6 Fakta Tersembunyi MV LALISA, Busana Thailand Lisa dari Sutra Emas

YG Entertainment
Lisa Blackpink
Penulis: Yasmin Karnita
10/9/2021, 14.42 WIB

ZIGI – Lisa Blackpink akhirnya mengguncang dunia dengan perilisan single album LALISA pada Jumat, 10 September 2021. Idol YG Entertainment ini juga meluncurkan MV LALISA yang memiliki banyak fakta menarik termasuk menampilkan budaya Thailand.

Dalam karya perdananya sebagai solois ini, Lisa Blackpink sengaja memasukkan elemen Thailand yang mana merupakan tanah kelahirannya. Ada sederet hal-hal tersembunyi yang mungkin tak kamu sadari dari MV lagu LALISA. Penasaran ada apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Lirik Lagu LALISA - Lisa Blackpink Lengkap Terjemahan Indonesia

1. Lisa Blackpink Secara Pribadi Inginkan Lagu LALISA Masukkan Banyak Elemen Thailand

Lisa Blackpink membagikan sederet cerita di balik penggarapan single album LALISA khususnya untuk lagu LALISA saat menghadiri acara konferensi pers online pada Jumat, 10 September 2021.

LALISA disebut sebagai lagu hip hop dengan brass riff yang berani dan ritme dinamis, disusun oleh 24, Bekuh BOOM, dan Teddy dan. Dengan judul yang mengacu pada nama lahir Lisa, lagu tersebut mengungkap kekuatan sebuah nama. Dalam acara konferensi pers, Lisa menyebutkan bahwa lagu dan video klip lagu LALISA memang memasukkan unsur-unsur dari warisan Thailand.

“Aku ingin (lagu) LALISA memiliki nuansa Thailand. Set dan pakaiannya juga menangkap getaran Thailand itu dengan baik,” katanya,

Selain itu, dia juga secara pribadi meminta Teddy Park untuk mengarasemen lagu LALISA dengan dalam gaya Thailand, “Setelah aku mengatakan bahwa ingin memasukkan getaran Thailand, Teddy mengaransemen lagu dalam gaya Thailand, dan aku sangat tersentuh dengan hal itu,” sambungnya. 

Dalam lirik lagu LALISA, ada penggalan lirik berbunyi, ‘Dari Thailand ke Korea, dan sekarang di sini, pergi untuk menyerang, Menjadi yang terhebat sepanjang masa bukanlah fantasi Mahkota hitam legam dan pink milik kita. Ini menjadi satu sari sekian banyak elemen Thailand yang dimasukkan oleh Lisa dalam lagu LALISA.

2. Koreografi Favorit Lagu LALISA Bagi Lisa Blackpink

Lisa Blackpink kemudian menyebutkan bahwa koreografi lagu dibuat semenyenangkan mungkin sehingga mudah diikuti oleh para penggemar.

“Aku berharap orang-orang akan mendengar lagu LALISA, lalu berpikir, 'Wow, ini dia. Ini adalah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh Lisa’. Koreografinya juga mudah untuk diikuti, jadi aku harap kalian akan bersenang-senang menari dengann lagu ini,” ungkapnya. 

Lebih spesifik, Lisa sangat menyukai awal lagu LALISA saat dia menyanyikan lantunan lirik berbunyi, ‘Kau akan tahu hanya melihat dari punggung belakangku’. Saat lirik tersebut dimainkan dalam MV, kamera membelakangi Lisa Blackpink yang tengah menelusiri jalan.

Dari situlah, tingkat kepercayaan diri Lisa mulai meningkat. Itu pun menjadi satu alasan mengapa Lisa memilih untuk menggunakan namanya sendiri sebagai judul album dan lagu debut solonya.

“Aku merasakan kepercayaan diriku muncul secara instan bersama dengan koreografi untuk bagian itu,” ucapnya.

