Laporan Keuangan YG untuk Kuartal Pertama 2022, Laba Turun Drastis

Berbagai sumber
Blackpink dan iKON
12/5/2022, 16.26 WIB

ZIGI – YG Entertainment merilis laporan keuangan yang berisi laba operasi dan penjualan untuk kuartal pertama tahun 2022. Netizen menyadari bahwa agensi digawangi Yang Hyun Suk tersebut   mengalami penurunan drastis akibat kurangnya mempromosikan para artis asuhan mereka. 

Agensi yang menaungi Blackpink tersebut dianggap salah startegi saat membiarkan para idol hiatus dalam jangka waktu lama. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 7 Potret Yeri Red Velvet Dituding Tiru Jennie Blackpink

YG Entertainment Ungkap Laba Perusahaan di Kuartal Pertama 2022

YG Entertainment baru saja merilis laporan laba perusahaan pada Rabu, 11 Mei 2022. Laporan ini hanya mencakup seluruh pendapatan pada kuartal pertama tahun 2022 untuk penjualan produk hingga keuntungan operasi.

Melansir dari Allkpopp pada Kamis, 12 Mei 2022, agensi yang menaungi Blackpink ini mendapatkan laba operasi hingga Rp69,2 miliar. Angka ini menunjukan penurunan sebanyak 36 persen dari kuartal pertama tahun 2021.

Selanjutnya untuk keuntungan penjualan mencapai angka Rp857, 3 miliar. Sama seperti di atas, jumlah tersebut juga mengalami penurunan sebesar 22,2 persen dari kuartal pertama 2022.

Terakhir, pendapatan bersih agensi untuk paruh pertama 2022 sampai diangka Rp65,9 miliar. Secara keseluruhan, YG mengalami penurunan cukup banyak di tahun 2022.

Analisis laporan menyebutkan TREASURE menyumbang presentase laba terbesar dengan comeback JIKJIN - TREASURE pada 15 Februari 2022. Hanya di hari pertama, total penjualan capai 120 ribu album.

Namun yang jadi masalah, YG Entertainment kurang memberikan promosi yang cukup untuk artis lain. iKON, misalnya, comeback dengan lagu But You pada 11 April 2022.

 

Akan tetapi grup ini dipandang tidak mendapat dukungan promosi. Padahal Bobby iKON sudah rela menghentikan promosi album solo untuk merilis lagu baru. Saat ini, dilaporkan iKON akan habis kontrak pada tahun 2022.

Banyak Artis YG Entertainment yang Hiatus

Laporan di atas ditanggapi sarkas oleh penggemar. Pasalnya banyak artis YG yang melawati hiatus panjang. TREASURE tidak memiliki kegiatan grup selama satu tahun, lalu Blackpink juga tidak merilis album selama 2 tahun.

BIGBANG, yang sudah lama ditunggu, juga tidak beraktivitas sebagai grup selama 4 tahun. Lagu Still Life yang rilis pada 5 April 2022 memuncukan tangga lagu, tapi Daesung, T.O.P. G-Dragon, dan Taeyang memilih untuk tidak melalkukan promosi.

Salah satu netizen menanggapi hasil laporan dengan mengkritik YG, “Terkadang aku penasaran apakah YG benar-benar membutuhkan uang? Mereka jarang memberikan comeback dan promosi kepada para artis. Ada apa dengan agensi satu ini?,”.

Blackpink Diharapkan Angkat Laba YG Entertainment

Netizen berpendapat hanya Blackpink yang bisa melakukan hiatus selama 2 tahun dan tetap populer dan menghasilkan banyak uang. Jisoo, Rose, Lisa, dan Jennie diperkirakan akan kembali mengeluarkan lagu baru pada Juni atau Juli 2022.

Comeback Blackpink diharapkan dapat menaikkan kembali laba YG Entertainment yang sempat turun drastis. Apalagi viewers MV Blackpink tidak sedikit yang mencapai angka 1 miliar penonton. Bagaimana menurut tentang laporan keuangan YG Entertainment di atas?

Baca juga: YG Entertainment Dikabarkan Menjual Demo Lagu Pre-Debut Blackpink