7 Tips Menabung Cepat dan Anti Ribet untuk Nonton Konser

@coachella/Instagram
Coachella 2022
20/9/2022, 16.16 WIB

ZIGI – Tahun 2022 hingga 2023 akan dipenuhi dengan jadwal konser internasional seperti Justin Bieber, Weslife hingga Blackpink. Jika tidak mempersiapkan keuangan sejak sekarang, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan tiket.

Seperti yang diketahui, biaya konser umumnya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi seorang pelajar, menonton konser cukup sulit untuk meminta uang kepada orang tua. Begitu pula bagi yang sudah bekerja, untuk bisa menonton konser harus menyisihkan pendapatan. Lantas bagaimana mengatur keuangan untuk bisa menonton konser? Berikut tips menabung untuk menonton konser.

Baca Juga: Tips bagi Generasi Sandwich yang Susah Nabung Meski Gaji Naik

1. Mengubah Gaya Hidup

Melansir dari Cek Aja, untuk bisa menabung dengan mudah dan cepat maka harus mengubah gaya hidup. Jika biasanya kamu menghabiskan banyak waktu untuk nongkrong, minum kopi, hingga belanja barang yang diinginkan sebaiknya hentikan sejak sekarang.

Ubah gaya hidup konsumtif menjadi produktif. Kamu bisa mengalokasikan uang yang biasa buat nongkrong dan sejenisnya untuk investasi. Banyak macam investasi yang bisa kamu lakukan diantaranya membeli emas, reksa dana, saham dan lain sebagainya.

2. Buat Rencana Anggaran

Berdasarkan media Filipina Lumina, kamu bisa membuat rencana anggaran setelah mengetahui jadwal konser idola yang ingin kamu tonton. Pantau semua yang dibutuhkan ketika konser seperti harga tiket, akomodasi menuju lokasi konser, hotel dan lain-lain.

Setelah mengetahui faktor-faktor di atas maka kamu sudah bisa menentukan biaya kasar yang dibutuhkan. Dari sana kamu bisa membagi uang kamu sesuai dengan kemampuan agar bisa memenuhi target ketika penjualan tiket dimulai.

3. Manfaatkan Harga Tiket Konser Pre-Sale

Ketika pengumuman penjualan tiket, pihak promotor biasanya akan mengumumkan penjualan tiket secara pre-sale. Nah, harga tiket pre-sale berbeda dengan harga tiket yang dijual di lokasi. Sebab dijual jauh-jauh hari maka harga tiket lebih murah.

Apabila kamu bisa mendapatkan tiket dengan cara pre-sale maka bisa mengalokasikan uang sisa pembelian tiket lain untuk lain-lain. Misalkan makan, sewa penginapan maupun atribut yang dibutuhkan ketika konser.

 

4. Pertimbangkan Lokasi Duduk

Pihak promotor konser kebanyakan selalu membagi tempat duduk mulai dari yang berdiri hingga VIP. Tentu saja fasilitas yang diberikan berbeda-beda. Oleh sebab itu, tetapkan sejak sekarang tempat duduk mana yang ingin kamu pilih.

Jika kamu memilih tempat duduk VIP dengan fasilitas bertemu idol di belakang panggung maupun fansign maka kamu perlu menyisihkan lebih ekstra uang sehari-hari. 

5. Bergabung dengan Fans Club

Jika kamu ingin mendapatkan lebih cepat informasi maupun berbagai hal yang dibutuhkan selama konser maka bergabung dengan fans club adalah jalan yang tepat. Dari sini kamu akan mendapatkan informasi eksklusif mulai dari kedatangan idola hingga pengalaman seru lainnya.

Selain itu, kamu bisa mengurangi biaya tempat penginapan apabila kamu tinggal jauh dari lokasi konser. Pasalnya anggota fans club biasanya akan mencari teman satu kamar bersama sehingga bisa memangkas biaya sewa kamar. Jika lebih beruntung, anggota club akan memberi tawaran bagi teman sesame club untuk menginap di rumahnya. 

6. Cari Uang Tambahan 

Kini banyak fasilitas digital yang mempermudah orang mendapatkan biaya tambahan. Kamu bisa mendapatkan income tambahan melalui kerja sampingan seperti freelance, jualan online, jual barang bekas alias preloved.

Dengan mencari uang tambahan maka kamu bisa membeli tiket untuk konser dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menyisakan uang lainnya untuk berlibur setelah menonton konser bersama teman-teman kamu.

7. Pisahkan Tabungan Khusus dengan Tabungan untuk Konser

Sudah memiliki skema tabungan dan rencana yang matang namun tidak sedikit orang masih salah dalam menempatkan tabungan bahkan tabungan konser masih tercampur dengan tabungan khusus yang sudah dipersiapkan sejak lama.

Sebaiknya pisahkan tabungan khusus dan tabungan konser supaya hasil tabungan khusus kamu tidak terpotong ketika kebutuhan konser melebihi yang sudah direncanakan.

Nah, demikian cara menabung untuk nonton konser yang kini disaksikan secara offline setelah dua tahun pandemi Covid-19. 

Baca Juga: 7 Tips Menabung Dana Darurat