Penjelasan Ending Twenty Five Twenty One, Hee Do dan Yi Jin Pisah

tvN
Na Hee Do dan Baek Yi Jin
Penulis: Yasmin Karnita
4/4/2022, 12.13 WIB

ZIGI – Penjelasan ending Twenty Five Twenty One menarik untuk dikulik. Penayangan episode 16 pada Minggu, 3 April 2022 sukses membuat penonton terpecah belah dengan akhir cerita Na Hee Do (Kim Tae Ri) dan Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk).

Hingga episode terakhir, penulis skenario tidak mengungkap sosok asli dari suami Na Hee Do yang memiliki marga Kim. Namun, kisah cinta Hee Do dan Baek Yi Jin yang kandas menjadi kenangan terindah untuk mereka di masa sekarang. Yuk simak penjelasan ending Twenty Five Twenty One di bawah ini!

Baca Juga: Nonton Twenty Five Twenty One Episode 16 Sub Indo, Siapa Suami Hee Do?

Rating Tertinggi Drama Twenty Five Twenty One di Episode 16

Setelah hampir dua bulan menemani penonton sejak Februari 2022, drama Twenty Five Twenty One akhirnya rampung di episode 16 yang tayang Minggu, 3 April 2022.

Berdasarkan data dari lembaga Nielsen Korea, drama Twenty Five Twenty One episode 16 meraih rating tertinggi sepanjang penayangan drama di angka 11,5 persen secara nasional. Daebak!

Na Hee Do dan Baek Yi Jin Tidak Berakhir Bersama

Sesuai dengan judul drama, momen Na Hee Do berusia 21 tahun dan Baek Yi Jin menginjak 25 tahun di ceritakan dalam episode 16. Ternyata, umur tersebut menjadi waktu di mana keduanya memutuskan untuk berpisah.

Baek Yi Jin hampir enam bulan menetap di New York dan akhirnya dipindah tugaskan ke sana. Na Hee Do tak kuasa menahan rindu, dan seringkali merasa sedih karena hanya bisa melihat Baek Yi Jin dari layar kaca.

Keduanya beberapa kali terlibat pertengkaran hebat sampai akhirnya mengucapkan selamat tinggal. Alasan keduanya putus sejalan dengan pernyataan sang sutradara drama Twenty Five Twenty One yang ingin memberitahu penonton bahwa tidak semua percintaan berakhir seperti yang diinginkan.

 

Apalagi, Na Hee Do dan Baek Yi Jin yang sudah saling kenal sejak lama, hanya bisa menjadikan momen kebersamaan mereka sebagai kenangan. Ada kalanya apa yang sangat diharapkan tidak bisa diwujudkan karena akan saling menyakiti,. Dan jalan satu-satunya adalah melepaskan, yang juga merupakan bagian dari kebahagiaan.

Baik atau buruknya itu, akan tetap menjadi kenangan indah dari setiap perjalanan. Ini termasuk proses pendewasaan dan arti hidup sebenarnya.

Penjelasan Ending Drama Twenty Five Twenty One

Drama Twenty Five Twenty One episode 16 mempercepat alur menjadi tahun 2009 di saat semuanya sudah dewasa. Ko Yu Rim (Bona WJSN) pensiun sebagai atlet anggar. Dia akhirnya membuka sebuah klub anggar yang lokasinya strategis yaitu dekat dengan sekolah internasional.

Karena hal ini, Ko Yu Rim berhasil mengeluarkan keluarganya dari garis kemiskinan. Dia cukup mapan karena memiliki banyak murid, bahkan kelas anggar di klubnya selalu ramai.

Setelah 10 tahun, Ko Yu Rim masih pacaran dengan Moon Ji Woong (Choi Hyun Wook). Keduanya sudah punya rencana untuk menikah.

Kini, Moon Ji Woong menjadi CEO sebuah brand fashion. Ini berawal dari kesukaannya berfoto OOTD (outfit of the day) dan diunggah ke sebuah website. Ternyata, hal itu dijadikannya sebagai bisnis. Di akhir episode 16, Ji Woong resmi melamar Ko Yu Rim.

