Perusahaan Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Apa itu Metaverse?

Facebook/Meta
Facebook ganti nama jadi Meta
29/10/2021, 11.58 WIB

ZIGI – Perusahaan Facebook ganti nama menjadi Meta, menunjukan perubahan visi yang akan fokus pada pengembangan internet versi terbaru. Sedari awal Mark Zuckerberg sudah mengatakan bahwa metaverse akan jadi masa depan bagi umat manusia.

Rebranding ini terjadi setelah Facebook menghadapi krisis kebocoran data. Lantas, apa itu metaverse? Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel ini!

Perusahaan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

CEO Facebook, Mark Zuckerberg memberikan pidato singkat tentang masa depan media sosial dan rencana perusahaan untuk fokus pda pengembangan Metaverse. Sedari awal Mark memang mengatakan bahwa metaverse adalah masa depan umat manusia.

Dalam presentasi di konferensi tahunan perusahaan Connect pada Kamis 28 Oktober 2021, Mark mengumumkan perusahaan akan melakukan rebranding nama menjadi Meta. Ia juga mememberikan rincian langkah yang akan dilakukan perusahaan untuk membangi internet versi paling baru.

"Kami percaya metaverse akan jadi penerus dari internet selular, kita semua akan bisa merasakannya- seakan kita tidak terpisah jarak dengan banyak orang tidak peduli sejauh mana sebenarnya kita semua," kata Mark Zuckerberg seperti dikutip dari The Guardian pada Jumat, 29 Oktober 2021.

Perubahan nama Facebook menjadi Meta hanya berlaku untuk perusahaan induk saja. Beberapa paltform di bawah Meta seperti, Facebook, Instagram, dan Whatsapp akan tetap menggunakan nama yang sama. Aplikasi tersebut akan ditempakan di divisi yang berbeda karena Meta sedang mengembangkan Facebook Reality Labs. Divisi tersebut fokus pada pembuatan augmented dan virtual reality.

Facebook Ganti Nama Setelah Kebocoran Data

Pergantian nama perusahaan terkuat dan paling terkenal ini terjadi saat Facebook menghadapi krisis kebocoran data. Dilansir dari USA Today pada Jumat, 29 Oktober 2021, mantan manajer bagian produk, Frances Haugen membocorkan beberapa dokumen dan menyerahkannya kepada Kongres.

Potongan data tersebut menunjukan bahwa perusahaan Facebook tersebut lebih memprioritaskan keuntungan dibanding kesejahteraan masyarakat. Namun Mark menampik bahwa rebranding tersebut berhubungan dengan kasus kebocoran tersebut.

"Meskipun saya pikir beberapa orang mungkin ingin membuat seaka-akan semuanya berhubungan, tapi saya pikir itu adalah hal konyol," tegas Mark seperti ditulis USA Today.

Mengenal Apa Itu Metaverse?

Kata metaverse pertama kali disebut dalam novel Neal Stephenson berjudul Snow Crash yang terbit pada 1992. Saat ini konsep metaverse adalah internet dalam teknologi yang jauh lebih canggih.

Dalam dunia metaverse, tidak ada batas antara dunia fisik dengan dunia digital. Salah satu cara menghilangkan batas tersebut adalah dengan pengembangan augmented dan virtual reality. Dalam teknologi yang jauh lebih modern, kita akan bisa berinteraksi dalam bentuk avatar digital. Di mana saja, dan kapan saja.

Salah satu contoh metaverse adalah permainan Pokemon yang terkenal beberapa tahun belakangan. Konsep game tersebut juga menggunakan augmented reality. Facebook (Meta) memiliki metaverse berjalan bernama Horizon Workrooms.

Nick Cleeg wakil presiden Facebook, divisi urusan global, sudah mencoba mengadakan rapat dengan teknologi metaverse. Ia tidak hadir langsung dalam pertemuan, tapi sosok Nick diproyeksikan dengan teknologi khusus yang membuat seakan-akan dia hadir dalam rapat.

Banyak pihak yang merasa bahwa ide Mark Zuckerberg untuk Facebook ganti nama menjadi Meta cukup ambisius. Beberapa mempertanyakan apakah ide tersebut akan terealisasi. Sedangkan Nick Clegg menyatakan butuh 10 tahun bagi metaverse untuk bisa diterapkan.