Garudaku Jadi Platform Esport PBESI untuk PON XX Papua 2021

Garudaku.com
Esports Garudaku
Penulis: Hadi Mulyono
20/8/2021, 15.17 WIB

ZIGI – Di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kali ini, sejarah baru tercipta di mana esport untuk pertama kalinya akan dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga ekshibisi. Pertandingannya akan segera berlangsung mulai tanggal 22 hingga 26 September 2021 mendatang.

Sebanyak tiga jenis permainan esport yang diperlombakan di PON XX Papua 2021 ini antara lain Mobile Legends, eFootball PES 2021, dan Free Fire. Untuk mendukung kesuksesan cabang olahraga baru tersebut, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi memperkenalkan platform esports yang diberi nama Garudaku.

Lantas, seperti apa detail cabang olahraga esport di PON XX Papua 2021 yang tidak lama lagi akan berlangsung? Yuk, simak detail penjelasannya di bawah ini.

Platform Garudaku

Platform esports Garudaku yang diperkenalkan oleh PBESI merupakan karya anak bangsa dan menjadi satu-satunya platform esports yang ada di Indonesia. Platform Garudaku tersebut nantinya akan digunakan sebagai media pendaftaran calon peserta Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021.

Garudaku juga diharapkan bisa mendukung seluruh stakeholder esports di Indonesia dengan adanya fitur-fitur menarik seperti wadah komunitas, berita esports (news), turnamen, bahkan sampai informasi lowongan pekerjaan.

Diharapkan pula melalui Garudaku, pengurus cabor esports dan komunitas-komunitasnya yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia bisa berkoordinasi dengan baik. Gagasan dibuatnya platform Garudaku ini sebenarnya sudah disusun sejak lama namun baru bisa difinalisasi tahun 2021 ini dengan tujuan untuk mengembangkan olahraga esports di Indonesia.

Nah, dalam rangka mendukung jalannya Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021, platform Garudaku telah dilengkapi fitur-fitur pendukung lainnya. Di sana disediakan tabel jadwal dan hasil pertandingan, grup, dan informasi lainnya seputar Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021. 

Kualifikasi Esports PON XX Papua 2021

Saat ini, untuk mencari atlet-atlet esports terbaik di Tanah Air, PBESI melalui platform Garudaku akan mengadakan kualifikasi dengan target peserta dari 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. 

Pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 18 Agustus 2021 kemarin namun slot terbatas untuk tiap provinsi. Jika sudah mendaftar, maka kamu harus mengikuti kualifikasi tiap provinsi yang akan berlangsung selama 11 hari, mulai tanggal 25 Agustus-5 September 2021.

Setelah menyelesaikan tahap kualifikasi, peserta yang lolos akan melanjutkan ke tahap Pra PON yang akan berlangsung pada tanggal 7-14 September 2021. Kemudian, tiap tim dan peserta yang terpilih akan diterbangkan ke Papua untuk ikut di acara puncak Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 pada 22-26 September 2021. 

Dari puluhan provinsi yang berpartisipasi, nantinya akan dikerucutkan menjadi 5 tim Mobile Legends, 11 tim Free Fire, dan 5 orang pemain PES. Oleh sebab itu, segera daftarkan diri kamu dan tunjukkan kemampuanmu di bidang esports lewat ajang PON XX Papua 2021.

Syarat Pendaftaran Kualifikasi Esports PON XX Papua 2021

Nah, buat kamu yang ingin berpartisipasi di ajang Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021, segera daftarkan diri kamu terlebih dahulu melalui platform Garudaku.com. Caranya gunakan nomor telepon untuk proses verifikasi, kemudian mengisi data diri untuk membuat akun baru.

Adapun syarat pendaftaran kualifikasi Esports PON XX Papua 2021 adalah sebagai berikut.

  1. Terbuka untuk umum dan bekewarganegaraan Indonesia usia minimal 13 tahun.
  2. Memiliki bukti domisili sesuai dengan kualifikasi provinsi yang diikuti (KTP/KK/Kartu Pelajar/KIA dan sebagainya).
  3. Setiap anggota tim esports (Free Fire dan Mobile Legends) wajib memiliki domisili provinsi yang sama.
  4. Setuju untuk mengikuti aturan PON yang sudah disediakan.

Itulah sejumlah informasi tentang esports yang bakal dilombakan di ajang PON XX Papua 2021. Buat kamu yang merasa bunya bakat di cabor ini, segera daftarkan diri kamu.