Bukti Saham Bang Si Hyuk Bernilai 6 Kali Lipat dari SM, JYP, YG

StarDailyNews
Bang Si Hyuk
Penulis: Yasmin Karnita
1/10/2021, 15.11 WIB

ZIGI – Bang Si Hyuk dilaporkan menduduki peringkat No.1 di antara pemilik saham tertinggi di Korea Selatan untuk paruh pertama tahun 2021 ini. Sang pendiri HYBE sekaligus bos besar BTS itu mampu mengalahkan jajaran orang kaya serta pengusaha terkenal lainnya. 

Dalam episode terbaru program acara TMI News yang tayang 29 September 2021, Bang Si Hyuk dilaporkan memiliki total saham enam kali lipat dari para pendiri agensi Big 3 mencakup Lee Soo Man (SM Entertainment), Park Jin Young (JYP Entertainment), dan Yang Hyun Suk (YG Entertainment). Berikut berita selengkapnya.

Baca Juga: HYBE Raih Keuntungan Tertinggi Kuartal II 2021 Lewati SM, JYP, YG

Bang Si Hyuk Jadi Pemilik Saham Tertinggi di Korea Selatan

Bang Si Hyuk didaulat sebagai pemilik saham tertinggi di industri hiburan Korea Selatan pada paruh pertama tahun 2021 dengan valuasi sebesar 3,9 triliun won atau Rp47 triliun.

Sebelumnya, Bang Si Hyuk hanya menempati peringkat ke-9 di antara pemilik saham terkaya bersama jajaran pengusaha terkenal Korea Selatan seperti Lee Jae Yong selaku wakil presiden Samsung, Kim Bum Soo selaku direktur Kakao, dan Jung Mong Gu yakni presiden kehormatan Hyundai Motor Company.

Bang Si Hyuk Kalahkan Lee Soo Man

Lantas kepemilikan saham Bang Si Hyuk tersebut bernilai enam kali lipat dari gabungan aset milik Lee Soo Man, Park Jin Young, hingga Yang Hyun Suk.

Lee Soo Man dari SM Entertainment berada di peringkat kedua dengan kepemilikan saham senilai 268 miliar won atau Rp3,2 triliun Park Jin Young menempati posisi ketiga dengan angka 216,9 miliar won (Rp2,6 triliun). Dan posisi keempat ditempati oleh Yang Hyun Suk, mantan CEO YG Entertainment dengan mengantongi nilai saham 122,9 miliar (Rp1,4 triliun). 

Dengan ini, valuasi Bang Si Hyuk mampu mengalahkan para pendiri agensi Big 3 yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia bisnis serta industri hiburan Korea Selatabn.

Sementara itu, Bang Si Hyuk mendirikan BigHit Entertainment tahun 2005 silam. Kemudian agensi tersebut mendebutkan BTS pada 2013. Bulan Maret 2021, BigHit resmi berganti nama menjadi HYBE Corporation.

Bang Si Hyuk Tetap Jadi Pemilik Saham Tertinggi Meski Mundur dari Jabatan CEO HYBE

Pada akhir Juni lalu 2021, HYBE mengumumkan bahwa mereka akan mengalami perombakan besar-besaran. Berkat usaha patungan dengan Universal Music Group (UMG) dan bergabungnya Ithaca Holdings, fokus utama HYBE saat ini adalah memulai globalisasi melalui penempatan para pemimpin manajemen puncak.

Bang Si Hyuk lantas memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO HYBE. Meski demikian, Bang Si Hyuk masih memiliki peran penting dalam manajemen, dengan tetap berada di dewan direksi sebagai pemimpin dan akan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan proyek inti, serta lebih fokus pada produksi musik sebagai bidang keahliannya.

Kemudian penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) HYBE resmi dibuka pada  2 September 2021. Saat IPO dibuka, diketahui bahwa 88 persen penjualan di paruh pertama tahun 2020 berasal dari BTS.

Sementara itu, Bang Si Hyuk resmi didaulat sebagai pemilik saham tertinggi di industri hiburan Korea Selatan pada paruh pertama tahun 2021. Bos besar BTS itu berhasil mengalahkan pengusaha lain termasuk Lee Soo Man dari SM, Park Jin Young dari JYP dan Yang Hyun Suk dari YG Entertainment.

Baca Juga: Total Kekayaan Bang Si Hyuk di 2021 dari Saham hingga Royalti