Sedangkan Ji Seung Wan (Lee Joo Myung) berprofesi sebagai PD (sutradara) variety show di stasiun televisi LBS. Para penonton dibuat terkejut dengan kematian ayahnya di episode 16. Pasalnya selama ini, sosok ayah Ji Seung Wan tidak pernah dimunculkan hingga banyak yang mengira bahwa ibunya adalah single parent. Alasan ayah Ji Seung Wan meninggal karena sakit. 

Ji Seung Wan dipertemukan dengan adik Baek Yi Jin yang sudah berusia 26 tahun, Baek Yi Hyun (Kang Hoon). Keduanya akan semakin dekat karena Yi Hyun sudah lama naksir Ji Seung Wan.

 

Di 2009, Baek Yi Jin kembali dari New York ke Korea Selatan. Ibu Na Hee Do, Shin Jae Kyung (Seo Jae Hee) memutuskan untuk pensiun. Dia merekomendasikan Yi Jin untuk menggantikan posisinya sebagai pembawa berita UBS. Keluarga Baek Yi Jin kembali bersama setelah 11 tahun. Bahkan Yi Jin mampu membelikan mereka sebuah rumah. 

Saat menghadiri pemakaman ayah Ji Seung Wan, Na Hee Do sudah menikah. Tak lama setelah itu, dia memutuskan untuk pensiun jadi atlet anggar setelah memenangkan medali emas di San Fransisco. Berbeda dengan Ko Yu Rim yang tetap berkecimpung di dunia anggar, Na Hee Do menekuni kerajinan kayu. 

Terungkap bahwa diary Na Hee Do yang hilang, ditemukan oleh Baek Yi Jin. Kala itu, orang yang menemukannya mengirimkanya ke Yi Jin karena dalam diary tersebut, terdapat KTP Yi Jin yang ditempel oleh Na Hee Do. Sebelum pergi ke New York, Yi Jin sempat menitipkan buku diary itu ke penjaga toko komik tempat dulu dia bekerja.

Setelah hampir 7 tahun, sang penjaga toko komik itu lupa memberikannya ke Na Hee Do. Dia mengembalikannya lewat Kim Min Chae (Choi Myung Bin). Di lain sisi, identitas ayah Kim Min Chae sekaligus suami Na Hee Do tidak pernah diungkap. 

Merasa terinspirasi usai membaca buku diary Na Hee Do, Kim Min Chae memutuskan untuk kembali menekuni balet. Na Hee Do dewasa (Kim So Hyun) mengungkapkan penyesalannya karena melepaskan cinta terdahulu. Tapi, kenangan itu masih membekas di dirinya sampai sekarang. Usai berkunjung ke terowongan, dia hanya tersenyum sambil mengingat masa lalu. 

Sementara di post-credit scene, seorang pria tampak kesulitan membuka komputernya karena kerap salah memasukkan kata sandi. Dilihat dari email yang digunakan, pria tersebut tampaknya adalah Baek Yi Jin dewasa yang wajahnya tidak diperlihatkan. 

Kala itu, Baek Yi Jin diminta untuk log in ke akun penyiaran lamanya. Saat ingin mengubah kata sandi setelah 15 tahun, dia menjawab pertanyaan keamanan berbunyi, 'Siapa cinta pertamamu?'. Dia menulis, 'Na Hee Do'.

Ternyata situs yang dibuka Baek Yi Jin dewasa itu adalah Barro, yang pernah diceritakan di drama Search: WWW (2019). Kebetulan, drama Search: WWW juga disutradari oleh Jung Ji Hyun, yang menggarap Twenty Five Twenty One.

Itulah penjelasan ending Twenty Five Twenty One. Meski tidak happy ending untuk Na Hee Do (Kim Tae Ri) dan Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk), drama ini menyajikan cerita realistis dari pertumbuhan para karakter dari remaja hingga dewasa, secara pribadi, persahabatan, maupun percintaan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Nam Joo Hyuk: Agama, Pacar, Karier, Agensi, Akun IG