ZIGI – Layanan pembayaran menggunakan kartu kredit sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain memberikan kemudahan karena membayar belakangan, kartu kredit juga dinilai lebih praktis. Kendati demikian, penggunaan kartu kredit harus bijaksana jika tidak ingin kelabakan membayar tagihan yang tiba-tiba membengkak.

Melansir dari 360financialliteracy.org, penggunaan kartu kredit seringkali mendapatkan reputasi buruk karena banyak orang yang tidak mampu mengontrol belanja dengan layanan pembayaran ini. Namun, kartu kredit dapat menjadi alat keuangan utama apabila digunakan dengan bertanggung jawab.

Lantas apa saja kelebihan dan kekuarangan dari penggunaan kartu kredit? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Kelebihan Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi pilihan mudah apabila kamu memiliki biaya bulanan yang pasti. Hal ini akan memudahkan pembayaran tagihan namun perlu diperhatikan biaya kredit yang dihabiskan sebelumnya. Ada banyak kelebihan penggunaan kartu kredit jika digunakan dengan bijak, diantaranya:

1. Catatan Pengeluaran Lebih Jelas

Ketika menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu mencatat secara manual pengeluaran yang dihabiskan. Pasalnya kartu kredit secara otomatis mencatat semua pengeluaran yang ada. Agar aman dalam penggunaan kartu kredit, sering-seringlah untuk mengecek saldo rekening giro untuk memastikan kamu telah menutup biaya pengeluaran dalam sebulan.

2. Banyak Diskon dan Poin Reward

Kelebihan pengguna kartu kredit yang dapat dirasakan adalah adanya poin reward setelah melakukan transaksi. Poin-poin ini dapat digunakan beberapa hal dalam belanja. Selain mendapatkan poin reward, pengguna kartu kredit juga dimanjakan dengan berbagai diskon seperti promo travel, belanja hingga makan di suatu restoran.

3. Lebih Aman Dibandingkan Uang Tunai

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak akan menimbulkan kekhawatiran karena rawan dicopet. Berbeda dengan menggunakan uang tunai dimana kamu hanya membawa kartu kredit dalam dompet kalian. Jika kartu kredit hilang, perusahaan kartu kredit biasanya akan menahan transaksi untuk menghindari adanya transaksi dari pihak luar.

4. Reward Untuk Riwayat Kredit Baik

Bagi kamu yang melakukan pembayaran kredit secara rutin dan tidak pernah jatuh tempo, pihak perusahaan kartu kredit umumnya akan memberikan tawaran menarik seperti pinjaman maupun suku bunga. 

5. Kemudahan Membayar di Luar Negeri

Sekarang kamu tidak perlu khawatir ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Tidak perlu lagi menukarkan uang tunai negara asal ke money changer sekitar karena dengan kartu kredit kamu langsung bisa menggunakannya. Pasalnya, kartu kredit kini sudah dilabeli Visa dan Martercard sehingga akan mempermudah akses transaksi di berbagai negara.

 

Kekurangan Penggunaan Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit memberikan berbagai penawaran menarik, layanan pembayaran ini bisa menjadi boomerang apabila digunakan dengan kurang tanggung jawab. Lantas apa saja kekurangan dari penggunaan kartu kredit? Berikut kekurangan-kekurangan kartu kredit yang perlu kamu ketahui:

1. Pengawasan Bulanan

Penggunaan kartu kredit cukup dibuat was-was karena setiap bulannya akan menerima tagihan. Jika jatuh tempo umumnya akan mendapatkan peringatan dan denda. Nah, agar tidak terjadi hal semacam ini maka kamu perlu mengecek tagihan setiap bulannya dan membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

2. Suku Bunga Jangka Pendek yang Rumit

Suku bunga rendah memang menggiurkan namun banyak orang dibuat terkejut karena suku bunga hanya berlaku hanya sementara. Jika kamu tidak membaca secara cermat pada cetakan kecilnya, kamu diharuskan membayar bunga yang jauh lebih besar dan itu yang membuat orang terjebak dalam tagihan kartu kredit yang buruk.

3. Memiliki Banyak Biaya Tambahan

Sebelum kamu mendaftar sebagai pengguna kartu kredit sebaiknya untuk mengetahui adanya biaya tambahan. Biaya yang biasanya terdapat di kartu kredit adalah annual percentage atau persentase bunga tahunan (APR), biaya layanan serta biaya tambahan apabila sudah jatuh tempo.

4. Tagihan Bunga yang Tinggi

Jika sudah memutuskan untuk menggunakan kartu kredit maka harus sudah memahami bunga yang diberikan cukup tinggi. Biasanya setiap perusahaan kartu kredit memiliki tingkat suku bunga tahunan atau bulanan. Jika tahunan biasanya mematok sekitar 10-20 persen sedangkan bulanan sekitar 1,5-3 persen.

5. Perhatikan Track Record

Pengguna kredit harus memperhatikan rekaman kredit kamu secara rutin. Jika kamu memiliki skor kredit yang baik maka akan dimudahkan dengan pembukaan kartu kredit yang lain. Berbeda jika kamu sering membayar jatuh tempo maka perusahaan akan menghentikan permintaan.

Bukan hanya itu saja, catatan di BI Checking juga akan berimbas buruk sehingga kamu akan kesulitan untuk mengajukan kredit lain seperti KPR, pinjaman kendaraan dan pinjaman lainnya.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kartu kredit. Layanan pembayaran ini dapat memberikan kemudahan apabila dilakukan secara bijaksana. Alangkah baiknya selalu cek setiap bulannya tagihan kredit sebelum jatuh tempo agar keuangan kamu tetap aman setiap bulannya.

Baca Juga: Tips untuk Gen Z Agar Dapat Membeli Rumah Pertama