8 Idol Kpop Kembalikan Tren Fashion Y2K, Jennie hingga Joy Red Velvet

Berbagai Sumber
Y2K Fashion Idol Kpop
Penulis: Yasmin Karnita
25/8/2021, 16.20 WIB

ZIGI – Para idol Kpop mencakup Jennie Blackpink, Joy Red Velvet, HyunA hingga Jeon Somi kembali membawa tren fashion di masa lalu bernama Y2K. Y2K adalah nama lain dari gaya busana ikonik yang sempat populer pada pertengahan tahun 90-an hingga awal 2000-an.

Pokok estetika dari fashion Y2K adalah baju olahraga velour, tas baguette, perhiasan warna-warni dan aksesoris rambut, denim, celana dengan potongan lebar, dan masih banyak lagi. Beberapa fashion items tersebut sudah mulai dipakai oleh sederet idol Kpop wanita.

Dengan ini, mereka berhasil membawa kembali rasa nostalgia bagi kaum milenial yang tumbuh di era ini. Generasi Z semakin berani memadukan gaya lama dengan tren baru. Berikut adalah potret 8 Idol Kpop mengenakan gaya busana Y2K. Penasaran dengan foto mereka? Scroll artikelnya yuk!

1. Sunmi

Idola pertama yang mendapat ‘kredit’ membawa kembali popularitas tren mode Y2K di Korea Selatan adalah Sunmi. Pelantun lagu You can't sit with us ini sempat membagikan foto mengenakan polo shirt. Bajunya hanya dikancingkan sampai menutupi dada. Sedangkan sisanya dibiarkan terbuka.

Sunmi lantas memadupadankan baju itu dengan celana bootcut biru muda sambil menenteng sebuah dompet. Sang idola juga terlihat mengenakan sandal chunky. Gaya rambutnya yang disanggul semakin membuktikan bahwa Sumi baru saja menciptakan kembali penampilan yang pernah populer di era 2000-an.

2. Taeyeon SNSD

Saat teaser lagu Weekend dirilis, Taeyeon SNSD menyuguhkan penampilan berbeda yang belum pernah dilihat sebelumnya. Artis asuhan SM Entertainment ini ternyata membawa kembali konsep retor yang kenal dengan fashion Y2K.

Kala itu, Taeyeon menyempurnakan penampilan dengan mengenakan bandana, tube top, dan mengkombinasikannya dengan baju olahraga velour warna pink. Tambahkan rantai di pinggangnya juga semakin menonjolkan fashion Y2K dengan sempurna.

3. Joy Red Velvet 

Joy Red Velvet juga mengembalikan fashion Y2K. Gaya tersebut dijadikan sebagai konsep utama mini album Hello untuk debut solonya. Jika menelistik outfit yang dikenakan, pacar Crush ini, dia tampil dengan pakaian warna-warni, yang memancarkan gaya retro nan vintage. 

Hal tersebut juga menyesuaikan dengan lagu Hello, yang merupakan remake dari lagu Park Hye Kyung yang dirilis tahun 2003 silam. Hello hadir dengan genre rock modern dan lirik penuh harapan tentang melupakan masa lalu yang sulit dan memulai dari awal.

4. HyunA

HyunA juga sudah beberapa kali memamerkan outfit-nya bergaya Y2K lewat berbagai postingan di akun Instagram pribadinya @hyunah_aa. Sang pelantun I’m Not Cool ini sering mengenakan mini dress yang juga ikonik pada tahun 2000-an. 

Selain itu, penampilan HyunA kini lebih nyentrik semenjak mengecat rambut menjadi warna biru. Tidak bisa dipungkiri, gaya busana mantan member Wonder Girls tersebut juga kerap dijadikan sebagai ‘kiblat’ untuk kaum hawa di Korea Selatan.

 

5. Soyeon (G)I-DLE

Berbagai outfit Soyeon (G)I-DLE sukses menggabungkan sentuhan modern pada mode vintage tahun 1990-an dan awal 2000-an. Penampilannya saat mengenakan crop top ketat dikombinasikan dengan rok tenis pendek atau wide leg pants juga menonjolkan fashion Y2K.

6. Jeon Somi

Dalam MV lagu DUMB yang dirilis 2 Agustus 2021 lalu, Jeon Somi menjelma menjadi sosok ‘barbie hidup’. Selain parasnya yang cantik, outfit yang dikenakannya juga diambil dari gaya fashion Y2K.

Jeon Somi tampil mempesona saat mengenakan outfit preppy. Preppy look terinspirasi dari gaya busana pelajar Inggris dan Amerika di era 60an hingga 80an yang kini juga menjadi tren di kalangan idola Kpop. Gaya ini bisa membuat pemakainya tampak imut.

7. Rose Blackpink

Saat bertandang ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Rose Blackpink sempat memakai riasan mata yang juga datang dari era 2000-an. Artis asuhan YG Entertainment ini mengulaskan eye liner berwarna hijau neon menggunakan salah satu produk brand SIMIHAZE BEAUTY milik Simi dan Haze Khadra.

Lantas gaya make-up ini sudah lama hilang dari sorotan, dan kembali ngetren semenjak Rose memposting fotonya di akun Instagram pribadi. Selain itu, wanita kelahiran 1997 ini juga tak takut memadupadankan pakaian berwarna berani.

8. Jennie Blackpink

Terakhir adalah Jennie Blackpink yang sudah beberapa kali mengenakan gaya busana Y2K dalam kesehariannya. Ia pernah memakai setelan hoodie dan celana training yang sama-sama warna hijau. Terungkap bahwa style demikian sangat populer di 2000-an juga karena sering dipakai oleh artis Hollywood seperti Paris Hilton dan Beyonce. 

Jennie Blackpink juga pernah membagikan foto-foto dirinya mengenakan belly chain atau aksesoris rantai yang dilingkarkan pada perut. Banyak netizen mengungkap kekaguman pada cara berpakaian Jennie hingga memprediksi bahwa belly chain segera menjadi tren di dunia fashion berkat diirinya.

Itulah deretan idol Kpop wanita yang menghidupkan kembali tren mode Y2K di Korea Selatan. Di lain sisi, gaya berbusana yang mereka kenakan memang selalu menjadi sorotan sehingga sangat diperhitungkan di industri fashion.