Penjelasan Ending All of Us Are Dead, Season 2 Fokus ke Nam Ra?

Netflix
All of Us Are Dead
Penulis: Yasmin Karnita
2/2/2022, 11.48 WIB

ZIGI – All of Us Are Dead resmi tayang secara eksklusif di Netflix pada 28 Januari 2022. Ending drama zombie ini sengaja dibuat menggantung sehingga para penonton mengharapkan All of Us Are Dead Season 2 digarap.

Drama dengan total 12 episode tersebut sukses mencuri perhatian dunia karena memuncaki daftar tayang di Netflix. Selain karena jalan ceritanya, jajaran pemainnya didominasi oleh aktor dan aktris muda. Seperti Park Ji Hu, Yoon Chan Young, Park Solomon, hingga Cho Yi Hyun. Yuk simak penjelasan ending All of Us Are Dead di bawah ini!

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton All of Us Are Dead Episode 1-12 Sub Indo

Recap Drama All of Us Are Dead

Drama All of Us Are Dead diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Awalnya ada seorang ilmuwan jenius yang pindah ke SMA Hyosan sebagai guru bernama Lee Byeong Chan (Kim Byung Chul). 

Putranya bernama Lee Jin Su (Lee Min Goo) merupakan siswa SMA Hyosan yang merupakan korban bullying. Tak kuasa melihat anaknya diperlakukan demikian, Lee Byeong Chan mulai bereksperimen untuk membuat Lee Jin Su menjadi kuat dan bisa melawan orang lain.

Ternyata, Lee Byeong Chan justru menciptakan virus Jonas. Setelah Lee Jin Su dan istrinya berubah menjadi zombie, Lee Byeong Chan melakukan penelitian dengan menyuntikkan virus itu ke seekor tikus sebagai percobaan.

Di sekolah, salah satu siswa bernama Kim Hyeon Ju (Jung Yi Seo) tak sengaja digigit oleh tikus tersebut dan akhirnya berubah menjadi zombie. Dia menjadi orang pertama yang membuat virus Jonas menyebar ke seluruh SMA Hyosan hingga menyebabkan kota Hyosan lumpuh total.

Dalam episode terakhir, sederet siswa SMA Hyosan yang berhasil kabur dari sekolah harus menerima kenyataan Lee Cheong San (Yoon Chan Young) digigit oleh Yoon Gwi Nam (Yoo In Soo), yang sebelumnya sudah digigit zombie. Anehnya, Yoon Gwi Nam kebal dengan virus Jonas sehingga dirinya tidak sepenuhnya menjadi zombie.

 

Hanya saya, Yoon Gwi Nam harus memakan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Hal inilah yang juga terjadi dengan Min Eun Ji (Oh Hye Soo) serta Choi Nam Ra (Chi Yi Hyun).

Lantas dari jajaran karakter utama, siswa SMA Hyosan yang berhasil selamat hanyalah Nam On Jo (Park Ji Hu), Lee Su Hyeok (Park Solomon), Seo Hyo Ryung (Kim Bo Yoon), Yang Dae Su (Lim Jae Suk), Jang Ha Ri (Ha Seung Ri) serta Park Mi Jin (Lee Eun Saem).

Penjelasan Ending All of Us Are Dead

Kepala Militer Jin Seon Mu (Kim Jong Tae) yang berakhir bunuh diri, memang telah memerintahkan pengeboman di beberapa titik kota Hyosan. Namun ternyata masih ada zombie yang tersisa. Saat para siswa hendak menuju ke fasilitas karantina, mereka harus kehilangan Jang Wu Jin (Son Sang Yeon) yang digigit zombie.

Choi Nam Ra memutuskan untuk berpisah dari teman-temannya demi menahan rasa laparnya terhadap darah manusia. Sesampainya di fasilitas karantina, para siswa yang selamat diinterogasi oleh tentara tapi enggan memberikan keterangan.

Lalu latar waktu dipercepat menjadi empat bulan kemudian. Korea Selatan masih belum bisa mendeteksi virus Jonas sekaligus masa inkubasi yang diperlukan. Darurat militer di kota Hyosan resmi dicabut, namun wabah penyakit belum berakhir. Akhirnya warga Hyosan yang selamat dari virus Jonas diizinkan keluar karantina tapi tidak boleh meninggalkan fasilitas.

Ternyata Oh Nam Jo sering diam-diam kabur dari fasilitas untuk mengunjungi sebuah pohon tempat untuk mengenang siswa lain yang sudah berubah menjadi zombie. Suatu ketika, Nam Jo melihat percikan api muncul dari atap sekolah. Ternyata, itu merupakan ‘sinyal’ dari Choi Nam Ra.

Ketika para siswa bertemu dengan Choi Nam Ra, dia menyebutkan bahwa hidupnya baik-baik saja. Kini, mata Nam Ra sudah tidak lagi cedera. Mengejutkannya, Nam Ra mengaku telah bertemu dengan teman-teman barunya yang sama seperti dirinya.

 

Artinya meski sebagian besar zombie sudah mati akibat bom, masih ada segelintir orang yang kebal dari virus Jonas atau bisa dikatakan setengah zombie dan setengah manusia seperti Choi Nam Ra.

Akankah All of Us Are Dead Season 2 Digarap?

Melihat ending yang menggantung seperti demikian, membuat para penonton mengharapkan All of Us Are Dead Season 2. Ada banyak plot yang bisa dipilih untuk menjadi fokus utama musim selanjutnya.

Termasuk harapan penonton terkait Lee Cheong San. Dalam episode terakhir, tidak diperlihatkan secara detail saat Lee Cheong San berubah menjadi zombie karena dia menjatuhkan diri dengan Yoon Gwi Nam lalu pengeboman terjadi. Banyak yang berspekulasi bahwa Lee Cheong San tidak sepenuhnya berakhir menjadi zombie hingga ada kemungkinan masih hidup.

Selanjutnya, belum diceritakan secara jelas mengenai alasan orang-orang yang kebal terhadap virus Jonas yang tidak berubah menjadi zombie alias mutan. Ada kemungkinan, Choi Nam Ra menjadi pemimpin dari kaum mutan tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat, Netflix belum secara terbuka mengomentari kemungkinan All Of Us Are Dead Season 2. Jadi kita nantikan kabar selanjutnya ya guys!

Sementara itu, serial zombie All of Us Are Dead masih memuncaki daftar tayang Netflix dan viral di berbagai media sosial. Ending All of Us Are Dead yang menggantung membuat penonton mengharapkan adanya All of Us Are Dead Season 2.

Baca Juga: Profil dan Biodata Park Solomon: Agama, Pacar, Akun IG, Karier