Profil dan Biodata Miyawaki Sakura: Agama, Tanggal Ultah, Agensi

@39saku_chan/Instagram
Miyawaki Sakura
Penulis: Yasmin Karnita
25/8/2021, 08.39 WIB

ZIGI – Miyawaki Sakura masuk dalam daftar panjang idol asal luar negeri yang sukses berkarier di Korea. Merupakan mantan anggota HKT48, wanita kelahiran 1998 ini pernah mencoba peruntungan dengan mengikuti program survival Mnet Produce 48 dan berhasil debut bersama IZ*ONE.

Pada April 2021, IZ*ONE resmi dibubarkan karena kontraknya telah habis. Tidak berselang lama, Miyawaki Sakura lulus dari HKT48. Kemudian kini beredar kabar yang menyebutkan bahwa Sakura akan bergabung di HYBE Labels.

Berikut adalah fakta menarik, perjalanan karier, agama, profil hingga biodata Miyawaki Sakura. Yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Kehidupan Miyawaki Sakura di Jepang

Miyawaki Sakura lahir pada 19 Maret 1998 di Kagoshima, Jepang. Dia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Orang tuanya menikah di usia muda, sekitar umur 20-23 tahun. Lalu Sakura memiliki seorang adik laki-laki yang lahir tahun 2010.

Sebagai seorang anak, Sakura jatuh cinta dengan musik usai menonton sebuah drama musikal bertajuk Phantom of the Opera. Di Kagoshima, dia menghadiri sekolah musik saat duduk di bangku kelas tiga. 

Kemudian Sakura sempat bergabung di sebuah perusahaan teater bernama Four Seasons. Ia pernah tampil dalam pertunjukkan musik Lion King. Lalu mendapat kesempatan berkunjung ke Teater Broadway di New York, Amerika Serikat selama satu minggu untuk mempelajari lebih dalam soal musik di tahun 2010.

Miyawaki Sakura Bergabung dengan HKT48 dan AKB48

Pada 2011, Miyawaki Sakura mengikuti audisi HKT48. Lalu dia lolos menjadi anggota tetap di 2012 saat masih berusia 14 tahun, menjadikannya generasi pertama HKT48 meski bukan yang paling muda. 

Di HKT48, slogan milik Sakura adalah, 'Anata mo, anata mo, minna no kokoro ni (Sakura Sake!) Kagoshima-ken shusshin, Miyawaki Sakura 22-sai desu’ yang artinya ‘Kamu juga, kamu juga, di hati semua orang (Sakura mekar)! Saya Miyawaki Sakura 22 tahun dari Kagoshima!’.

Selama berkarier, Sakura juga menjadi salah satu anggota yang paling menonjol hingga berhasil mendapat peringkat dalam pemilihan umum tahunan AKB48.

Miyawaki Sakura Ikut Program Survival Mnet Produce 48

Miyawaki Sakura mencoba melebarkan sayang dengan meniti karier di Korea Selatan. Dia menjadi salah satu kontestan program survival besutan Mnet bertajuk Produce 48 yang tayang tahun 2018.

Jika biasanya program tersebut hanya ikuti para trainee asal Korea Selatan, Produce 48 juga merekrut calon idola dari Jepang. Tak hanya menjadi salah satu kontestan, Sakura juga ditunjuk sebagai center untuk lagu Pick Me. Pada akhirnya, Sakura menduduki peringkat ke-2, yang berarti berhasil debut dalam line-up member girlband jebolan acara survival tersebut.

 

Karier Miyawaki Sakura Bersama IZ*ONE Selama 2,5 Tahun

Sakura bersama 11 kontestan lain yang berhasil lolos dari Produce 48 debut dalam grup bernama IZ*ONE. Pada 29 Oktober 2018, IZ*ONE merlis album perdana mereka bertajuk Color*Iz dengan title track lagu La Vie en Rose. Mereka melakukan promosi di Korea dan Jepang.

Kemudian, IZ*ONE debut di Jepang pada 6 Februari 2019. Setelah kurang lebih dua tahun enam bulan, grup ini sudah merilis sederet lagu-lagu hits. Namun pada 29 April 2021, IZ*ONE resmi dibubarkan karena grup ini hanyalah proyek sementara saja. 

Graduation Miyawaki Sakura dari HKT48

Usai menyelesaikan kegiatan bersama IZ*ONE di Korea Selatan, Miyawaki Sakura pulang ke Jepang. Namun pada 15 Mei 2021, dia mendadak mengumumkan kelulusan dari HKT48.

Miyawaki Sakura menyatakan keinginannya untuk lulus karena alasan pribadi Sstelah 10 tahun bergabung dengan HKT48 sejak 2011. Acara graduasi digelar secara langsung tanggal 19 Juni 2021.

Miyawaki Sakura Dikabarkan Tanda Tangan Kontrak dengan HYBE Labels

Menyusul pembubaran IZ*ONE, kala itu santer terdengar Miyawaki Sakura diincar untuk bergabung bersama HYBE Labels dan anak perusahaannya, Source Music. Kabar ini pertama kali muncul bulan Maret 2021.

Jika Miyawaki Sakura menandatangani kontrak dengan Source Music, kemungkinan dia akan bersatu kembali dengan mantan member IZ*ONE Kim Chae Won, yang juga dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan HYBE Labels.

Menurut laporan tersebut, baik Kim Chae Won dan Miyawaki Sakura akan bergabung dengan girlband baru di bawah naungan Source Music yang diduga terdiri dari sekitar lima member, mencakup dua hingga tiga mantan member IZ*ONE. Terbaru, mantan kontestan Produce 48, Heo Yun Jin, juga dikabarkan akan masuk dalam line-up girlband tersebut. 

Biodata Miyawaki Sakura

Nama lengkap: Miyawaki Sakura
Nama panggilan: Sakura
Tempat, tanggal lahir: Kagoshima, 19 March 1998 (23 tahun)
Kewarganegaraan: Jepang
Keluarga: nenek, ayah, ibu, adik laki-laki (kelahiran 2010)
Pendidikan: Shigakukan Middle School, Correspondence High School
Karier: HKT48 1st generation, HKT48 Team H (4 Maret 2012 - 10 Januari 2014), AKB48 Team A (24 Februari 2014 - 8 Desember 2018), IZ*ONE (29 Oktober 2018 - 29 April 2021), HKT48 Team KIV (11 Januari 2014 - 19 Juni 2021)
Agama: Tidak diketahui
Media sosial: @39saku_chan (Instagram), @39saku_chan (Twitter), Channel YouTube

Selepas pembubaran IZ*ONE dan keluar dari HKT48, Miyawaki Sakura dikabarkan akan bergabung dengan HYBE Labels untuk menjadi salah satu member girlband baru Source Music. Sejauh ini, anggotanya diduga mencakup beberapa mantan member IZ*ONE dan kontestan Produce 48. Namun, pihak HYBE Labels belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal ini.