Kronologi Jae DAY6 Merendahkan Jamie Saat Live Streaming di Twitch

Berbagai Sumber
Jae DAY6 dan Jamie
Penulis: Yasmin Karnita
9/1/2022, 15.08 WIB

ZIGI – Nama Jamie dan Jae DAY6 mendadak memuncaki daftar trending topic di media sosial Twitter pada Minggu, 9 Januari 2022. Hal ini berawal dari ucapan Jae DAY6 seperti merendahkan teman terdekatnya yang juga merupakan seorang penyanyi, Jamie, saat melakukan siaran langsung di Twitch.

Beberapa waktu lalu, Jae DAY6 telah mengumumkan bahwa dirinya telah keluar dari JYP Entertainment dan hanya hiatus dari aktivitas DAY6. Pernyataan tersebut bertolak belakang dengan pihak agensi yang mengatakan Jae sudah tidak lagi menjadi member DAY6.

Terbaru, Jae dikritik habis-habisan oleh fans karena memanggil Jamie dengan sebutan yang kasar. Berikut kronologi selengkapnya.

Baca Juga: Tato di Tangan Jae Day6 Jadi Sorotan Usai Keluar JYP Entertainment

1. Jae DAY6 Rendahkan Jamie

Pada 8 Januari 2022, Jae DAY6 melakukan live streaming di Twitch untuk berinteraksi dengan para penggemar. Dalam pertengahan siaran, idol keturunan Korea-Amerika itu membahas salah satu teman terdekatnya, Jamie.

Sebagai informasi, Jae dan Jamie sangat dekat karena pernah sama-sama bernaung di JYP Entertainment dan sering dipasangkan dalam acara televisi. Dalam live streaming, Jae DAY6 secara gamblang menyebut Jamie sebagai ‘pelacur’ tapi dengan kata slang bahasa Inggris. 

"Oke, karena sekarang aku tidak di (industri) Kpop lagi, aku bisa mengatakan ini. Mengapa Jamie mencoba menjadi thot (orang bodoh atau pelacur)? Itu benar, aku mengatakannya. Katakan kepadanya! Aku mengatakan ini, katakan kepadanya (Jamie),” ujar Jae DAY6 sambil tertawa terbahak-bahak.

 

Thot sendiri merupakan kata slang dalam bahasa Inggris yang memiliki kepanjangan dari that hoe over there. Kata ini memiliki banyak arti yang mengarah ke hal negatif, ditunjukkan kepada perempuan. Seperti perempuan tidak baik, berpura-pura, bahkan perempuan yang tidak benar.

Dari penuturannya, Jae bisa mengatakan hal demikian karena dia sudah tidak lagi berkecimpung di industri Kpop pasca keluar dari JYP Entertainment. Meski statusnya sebagai member DAY6 masih belum jelas. 

2. Jamie Posting Beberapa Cuitan di Twitter

Lantas potongan video Jae mengatakan hal demikian, viral di Twitter pada Minggu, 9 Januari 2022. Tak berselang lama, Jamie memperbarui akun Twitter pribadinya @jiminpark07. Kala itu, Jamie mencuitkan ‘A What?’ yang diduga merujuk ke perkataan Jae terhadapnya.

Lalu Jamie merasa kecewa karena temannya sendiri yang melakukan hal itu. Jamie kemudian mencuitkan masa-masa dirinya selalu menemani Jae dalam kondisi apa pun.

“Ingatlah betapa aku peduli denganmu bahkan sebelum kau berada di agensi terakhirmu (JYP Entertainment) dan seberapa banyak aku menanyakanmu ‘Apakah kau baik-baik saja’. Aku selalu mendoakanmu, pertanyaanmu sama sepertiku. Aku sangat sedih,” tulis Jamie dalam cuitan yang sudah dihapus dari akun Twitter pribadinya.

3. Jamie Kecewa dengan Perkataan Jae yang Merendahkan Wanita

Tak berhenti di situ saja, Jamie kembali mengungkap pemikirannya soal perkataan Jae yang tak hanya merendahkan dirinya tapi juga wanita lain.

 

“Saya benci bahwa kita sebagai wanita harus menjadi sasaran humor pria untuk memuaskan incel (penonton di platform streaming Twitch) di internet,” tandas Jamie.

Perkataan Jae yang merendahkan Jamie tersebut tentu saja membuat penggemar terkejut. Meskipun Jae mengatakan dia hanya bercanda dan memberikan penjelasan bahwa Jamie adalah teman dekatnya, fans menganggap sikap itu sangat tidak pantas.

4. Jae DAY6 Minta Maaf kepada Jamie

Tepat pada Minggu, 9 Januari 2022 pukul 14.21 WIB, Jae DAY6 secara resmi mengunggah permintaan maaf kepada Jamie lewat akun Twitter pribadinya @eaJPark. Jae mengakui kesalahannya.

“Aku ingin meminta maaf kepada Jamie dan semua orang tentang apa yang aku katakan. Itu pasti komentar yang dibuat dengan selera yang buruk dan aku merasa tidak enak karena membuat Jamie merasakan apa yang dia rasakan. Aku awalnya berpikir jika itu adalah olok-olok ramah, tapi nyatanya tidak,” tulis Jae, dikutip oleh Zigi.id.

Kemudian Jae menegaskan bahwa sebutan yang dia lontarkan kepada Jamie tidak merujuk kepada kepribadian asli wanita kelahiran 1997 tersebut. Terakhir, dia menyampaikan permintaan maaf yang tulus.

“Aku sama sekali tidak merujuk pada perilaku fisik atau energi apa pun (mencoba mengambil sedikit dari Jamie) melainkan aura dari apa yang orang sebut sebagai ‘Baddie’ dan menganggap keduanya sebagai sinonim. Namun aku mengerti tidak ada alasan untuk diriku berkomentar. Permintaan maaf yang tulus kepada Jamie serta semua orang yang terluka karena itu,” tutup Jae DAY6. 

Sementara itu, Jae DAY6 dan Jamie memang dikenal berteman dekat sejak lama. Terbaru, Jae melontarkan sebutan kurang pantas kepada Jamie saat melakukan siaran langsung di Twitch dan kini sudah meminta maaf secara publik pada Minggu, 9 Januari 2022.

Baca Juga: Bermasalah, Jae DAY6 Akhirnya Keluar JYP di Tahun Baru 2022