Viral, Yoon Chan Young All of Us Are Dead Dituduh Misoginis

Netflix
Yoon Chan Young
Penulis: Yasmin Karnita
3/2/2022, 19.09 WIB

ZIGI – Yoon Chan Young sedang menikmati puncak popularitas berkat perannya sebagai Lee Cheong San di drama All of Us Are Dead. Kini, sang aktor dituduh pernah melakukan tindakan misoginis atau membenci wanita secara berlebihan saat masih SMP. 

Pada Kamis, 3 Februari 2022, sebuah postingan di Twitter dari tahun 2016 kembali muncul ke permukaan berisikan klaim mengenai perilaku Yoon Chan Young tersebut. Seperti apa kronologinya? Berikut artikel selengkapnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Yoon Chan Young: Aktor All of Us Are Dead

Yoon Chan Young Dituduh Pernah Rendahkan Wanita

Kilas balik ke 2016, pemilik akun Twitter dengan username @ensowflahe pernah membuat sebuah utas tentang pengalamannya mendapat perilaku kurang mengenakkan dari Yoon Chan Young. 

Kala itu, sang penulis cuitan bercerita bahwa dia pernah menemukan sebuah kertas berisikan daftar siswa perempuan di kelas yang diurutkan berdasarkan standar siswa laki-laki. Ini merujuk pada tindakan misoginis, saat pria merendahkan atau membenci wanita secara berlebihan. 

“Di kertas itu adalah peringkat siswa perempuan kelas kami berdasarkan standar mereka sendiri. Guru perempuan kami juga diberi peringkat. Aku adalah nomor satu di 3 wajah teratas dan aku tidak mengingatnya dengan baik tetapi para gadis diberi peringkat menurut berbagai standar,” tulisnya, dikutip dari Koreaboo pada Kamis, 3 Februari 2022.

Bahkan, nama sang guru mereka sendiri masuk dalam daftar tersebut. Sedangkan sang penulis cuitan menduduki peringkat pertama. Secara gamblang, dia menyebutkan nama-nama pelaku yang menulis daftar itu termasuk aktor cilik Yoon Chan Young.

“Guru kami memberi tahu semua siswa kecuali mereka yang menulis daftar di kertas tersebut untuk pulang. Dia mengatakan kepada para pelaku untuk keluar dan menyuruh mereka menghadap ke tembok setelah beberapa menit. Pelakunya adalah Park Ju Hyung, Im Se Hyun dan Hong Ji Pyo. Ya benar, aktor cilik Yoon Chan Young,” tulis pemilik akun Twitter @ensowflahe.

 

Tuduhan itu diposting pada akhir September 2016, ketika Yoon Chan Young berada di tahun terakhir sekolah menengah. Namun, sang penulis cuitan mengklaim ini terjadi pada tahun sebelumnya yakni 2015. 

Per Kamis, 3 Februari 2022, utas yang dibuat pemilik akun Twitter @ensowflahe masih bisa diakses. Kini, cuitan tersebut dibanjiri oleh komentar-komentar netizen yang kaget sekaligus tidak percaya dengan perilaku Yoon Chan Young di masa lalu.

Korban Sempat Mendapat Chat Permintaan Maaf

Dilansir dari Koreaboo, sang penulis cuitan itu pernah mengunggah tangkapan layar berisikan permintaan maaf. Namun dia tidak mengetahui siapa pengirimnya. Berdasarkan isi chat, tampaknya pesan itu berasal dari salah satu pelaku yang membuat daftar bersangkutan. 

"Sepertinya kamu tidak akan memeriksa KakaoTalk jadi aku memberitahumu melalui chat. Aku benar-benar minta maaf. Aku tidak melakukannya karena aku tidak menyukaimu, tapi aku hanya bercanda dengan anak-anak dan kami mungkin telah melewati batas,” tulis pesan yang tertera dalam chat. 

Kemudian, sang pelaku mengaku sebagai ‘ketua’ yang tampaknya mengindikasikan dari suatu kelompok pertemanan. Dalam pesannya, dia tulus meminta maaf.

“Sebagai ketua, aku sangat menyesal tidak menghentikan mereka dan bahkan melakukannya, Aku minta maaf tentang itu. Aku tidak akan melakukannya lain kali,” tutupnya.

Utas di Twitter itu kini menjadi bahan perbincangan di komunitas online. Salah seorang netizen mengaku sebagai alumni sekolah yang sama dengan Yoon Chan Young, membenarkan tuduhan-tuduhan itu.

Namun hingga artikel ini ditulis, pihak Yoon Chan Young belum memberikan klarifikasi terkait perilaku misoginis yang dituduhkan ke aktor kelahiran 2001 tersebut. Sementara itu, Yoon Chan Young tengah viral karena drama All of Us Are Dead yang dibintanginya meledak di pasaran.

Baca Juga: Penjelasan Ending All of Us Are Dead, Season 2 Fokus ke Nam Ra?