7 Fakta Tersembunyi di MV Lagu Permission to Dance Milik BTS

Zigi.id
Permission to Dance
Penulis: Yasmin Karnita
9/7/2021, 17.15 WIB

ZIGI – Video musik MV lagu Permission to Dance milik BTS resmi dirilis Jumat, 9 Juli 2021, bertepatan dengan hari ulang tahun ARMY, sebutan nama fandom untuk grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jimin dan Jungkook tersebut.

Bersamaan dengan ini, juga telah diluncurkan versi CD dari single Butter secara global. Permission to Dance lantas menjadi lagu ketiga milik BTS yang memiliki lirik full dalam bahasa Inggris.

Kali ini, Zigi.id telah merangkum tujuh fakta tersembunyi dalam MV lagu Permission to Dance yang patut kamu ketahui. Penasaran? Scroll artikel berikut sampai habis ya!

Baca Juga: Lirik Lagu Permission to Dance - BTS dan Terjemahan Indonesia

Lagu Permission to Dance Dirilis di Hari ARMY

Tanggal 9 Juli menjadi hari spesial untuk para penggemar BTS seluruh dunia karena bertepatan dengan ulang tahun ARMY, hari di mana nama fandom untuk grup asuhan Bighit Music itu diresmikan.

BTS akhirnya merilis versi CD dari single Butter dengan tambahan lagu baru bertajuk Permission to Dance. Ada total empat lagu di dalamnya, mencakup Butter, Permission to Dance, Butter (Instrumental) dan Permission to Dance (Instrumental).

Untuk CD fisik hadir dalam dua versi, yaitu Cream dan Peaches dengan harga per satuannya 17.800 won atau sekitar Rp225 ribu. Kini, versi CD single Butter sudah tersedia di berbagai platform digital dan toko musik offline. 

Ed Sheeran Ikut Berpartisipasi dalam Lagu Permission to Dance

Lagu Permission to Dance semakin spesial karena diproduksi dan ditulis liriknya oleh Ed Sheeran, dibantu Steve Mac, Johnny McDaid dan Jenna Andrews. Ini menandakan kali kedua bagi BTS bekerja sama dengan Ed Sheeran.

Lagu kolaborasi pertama Ed Sheeran dan BTS adalah Make It Right dari album Map of the Soul: Persona yang dirilis tahun 2019 silam.

Sebelum lagu Permission to Dance diluncurkan, Ed Sheeran sempat mengungkap bahwa dia menuliskan sebuah lagu baru untuk BTS. Namun kala itu, masih belum diketahui apakah lagu BTS dan Ed Sheeran itu dimasukkan dalam CD lagu Butter atau menjadi bagian dari album berbeda yang diluncurkan di masa mendatang.

Konsep MV Lagu Permission to Dance

Tepat pada Jumat, 9 Juli 2021 pukul 11.00 WIB, video musik dari lagu Permission of Dance resmi dirilis melalui channel YouTube HYBE Labels. MV sendiri didominasi oleh lokasi outdoor di sebuah padang pasir.

Ketujuh member BTS menari dengan bebas tanpa kekhawatiran. Mulai dari adegan pertama hingga akhir, kepribadian ceria mereka kerap diperlihatkan. Siapapun akan tersenyum saat menyaksikan MV lagu Permission to Dance karena memancarkan energi positif yang kuat. 

Busana yang mereka kenakan juga kental dengan nuansa koboi nan vintage. Selain itu, ada beberapa adegan juga direkam dalam sebuah restoran yang kental dengan nuansa Amerika.

 

Jika melihat awal MV, ada seorang pelayan yang membawa hidangan pancake yang dilumuri sirup atau mentega. Banyak ARMY yang berspekulasi bahwa Permission to Dance merupakan kelanjutan dari MV lagu Butter.

Kemudian, konsep utama dari MV lagu Permission to Dance adalah memperlihatkan situasi saat pandemi Covid-19 berakhir. Dalam awal video, ditampilkan orang-orang yang bekerja dengan profesi berbeda-beda menggunakan masker.

Lalu pada pertengahan video, diterbangkan sebuah balon ungu yang mana merupakan simbol warna BTS. Itu pun melambangkan kebebasan, ketika pandemi berakhir. Jelang akhir video, orang-orang yang awalnya mengenakan masker, membukanya diikuti senyuman. 

BTS seakan memberikan pesan kepada para ARMY untuk jangan khawatir, bahwa hidup masih terus berjalan meskipun mengalami masa-masa sulit. Di lain sisi, muncul secercah harapan di mana dunia akan kembali seperti semula, dengan berakhirnya pandemi. 

BTS Tampilkan Orang-orang dengan Ras, Warna Kulit dan Profesi Berbeda

Jika melihat MV lagu Permission to Dance, orang-orang yang dijadikan sebagai model berasal dari ras, warna kulit hingga profesi berbeda. Ini juga menjadi poin penting yang ingin ditonjolkan oleh BTS, yaitu keberagaman.

Berkaca dari kehidupan nyata, BTS memasukkan orang-orang dari berbagai kalangan. Mulai dari yang bekerja pelayan, guru, petugas kebersihan, anak sekolah dan lain-lain. Mereka semua berhak mendapatkan apresiasi karena telah berjuang dan bertahan selama pandemi ini. Lalu dalam akhir video, semuanya berkumpul dalam tempat yang sama untuk menarikan lagu Permission to Dance.

Koreografi Lagu Permission to Dance Memasukkan Bahasa Isyarat

BTS benar-benar mencakup seluruh kalangan untuk ikut masuk dalam lagu Permission to Dance. Koreografi dari lagu ini juga memasukkan gerakan bahasa isyarat internasional untuk kata-kata seperti ‘menyenangkan’, ‘menari’ dan damai’, yang semuanya memiliki makna positif dan mudah diikuti.

Pada reff lagu, akan ada sebuah gerakan saat para member BTS menadahkan satu telapak tangan, lalu merentangkan jari tengah dan telunjuk di atasnya membentuk huruf V terbalik, kemudian mengayunkannya ke depan dan ke belakang. Ini merupakan bahasa isyarat untuk menari. 

Model Wanita di Opening MV Lagu Permission to Dance adalah Leah Kim Thompson

Awal MV lagu Permission to Dance menjadi sorotan karena kemunculan seorang pelayan wanita menggunakan masker. Dalam akhir video, wajahnya diekspos dan ternyata cukup familiar bagi beberapa orang.

Terungkap bahwa dia adalah Leah Kim Thompson, seorang artis keturunan Korea-Amerika. Dia pernah membintangi film Hero tahun 2010. silam. Saat ini, dia berprofesi sebagai model dan seorang produser. Pada Maret 2021, Leah Kim sempat hadir sebagai bintang tamu di acara podcast The Dive Studios bersama Ashley Ladies Code. 

Lokasi Syuting MV Lagu Permission to Dance

Pasti kamu penasaran dengan lokasi syuting MV lagu Permission to Dance bukan? Meskipun memiliki vibe Amerika Latin, lokasinya berada di Korea Selatan lho guys!

Jadi, lokasi syuting MV lagu Permission to Dance terletak di dekat Bandara Internasional Incheon. Tempat tersebut merupakan tanah tandus yang dipenuhi dengan konstruksi sehingga tidak bisa sembarangan untuk dikunjungi. 

Itulah sederet fakta tersembunyi dari video musik MV lagu Permission to Dance milik BTS yang dirilis Jumat, 9 Juli 2021. Ini merupakan persembahan spesial dari RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook dalam rangka merayakan hari ulang tahun ARMY.