3. Lima Bahasa dalam Satu Frame di MV LALISA hingga POLISA

Awal MV lagu LALISA sudah menunjukkan getaran yang luar biasa. Masih di adegan awal, kita bisa melihat sebuah jalan yang dipenuhi oleh banner tulisan yang memiliki bahasa berbeda-beda. Mencakup bahasa Inggris, Korea, Jepang, Mandarin, dan Thailand.

Karena Lisa adalah idola global dan aktif di beberapa negara, tidak mengherankan jika mereka menambahkan sentuhan ini dalam MV LALISA

Detail lain yang mungkin tak disadari oleh penggemar adalah saat Lisa Blackpink membawa megaphone dan dikepung oleh intel. Jika kamu memperhatikan, para polisi tersebut mengenakan rompi bukan bertuliskan POLICE melainkan POLISA. 

 

4. Outfit Lisa Blackpink Bertabur Kristal Swarovski

Dari sekian banyak outfit yang ditampilkan dalam MV LALISA, ada satu yang mencuri perhatian saat Lisa mengenakan busana warna emas bertabur kristal. Ternyata, outfit tersebut dibuat oleh Asava Group, sebuah brand fashion asal Thailand.

Disebutkan bahwa Lisa Blackpink mengenakanan busana yang memiliki jubah, dipadukan dengan atasan crop top dan balutan rok mini. Kostum tersebut dirancang khusus untuk Lisa, terbuat dari kain sutra emas brokat tradisional Thailand.

Outfit itu dibuat menggunakan tangan, dengan pola kuno beralur logam dari Provinsi Lamphun. Kemudian seluruh busana dihiasi dengan kristal Swarovski. 

Asava Group selaku desainer busana, ingin menonjolkan keasilan pakaian tradisional Thailand dengan menambahkan penutup dada (sa-bai) dan balutan sarung (zin). Hal ini menghasilkan pakaian khas yang memadukan gaya kontemporer modern sekaligus mencerminkan seni luhur Thailand. Daebak!

5. Lisa Blackpink Kendarai Motor Ducati

Sama seperti teaser, Lisa Blackpink ternyata mengendari motor gede dalam MV LALISA. Sebelumnya, YG Entertainment pernah merilis poster jelang debut solo Lisa dengan hanya menampilkan sebuah motor dengan penggalan kalimat ‘Catch me if you can’.

Terungkap bahwa itu merupakan bagian dari lirik lagu LALISA. Sedangkan motor yang dikendarai Lisa adalah Ducati Panigale V4 2021 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp640 juta.

6. MV LALISA Berkaitan dengan MV Lagu-lagu Blackpink?

Dalam MV LALISA, Lisa memiliki cukup banyak set. Mulai dari scene mengendarai motor di jalan dan padang pasir, menari bersama kru dance hip hop di set box, melakukan pole dance, green screen area outdoor, hingga menjelma menjadi putri kerajaan Thailand.

Namun jika diperhatikan, ada beberapa set MV LALISA yang terlihat mirip dengan MV lagu-lagu Blackpink sebelumnya. Seperti adegan Lisa berjalan dengan gaun malam di koridor sebuah istana, BLINK langsung teringat dengan MV lagu Kill This Love.

Lalu ada pula panggung berbentuk bulat yang Lisa gunakan untuk melakukan pole dance, mirip dengan set MV lagu DDU-DU DDU-DU. Banyak juga yang merasakan bahwa MV LALISA memiliki getaran yang sama dengan MV How You Like That.

Kemudian beralih ke scene ketika Lisa tampil dengan latar rumah pinggir pantai, mengingatkan BLINK dengan MV lagu Ice Cream feat. Selena Gomez.

Itulah sederet fakta tersembunyi dari MV LALISA milik Lisa Blackpink yang dirilis pada  Jumat, 10 September 2021. Dengan ini, Lisa resmi menjadi member ketiga Blackpink yang resmi melakukan debut solo setelah Jennie dan Rose.

Baca Juga: Arti Nama Lalisa Manoban, Inspirasi Album Debut Lisa Blackpink