4 Tips Mengelola Keuangan untuk Pasangan Muda ala Erick Thohir

Instagram/@erickthohir
Erick Thohir
17/7/2022, 19.58 WIB

ZIGI – Erick Thohir membeberkan tips mengelola keuangan untuk pasangan muda ketika hadir di pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi pada Jumat, 15 Juli 2022. Menurutnya, perihal keuangan adalah salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan oleh pasangan yang baru menikah.

Sedikit tips mengelola keuangan ala saya dan istri. Ini untuk pengantin baru @viavallen dan @chevra_yo88. Tapi siapa tahu cocok buat pasangan muda yang lain. Mungkin juga ada yang tidak pas, tergantung kondisi ekonomi masing-masing,” tulis Erick Thohir di Instagram pada Minggu, 17 Juli 2022.

Lantas apa saja tips yang dibagikan oleh Menteri BUMN tersebut? Yuk simak tips mengelola keuangan untuk pasangan muda ala Erick Thohir di bawah ini!

Baca Juga: 4 Indeks Saham ini Jadi Tolak Ukur Investasi Berbasis Syariah

1. Punya Fondasi Finansial

Erick Thohir menuturkan bahwa setelah pernikahan, perlu ada persiapan ke depan terkait finansial. Tips pertama yang ia sampaikan pada Via Vallen ialah harus punya fondasi finansial sebab dunia entertainment itu naik turun.

Jika fondasi finansial kuat, kamu dapat bertahan meski dalam kondisi keuangan yang darurat. Salah satu yang dapat menguatkan fondasi finansial ialah pengeluaran tidak boleh lebih besar daripada pendapatan.

2. Mulai Berinvestasi

Bagi pasangan muda, ada baiknya untuk mulai berinvestasi. Sisihkan sebagian pendapatan kamu untuk investasi. Namun, pasangan muda juga harus berhati-hati dalam berinvestasi. Saat ini pula banyak investasi bodong yang menawarkan keuntungan tinggi.

Untuk menghindari hal itu, pasangan muda harus mencari tahu apakah suatu entitas sudah berizin atau tidak dengan rutin mengecek di website OJK.

3. Hati-hati Penipuan

Tips selanjutnya adalah hati-hati penipuan. Biasanya, ketika orang tahu kamu memiliki banyak uang maka tawaran bisnis akan berdatangan. Banyak orang yang menawarkan bisnis yang bagus namun ternyata kamu ditipu. Beberapa ciri jika bisnis yang ditawarkan adalah penipuan biasanya ialah produk layanan atau jasa yang ditawarkan tidak jelas hingga menjanjikan pendapatan yang tidak masuk akal.

4. Asuransi

Kamu pasti sudah memahami betapa pentingnya asuransi. Mulailah memperhatikan pertanggungan polis asuransi, terutama yang melibatkan diri kamu secara langsung seperti asuransi kesehatan. Dengan begitu, kamu sudah memiliki persiapan di hari tua nanti.

Demikian empat tips mengelola keuangan untuk pasangan muda ala Erick Thohir. Dia menegaskan bahwa intinya adalah harus bijak dan hati-hati mengatur keuangan.

Baca Juga: 8 Alat Pembayaran Perdagangan Internasional yang Berlaku Saat Ini