ZIGI – D.Ark, rapper muda di bawah naungan P Nation ini menjadi sorotan setelah memberikan pernyataan terkait kontroversi dirinya yang diduga mengkonsumsi minuman beralkohol di bawah umur. Hal ini juga yang membuat sosok D.Ark langsung membuat publik bertanya-tanya. 

Sebelum ini, D.Ark juga pernah dituduh memperkosa mantan pacarnya. Namun di balik itu, D.Ark merupakan rapper muda berbakat yang pernah mengikuti Show Me the Money. Berikut ini 10 fakta D.Ark yang dirangkum Zigi.id dari berbagai sumber. Keep scrolling ya!

Baca juga: Profil dan Biodata Choi Tae Hun 'LOUD', Eks Trainee The Black Label

1. Berusia 17 Tahun

D.Ark juga dikenal dengan nama Kim Woo-rim dan Jin Yulin. Dia lahir pada 15 Juli 2004. Sehingga kini umur D.Ark masih 17 tahun atau 18 tahun berdasarkan perhitungan Korea Selatan.

2. Keturunan Korea - China

D.Ark mempunyai garis keturunan Korea dan China. Cowok yang memiliki tinggi badan 170cm ini lahir di China sebelum akhirnya saat usia 10 tahun dia pindah ke Korea. Sampai saat ini, D.Ark masih berkebangsaan China.

3. Pernah Ikut Show Me the Money

Nama D.Ark mulai dikenal luas sejak kemunculannya dalam Show Me the Money 777 di tahun 2018 lalu. Namun saat itu, kariernya terbilang masih belum berhasil. Selang 2 tahun kemudian, D.Ark kembali mengikuti Show Me the Money 9. Saat itu, dia ingin membuktikan kalau kemampuannya sudah jauh lebih baik.

4. Juara 3 di High School Rapper 4

Akan tetapi, D.Ark masih belum berhasil bertahan sampai babak akhir. Meski begitu, D.Ark tidak patah semangat. Dia kemudian mengikuti kompetisi High School Rapper 4 yang digelar di awal 2021 lalu. Dalam program yang tayang di Mnet ini, D.Ark berhasil menjadi juara ketiga. Saat babak final High School Rapper 4, D.Ark mengajak senior satu labelnya yakni Jessi, sebagai featuring.

5. Diumumkan Jadi Artis P Nation

Pada 29 Desember 2020, P NATION mengumumkan D.Ark sebagai artis barunya. Selang sehari setelah itu tepatnya pada 30 Desember 2020, rapper berbakat ini memulai debutnya dengan merilis single berjudul POTENTIAL.

6. Nge-rap Sejak 2017

D.Ark mendapat julukan 'jenius rap' dari banyak orang karena kemampuannya. Rupanya, dia sudah mulai menekuni bidang musik rap sejak 2017. Itu berarti sejak dirinya berusia 13 tahun.

 

7. Putus Sekolah

Memiliki jadwal yang padat, D.Ark dilaporkan putus sekolah. Namun akhirnya dia mendapatkan ijazah akademik dengan mengikut tes GED (General Educational Diploma). Sebagai informasi, di Korea banyak selebriti yang lulus melalui tes GED karena kesibukan mereka. Tes GED ini mencakup empat subjek dan ketika lulus, mereka sudah bisa mendapatkan ijazah.

8. Keterampilan D. Ark

D.Ark juga juga memiliki segudang keterampilan lainnya. Rapper muda itu diketahui menguasai tiga bahasa yakni Inggris, Korea dan mandarin. Dia juga kerap menggabungkan tiga bahasa itu saat tampil. D.Ark juga bisa nge-dance.

9. Skandal Dugaan Pemerkosaan Mantan Pacar

Pada Oktober 2018 lalu, D.Ark yang masih berkompetisi di Show Me the Money terseret skandal dugaan pemerkosaan pada mantan pacarnya yang berusia 26 tahun. Dilaporkan, D.Ark memaksa sang kekasih untuk berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi.

Mantan pacar D.Ark merasa dirugikan walaupun sang rapper langsung berhenti saat wanita tersebut menolak. Terkait hal ini, tidak hanya D.Ark yang menerima kritikan. Sang mantan pacar juga disebut pedofil karena menjalin hubungan dengan anak di bawah umur. 

Ketika itu, umur D.Ark sendiri masih 14 tahun. Dia juga dianggap terlalu dini untuk berhubungan seks. Terkait hal ini, D.Ark mengunggah surat permintaan maaf. Dia juga mengaku sudah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mantan pacarnya.

10. Kontroversi Minum Alkohol di Bawah Umur

Terbaru, D.Ark menuai kontroversi terkait minum alkohol di bawah umur. Kejadian ini bermula usai membagikan D.Ark membagikan Instastory yang memperlihatkan ada dua gelas bir di depannya. Netizen lantas mengkritik D.Ark. Sampai akhirnya pada Selasa, 7 Februari 2021, D.Ark memberikan penjelasan tentang unggahannya yang menuai kontroversi tersebut. Dia menjelaskan kalau produsernya yang memesan bir tersebut.

"Ini D.Ark. Postingan Instagram terakhir ini aku ambil saat makan malam dengan dua produser, yang memesan bir. Setelah aku menyadari sudah melakukan kesalahan, aku segera menghapus foto itu dan aku hanya ingin membagikan dunia dengan saudaraku. Aku akan merenungkan tindakanku dan akan lebih berhati-hati mulai sekarang. Aku minta maaf," tulis D.Ark yang dilansir dari Allkpop, 8 September 2021.

Di balik kontroversi yang pernah dilakukannya, D.Ark adalah rapper muda berbakat milik P Nation. D.Ark tidak pantang menyerah untuk menjadi rapper handal, terbukti dia ikut sejumlah ajang survival show sebelum akhirnya memulai debut.

Baca juga: Fakta & Biodata Tanaka Koki Maknae LOUD P Nation, Umur, Tanggal Lahir