Kiel Tutin Dituding Daur Ulang Koreo Blackpink-ITZY untuk aespa

Berbagai Sumber
Kiel Tutin, Blackpink, aespa
Penulis: Yasmin Karnita
4/10/2021, 17.29 WIB

ZIGI – Koreografer Kiel Tutin tengah dikritik para penggemar Kpop karena kedapatan memasukkan gerakan tarian yang sama dengan Blackpink dan ITZY untuk aespa. Pada akhirnya, dia memberikan klarifikasi melalui sebuah postingan di Instagram Story akun pribadi.

Pada Senin, 4 Oktober 2021, sejumlah penggemar menyadari bahwa koreografi lagu Savage yang akan dirilis oleh aespa memiliki koreografi yang mirip dengan lagu How You Like That milik Blackpink serta lagu Not Shy - ITZY. Simak berita selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Teaser Karina aespa untuk Comeback Lagu Savage Dituding Plagiat

Tentang Koreografi Lagu Savage - aespa Buatan Kiel Tutin

Tadi malam, Senin, 4 Oktober 2021, SM Entertainment merilis teaser video klip untuk lagu Savage milik aespa. Kebetulan girlband beranggotakan Karina, Winter, Ning Ning, dan Giselle ini akan melakukan comeback pada 5 Oktober 2021 mendatang.

Lalu salah satu gerakan dalam lagu Savage terlihat familiar. Ternyata koreografi tersebut disebut mirip dengan yang ada dalam lagu How You Like That - Blackpink serta Not Shy - ITZY, yang mana diciptakan oleh koreografer Kiel Tutin.

Sebagai informasi, Kiel Tutin adalah seorang koreografer terkenal yang sudah sering berpartisipasi dalam membuat gerakan tarian untuk sederet lagu hits milik grup Kpop ternama termasuk TWICE, Blackpink, hingga ITZY.

Kiel Tutin Diprotes Karena Kerap Daur Ulang Gerakan

Kemiripan koreografi lagu Savage milik aespa dengan Blackpink serta ITZY kini menjadi bahan perbincangan di media sosial Twitter. Sebagian besar penggemar mengaku kecewa dengan Kiel Tutin yang dituding mendaur ulang gerakan tarian untuk para idol Kpop.

Berdasarkan pantauan Zigi.id pada Senin, 4 Oktober 2021, komentar tentang Kiel Tutin kini didominasi oleh kritikan para penggemar. Beberapa di antaranya berbunyi:

Pendapat yang tidak populer tapi aku tidak mengerti kebencian untuk Kiel Tutin. Dia telah membuat koreografi untuk beberapa artis besar, dan terlepas dari semua kritik di media sosial, semakin banyak perusahaan terus mempekerjakannya untuk proyek. Jika aku pikir, para kliennya jauh lebih tahu daripada kita,” ungkap seorang netizen di Twitter.

Kiel Tutin dibayar untuk koreografi daur ulang,” tulis seorang netizen.

Koreografi buatan Kiel Tutin sangat membosankan, maafkan aku,” timpal netizen lain.

Industri kpop dipenuhi dengan uang, sebagian besar perusahaan mampu secara harfiah membayar koreografer semahal apapun. Tapi mengapa mereka SELALU mempekerjakan Kiel Tutin. Ini adalah pertanyaanku,” sahut seorang netizen.

 

Klarifikasi Kiel Tutin

Lantas kritikan ini telah sampai ke telinga Kiel Tutin. Melalui Instagram Story, sang koreografer memberikan klarifikasi. Dia mengakui bahwa gerakan dalam lagu Savage - aespa memang sama dengan lagu Not Shy milik ITZY. Namun berbeda dari koreografi lagu How You Like That milik Blackpink.

“Aku menggunakan gerakan ini (dari lagu Savage - aespa) untuk Not Shy, bukan yang lain. Silakan lihat proses koreografi How You Like That di channel YouTube pribadiku,” tulis Kiel Tutin di Instatgram Story @kieltutin, dikutip oleh Zigi.id.

Lalu Kiel Tutin menjelaskan bahwa dia tidak mungkin secara sengaja memasukkan gerakan tarian yang sama untuk lagu milik girlband populer. Bahkan, dia meyakinkan para penggemar untuk menayakan hal ini langsung kepada para dancer di bawah naungannya.

“Aku benar-benar menggandakan waktuku di studio untuk memastikan bahwa TIDAK ADA (gerakan) yang serupa sama sekali. Aku melakukan banyak konsep dan mengubah apa pun yang mungkin. Kalian dapat bertanya kepada penariku (jangan karena mereka tidak perlu membuang waktu untuk pertanyaan bodoh),” tulisnya.

Jelang akhir klarifikasi, Kiel Tutin menyebutkan bahwa dia tidak memiliki kendali terkait gerakan tarian buatannya yang akan dipakai untuk koreografi sebuah lagu, karena itu semua tergantung keputusan agensi. Dia meminta para penggemar yang mengkritiknya untuk berhenti mengirimkan ujaran negatif.

“Tarian memiliki jumlah gerakan yang terbatas, dan ketika mereka mempekerjakan koreografer yang mencoba memuaskan mesin kpop, ada gerakan yang akan tumpang tindih, menemukan sudut baru, atau mendapatkan kehidupan,” tutupnya.

Kiel Tutin Sering Jadi Sasaran Hujatan

Lantas ini bukan kali pertama Kiel Tutin menjadi sasaran kritikan penggemar. Pada Oktober 2020, Kiel Tutin diserang karena para penggemar tidak puas dengan koreografi lagu Lovesick Girls dan Pretty Savage milik Blackpink. 

Karena hal tersebut, Kiel Tutin menerima beragam komentar kebencian, ancaman pembunuhan, dan hingga menyebarkan rumor tentang dirinya yang rasis. 

Lalu Kiel Tutin sempat memberikan klarifikasi bahwa dia hanya membuat sekitar 20 persen dari koreografi lagu Lovesick Girls dan Pretty Savage milik Blackpink karena juga ada campur tangan dari para koreografer internal serta menggabungkan banyak faktor.

Sementara itu, Kiel Tutin bukanlah sosok asing di industri hiburan. Dia adalah seorang koreografer ternama yang sudah memenangkan berbagai penghargaan termasuk kategori Best Choreographer of the Year di ajang Mnet MAMA 2019.

Kiel Tutin telah menciptakan sederet koreografi ikonik untuk lagu-lagu populer termasuk yang terbaru untuk LALISA - Lisa Blackpink, The Feels - TWICE, LOCO - ITZY, dan terbaru Savage milik aespa. Namun para penggemar mengkritik sang koreografer karena dituding mendaur ulang gerakan tarian yang sudah pernah digunakan grup Kpop lain. 

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Popularitas Lagu Next Level - aespa