YG Entertainment Kembangkan Teknologi Metahuman dan Metaverse

Naver
YG Entertainment dan Kwangwoon University
24/10/2021, 12.57 WIB

ZIGI – YG Entertainment tengah menjalin kerja sama dengan Kwangwoon University terkait pengembangan teknologi metahuman dan metaverse. Sejak awal pendirian, agensi Blackpink ini memiliki misi memanfaatkan teknologi untuk masa depan industri hiburan. 

Sebelum YG Entertainment, SM Entertainment telah lebih dulu mengembangkan teknologi metahuman dan metaverse. Penasaran? Yuk baca berita selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: YG Entertainment Umumkan Blackpink Berhenti Terima Kado dari Fans

YG Entertainment Bangun Kerja Sama dengan Universitas

YG Entertainment menunjukan langkah baru dengan menjalin kerja sama dengan Kwangwoon University. Pada 22 Oktober 2021, mereka sepakat menandatangi MOU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepakatan untuk mengembangkan Metaverse. 

Dilansir dari Naver, penandatangan tersebut diselenggarakan di gedung YG Entertainment dan dihadiri Vice President (VP) dari YG Entertainment, Ga Jong Hyun serta Direktur Lee Bo Young. Sedangkan dari Kwangwoon University dihadiri VP Bagian Kerja Sama Industri-Akademik Park Cheol Hwan, Wakil VP Kerja Sama Industri-Akademik  Seo Young Ho dan CEO dari OMotion bernama Oh Moon Seok. 

Dengan perjanjian ini, YG Entertainment dan Kwangwoon University akan bekerja sama di berbagai bidang seperti pengembangan teknologi metahuman (manusia digital) yang akan banyak diincar oleh industri hiburan beberapa tahun ke depan. Kedua pihak juga akan bertukar pengetahuan terkait teknologi metaverse atau dunia virtual. 

"Akhir-akhir ini ada peningkatan permintaan untuk pengembangan metahuman di masa depan industri hiburan," jelas VP YG Entertainment, Ga Jong Hyun. 

Melalui perjanjian tersebut, YG Entertainment menyusul SM Entertainment yang juga memanfaatkan teknologi untuk pengembangan perusahaan. SM Entertainment sudah menerapkan penggunaan Artifical Intelligence di girl group aespa. 

Mengenal Metahuman dan Metaverse yang Dikembangkan YG Entertainment

Metahuman adalah teknologi untuk menciptakan digital human (manusia digital). Teknologi ini misalnya, bisa menciptakan sosok manusia dengan hasil serealistis mungkin. Biasanya metahuman digunakan dalam pengembangan game untuk membuat karakter yang mirip manusia. 

Metaverse adalah dunia virtual yang dikembangkan lewat teknologi internet. Salah satu turunan dari metaverse adalah Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) yang biasa digambarkan untuk menghadirkan obyek tidak nyata dengan alat khusus. Konsep AR pernah digunakan dalam game Pokemon Go yang populer beberapa tahun belakangan. 

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook bahkan mengatakan bahwa metaverse adalah teknologi paling mutakhir. Ia juga mengatakan bahwa metaverse adalah masa depan umat manusia saat ini. 

Kerja sama YG Entertainment ini menandakan kebutuhan industri hiburan akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Bukan hal yang mustahil misalnya jika agensi dari Blackpink ini mengadakan konser dengan konsep virtual reality

Disinyalir setelah YG Entertainment dan SM Entertainment, akan lebih banyak agensi yang akan melakukan pengembangan teknologi sendiri-sendiri. Maka industri Kpop juga akan mengalami upgrade seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Blackpink Diserang, YG Entertainment Ambil Tindakan Hukum ke Haters