ZIGI – Privasi ATEEZ terusik akibat ulah sasaeng fans atau penggemar fanatik. Berdasarkan kabar terbaru, telah ditemukan alat pelacak lokasi di bawah mobil yang ditumpangi boyband beranggotakan 8 member tersebut. KQ Entertainment selaku agensi yang menaungi ATEEZ siap mengambil tindakan hukum tanpa keringanan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya perilaku sasaeng fans kerap menganggu kehidupan para selebriti karena melewati batas. ATEEZ bukanlah grup Kpop yang mengalami kejadian tidak mengenakkan dari para penggemar fanatik tersebut. Seperti apa kronologi ditemukan alat pelacak lokasi di bawah mobil ATEEZ? Berikut berita selengkapnya. 

Baca Juga: Lirik Lagu Eternal Sunshine - ATEEZ dan Terjemahan Indonesia

Ditemukan Alat Pelacak Lokasi di Mobil yang Ditumpangi ATEEZ

Pada Kamis, 28 Oktober 2021, KQ Entertainment mendadak mengeluarkan pengumuman resmi terkait tindakan ekstrem dari penggemar fanatik (sasaeng fans) yang telah mengganggu privasi para member.

"Kami telah membuat beberapa pengumuman tentang etiket klub penggemar dan melarang penggemar mengunjungi artis selama kegiatan pribadi mereka dan di ruang pribadi, tetapi insiden pelanggaran privasi melalui cara yang melanggar hukum terus terjadi,” tulis KQ Entertainment lewat fan cafe resmi ATEEZ, dilansir dari Soompi pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Agensi menekankan beberapa tindakan para penguntit seperti mengikuti jadwal tidak resmi, mengikuti member hingga ruang pibadi untuk keuntungan pribadi. Bahkan, telah ditemukan alat pelacak lokasi di mobil yang ditumpangi ATEEZ sehingga lokasi-lokasi yang mereka kunjungi terekspos. Disebutkan bahwa para member mengalami penderitaan psikologis.

"Baru-baru ini, kami menemukan bahwa seseorang telah memasang alat pelacak lokasi ke kendaraan kerja artis dan secara ilegal mengumpulkan informasi tentang lokasi mereka. Kami telah berbicara dengan kantor polisi setempat, yang sekarang melacak pelakunya, dan tidak akan ada keringanan hukuman atau negosiasi mengenai hukuman,” tulis agensi lebih lanjut.

KQ Entertainment Siap Tempuh Jalur Hukum

Untuk melindungi Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, San, Mingi, Wooyoung, dan Jongho, KQ Entertainment berencana untuk mengambil tindakan hukum kepada para sasaeng fans (penguntit). 

Bagi mereka yang kedapatan menguntit hingga melanggar privasi member, KQ Entertainment akan memasukkan nama oknum dalam daftar hitam. Di mana mereka akan dilarang menghadiri acara dan aktivitas penggemar bersama ATEEZ. 

Terakhir, KQ Entertainment meminta ATINY (sebutan nama fandom untuk ATEEZ) untuk melaporkan tindakan pelanggaran artis yang mereka ketahui melalui email. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses hukum. 

“Kami juga menerima informasi melalui email untuk mengakhiri pelanggaran terhadap kehidupan pribadi artis kami, jadi kami meminta kerja sama dari para penggemar. Kami mohon sekali lagi demi keselamatan ATEEZ dan para penggemarnya serta budaya penggemar yang tertib dan baik, jadi kami dengan tulus meminta kerja sama kalian. Terima kasih,” tutup pihak agensi.

ATEEZ Bukan Idol Kpop Pertama yang Diincar Sasaeng Fans

Lantas kalimat sasaeng fans cukup familiar bagi beberapa orang. Ini merujuk pada perilaku penggemar yang memiliki obsesi tidak sehat kepada idolanya. Kelompok ini bisa disamakan seperti penguntit (stalker).

Mereka tidak hanya sekadar mengidolakan idola/aktor/aktris saja, tapi juga sampai masuk ke wilayah privat sang public figure. Selain karena ingin lebih dekat dengan sang idola, beberapa sasaeng bahkan bisa menjual konten eksklusif untuk keuntungan pribadi.

Konten tersebut didapatkan dari menerobos ruang privasi para idola. Mulai dari menunggu di depan apartemen, menjual nomor telpon hingga kerabat dekat, hingga mencari tahu kartu identitas member. 

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh sasaeng fans misalanya, datang ke konser atau aktivitas penggemar lainnya, mengikuti mobil idola, mengendap-endap ke hotel tempat idola menginap, dan juga mencuri beberapa barang pribadi. Beberapa barang personal biasanya dijual di internet dengan harga tinggi.

Ada pula yang nekat bertindak lebih jauh, seperti mengancam untuk membunuh, mengirim surat berisi darah, mengambil foto saat idola saat tidur, nyaris menculik, hingga melakukan penyamaran. 

Selain ATEEZ, beberapa grup Kpop yang pernah terdampak ulah sasaeng fans mencakup NCT, TWICE, BTS, EXO, MOMOLAND, SNSD, TVXQ, Super Junior, 2PM, dan masih banyak lagi. 

Terbaru, KQ Entertainment dengan tegas siap mengambil jalur hukum teruntuk sasaeng fans atau penggemar fanatik yang kedapatan memasang alat pelacak lokasi di mobil yang ditumpangi oleh ATEEZ. 

Baca Juga: Lirik Lagu Deja Vu - ATEEZ dan Terjemahan, Ciptaan Hongjoong dan Mingi