Arti Tipe Kepribadian ISFP-T dan INTP-T, MBTI Jungkook BTS Introvert

Instagram/@bts.jungkook
Jungkook BTS
6/12/2021, 22.44 WIB

ZIGI – Jungkook BTS terus membagikan postingan setelah memiliki akun Instagram pribadi pada Senin, 6 Desember 2021. Ia juga mengungkapkan tipe kepribadiannya dari hasil tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yakni ISFP-T dan INTP-T. 

Sebagai informasi, MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar psikologis seseorang dalam melihat dunia dan caranya membuat keputusan. MBTI juga bisa digunakan untuk mengetahui kadar kecocokan seseorang sebagai teman atau pasangan. Yuk kenali bagaimana kepribadian Jungkook BTS dari hasil MBTI nya!

Baca Juga: Makna Username Akun Instagram 7 Member BTS, Jungkook Kreatif

Mengenal Jungkook BTS dari Hasil MBTI ISFP-T

Jungkook BTS mengungkapkan bahwa tipe kepribadiannya menurut hasil MBTI adalah setengah ISFP-T dan setengah INTP-T. Dikutip dari 16 Personalities pada Kamis, 6 Desember 2021, kepribadian ISFP adalah kepribadian yang menunjukkan petualang, pencipta, atau komposer. ISPF adalah singkatan dari empat fungsi kognitif yakni introvert, sensingperceiving dan feeling.

Orang-orang dengan kepribadian ini sangat santai dan hangat, peka terhadap orang lain, imajinatif dan bergairah, cenderung lebih penasaran dan artistik. Namun, kelemahan tipe pribadi ini yakni sangat independen, tidak dapat diprediksi, mudah tertekan, terlalu kompetitif dan harga diri berfluktuasi.

Lantas bagaimana kepribadian Jungkook BTS jika dalam hal asmara? Tipe kepribadian ISFP dalam hubungan akan sangat peduli, menyenangkan, tetapi sangat berhati-hati dalam membuka diri.

Tipe kepribadian petualang ini lebih suka berfokus pada perasaan dan kebutuhan pasangannya daripada diri mereka sendiri. Mereka bisa sangat misterius dan dengan terampil menghindari mengekspresikan emosi mereka sendiri.

Sedangkan dalam hubungan bersama teman-temannya, tipe kepribadian ini lebih senang menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas santai dan menyenangkan. Orang dengan tipe kepribadian ini senang bergaul dengan siapa saja, tetapi calon teman perlu meredakan sikap menghakimi atau menuntut.

Dalam kariernya, ISFP adalah orang yang menempatkan kebutuhan akan kebebasan artistik. Tidak ada yang lebih penting bagi mereka daripada kesempatan untuk secara gamblang menggambarkan kreativitas dengan cara yang paling bersemangat. Tak jarang pula bahwa tipe kepribadian ini sering menciptakan tren terbaru.

 

Mengenal Kepribadian INTP-T Jungkook BTS

Seperti yang dijelaskan oleh maknae BTS ini, dia juga memiliki kepribadian INTP-T. Tipe ini berasal dari empat kepribadian yakni introvert, intuitive, thinking, dan perceiving. Tipe kepribadian INTP fokus untuk menemukan penjelasan logis di balik segala sesuatu yang mengelilinginya.

Orang dengan tipe kepribadian ini hampir tidak pernah berhenti berpikir. Ketika mereka bangun tidur, pikiran mereka dipenuhi dengan ide, pertanyaan dan wawasan. Tipe ini juga dikenal dengan sebutan ahli logika.

Jungkook BTS jika dilihat dari kepribadiannya ini akan menganalisis apa yang ia temukan. Tak hanya itu, tipe INTP juga akan memunculkan ide-ide kreatif, keinginan yang kuat untuk mempelajari semua yang mereka bisa dan selalu mencari sesuatu yang baru.

Namun, tipe kepribadian ini juga cenderung tidak peka, tersesat dalam pemikiran mereka sendiri, tidak puas dan perfeksionis. 

Soal hubungan asmara, kombinasi sifat yang tidak biasa dari tipe kepribadian INTP-T ini sering kali menjadi kejutan yang menyenangkan bagi pasangan romantis mereka. Bagi orang-orang dengan tipe kepribadian ini, pasangan romantis yang ideal bukan hanya seseorang yang menghabiskan waktu bersama, tetapi seorang yang setara yang dapat menantang ide-ide mereka.

Mereka berharap orang yang mereka cintai tidak hanya membagikan misi tetapi juga secara aktif mendorongnya. Tipe kepribadian ini juga dikatakan sedikit kesulitan untuk bertemu dengan orang-orang yang baru.

 

Terkait persahabatan, orang-orang tipe INTP-T akan sangat menghargai kedalaman intelektual. Tidak semua orang akan memenuhi standar ahli logika untuk calon teman, tetapi ketika seseorang memenuhinya, koneksi dapat langsung muncul.

Teman-teman terbaik untuk tipe ini cenderung berbagi semangat mereka untuk ide-ide baru, teka-teki, dan solusi. Namun bukan berarti orang dengan INTP hanya mencari teman yang sependapat dengan mereka karena mereka tidak keberatan ide-idenya ditantang.

Berpikiran bebas dan eksentrik, ahli Logika mungkin kesulitan menemukan pekerjaan dan jalur karier yang benar-benar cocok untuk mereka. INTP adalah kepribadian yang tidak biasa dengan perspektif unik tentang dunia dan hanya sedikit lingkungan kerja yang dirancang untuk itu.

Biasanya, mereka akan terjun ke bidang pekerjaan seperti peneliti, ilmuwan dan yang berbau teknik serta teknologi. Tipe ini juga mungkin sulit dipahami oleh rekan kerja mereka. Tidak seperti kebanyakan tipe kepribadian, INTP tidak termotivasi oleh keinginan untuk membuat atasan mereka terkesan, diterima oleh rekan kerja, atau mendapatkan jabatan pekerjaan baru yang lebih tinggi.

Demikian penjelasan terkait tipe kepribadianISFP-T dan INFP-T, hasil MBTI Jungkook BTS. Dapat digarisbawahi bahwa Jungkook adalah orang yang introvert dan sangat memahami seseorang.

Baca Juga: Kasus Jungkook BTS Terkait Iklan Terselubung Ditutup Tanpa Investigasi