli produk melalui link referral yang kalian bagikan.

Itu tadi cara pendaftaran, syarat, dan metode perhitungan komisi yang bisa kamu dapatkan melalui program Shopee Affiliate. Ayo, asah kemampuan digital marketing kalian lewat Shopee Affiliate!

Baca Juga : Cara Nonaktifkan Fitur Lihat Belanjaan Teman di Shopee