ZIGI – RM BTS menjadi satu-satunya idol Kpop yang memiliki rumah dengan harga paling mahal dan terletak di kompleks elit Nine One Hannam. Fakta tersebut tentu berbanding lurus dengan total kekayaan idol asuhan BigHit Music tersebut yang mencapai ratusan miliaran rupiah.

Baru-baru ini, TMI News mengungkap jajaran selebriti Korea yang tinggal di rumah paling mahal. Dari nama-nama aktor dan aktris, RM BTS masuk dalam daftar tersebut. 

Bagi RM sendiri, sangat mudah baginya untuk membeli properti berkat penghasilannya yang sulit dihitung jumlahnya. Lantas berapakan total kekayaan RM BTS di paruh pertama tahun 2021? Yuk temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

RM BTS Jadi Satu-satunya Idol Kpop Punya Rumah Termahal di 2021

Pada 14 Juli 2021, Mnet menayangkan program TMI News dengan topik membahas selebriti Korea yang tinggal di rumah dengan persentase teratas satu persen di Korea Selatan. 

‘Persentase satu persen’ maksudnya adalah, sang pemilik rumah membeli suatu kediamanan (dalam bentuk rumah atau apartemen) yang paling mahal dan eksklusif dibanding 99 persen lingkungan mereka. 

Pada Juni 2021 lalu, RM BTS dikabarkan membeli satu unit apartemen di kompleks Nine One Hannam seluas 293,9 meter persegi seharga 6,36 miliar won atau setara dengan Rp82 miliar secara tunai tanpa pinjaman. 

Sebelum itu, ia pernah membeli sebuah apartemen di kompleks Hannam The Hill dengan harga sekitar 4,9 miliar won (Rp62 miliar) pada 2019. Setahun setelahnya, RM memutuskan untuk menjualnya dengan harga 5,8 miliar won (Rp73 miliar). Dia pun memperoleh untung sebesar 900 juta won atau Rp11 miliar.

Per Juli 2021, rumah RM BTS saat ini berada di Nine One Hannam, yang sering disebut sebagai versi Korea dari Beverly Hills. Dengan penjagaan ketat, hanya orang-orang berprofil tinggi yang bisa tinggal di sana. 

Kompleks tersebut dihuni oleh keluarga CEO perusahaan besar, politisi, atlet, hingga selebriti. Selain RM, sosok seperti G-Dragon dan Lee Jong Suk juga tinggal di Nine One Hannam.

Sumber Penghasilan RM BTS

Sejak 2013, RM berkarier bersama grupnya, BTS. Sebagian besar sumber penghasilan pria kelahiran 1994 tersebut berasal dari royalti lagu yang telah dia produksi. RM aktif berpartisipasi dalam banyak lagu-lagu BTS, juga pernah merilis karyanya sendiri. 

Faktanya, RM BTS merupakan salah satu anggota termuda di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA). Saat ini, sang leader sekaligus rapper itu telah memiliki total 176 lagu yang dikreditkan atas namanya, menjadi kedua paling banyak saat ini setelah Ravi VIXX.

Selain sukses menjadi member BTS, RM juga meluncurkan karya solo. Pada 2015, idol 26 tahun ini merilis mixtape solo pertamanya bertajuk RM, yang berhasil menempati peringkat ke-48 di 50 Album Hip Hop Terbaik tahun 2015.

Lalu RM telah bekerja sama dengan banyak musisi lokal dan internasional untuk melakukan kolaborasi. Seperti lewat lagu P.D.D (Please Don't Die) bersama Warren G, Change bersama Wale, Champion bersama Fall Out Boy, Seoul Town Road (Old Town Road Remix) bersama Lil Nas X dan masih banyak lagi. 

Tahun 2018, RM merilis mixtape keduanya berjudul Mono yang ia sebut sebagai sebuah ‘playlist’. Dia menjadi artis Korea pertama yang menempati peringkat nomor satu di Emerging Artists Chart Amerika Serikat.

Karena itu, beberapa penggemar memproyeksikan RM sebagai salah satu produser dan komposer paling sukses di industri Kpop. Keterampilannya dalam menulis lirik hingga memproduksi lagu-lagu yang memiliki pengaruh besar telah diakui oleh banyak orang. 

Selain dari musik, tentu pundi-pundi uang juga didapatkan dari endorsement. Jika biasanya para idol Kpop memiliki endorsement secara individual dengan brand, hal tersebut tidak berlaku untuk BTS. Hampir seluruh brand yang menggaet BTS, juga bekerja sama dengan ketujuh member untuk menjadi ambassador.

RM BTS Pemengang Saham di HYBE

Ketujuh member BTS termasuk RM memiliki saham di HYBE, senilai lebih dari 20 miliar won (Rp254 miliar) setelah resmi melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada Oktober 2020.

Ddengan munculnya Big Hit Entertainment yang kini berganti nama menjadi HYBE di Bursa Korea Selatan, merupakan penghidupan kembali aktivitas IPO Neger Ginseng di 2020 setelah dua tahun memiliki volume yang tenang.

Per Juni 2021, kenaikan saham telah mendorong nilai saham milik ketujuh member BTS menjadi 21,4 miliar won atau sebanding dengan Rp272 miliar. Setiap member kini memiliki 68.385 saham biasa Hybe setelah pemegang saham terbesar agensi yakni Bang Si Hyuk.

Total Kekayaan RM BTS di 2021

Menurut Celebrity Net Worth, RM BTS memiliki total kekayaan bersih berkisar dari 20 juta hingga 22 juta dolar, yang mana sebanding dengan Rp290 miliar hingga Rp319 miliar pada paruh pertama tahun 2021 ini.

Selain dari royalti lagu dan saham, sebagian besar penghasilan sang idola juga berasal dari aktivitas grup mencakup pagelaran konser, perilisan album, merchandise, single digital, konten di YouTube, kerjasama denga brand dan masih banyaj lagi. Mengingat BTS kini merupakan boyband paling terkenal di dunia, tentu pundi-pundi uang akan terus menghampiri mereka. 

Itulah ulasan lengkap mengenai sumber penghasilan hingga total kekayaan milik RM BTS di 2021. Terbaru, sang pemilik nama asli Kim Namjoon itu masuk dalam daftar selebriti Korea yang memiliki harga rumah paling mahal, berlokasi di kompleks elit Nine One Hannam.