Fitur Instagram Subscriptions Bisa Bikin Kreator Makin Cuan

Berbagai Sumber
Instagram
10/11/2021, 17.24 WIB

ZIGI – Instagram berencana akan mengeluarkan fitur subscriptions yang nantinya bisa membantu kreator menghasilkan uang. Saat ini konten kreator harus secara manual mendapatkan uang lewat endorsement, di kemudian hari perusahaan Meta (sebelumnya bernama Facebook) akan memberikan kemudahan dengan fitur baru Instagram.

Sedangkan saat ini, Instagram menyediakan dua akun yakni akun bisnis dan akun kreator. Akun kreator sendiri digunakan oleh selebram, influencer atau publik figur.

Jika kamu termasuk salah satunya, pasti sudah tidak sabar dengan kehadiran fitur ini, bukan? Seperti apa sih fitur yang akan membantu kreator memonetisasi akun Instagram? Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Biaya Berlangganan Instagaram Subscriptions

Aplikasi Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak diakses oleh penduduk dunia termasuk Indonesia. Menurut statista.com, jumlah pengguna Indonesia hingga Juli 2021 sebanyak 91,77 juta pengguna. Rentang usia yang aktif menggunakan aplikasi tersebut adalah 18-24 tahun dengan jumlah 36,4%.

Pihak Instagram berusaha mengembangkan fitur-fitur yang akan mempermudah pengguna, salah satunya adalah aplikasi yang akan mendukung kreator. Fitur ini nantinya bekerja dengan cara berlangganan (subscribe) seperti halnya YouTube dan dikenal dengan Instagram Subscriptions. Namun, untuk bisa berlangganan akun kreator tersebut harus berbayar.

Perusahaan riset aplikasi mobile yakni Sensor Tower dan Apptopia baru saja melaporkan, fitur berlangganan tersebut muncul di aplikasi Instagram berbasis iOS. Adapun biaya berlangganan dengan fitur tersebut berkisar USD 0,99 - USD 4.99 (Rp 14 ribu - Rp 71 ribu) per bulan.

Pembelian aplikasi berlangganan Instagram pertama ditambahkan di daftar App Store Instagram Amerika pada 1 November 2021 untuk harga Rp 14 ribu sedangkan harga Rp 71 ribu baru ditambahkan pada tanggal 3 November 2021.

Fitur Instagram Subscriptions

Selama ini, kreator bisa mendapatkan uang apabila sudah memiliki sejumlah followers dan usaha yang dilakukan seperti promosi, endorsement dan yang lainnya. Kini, Instagram telah mempersiapkan fitur yang akan mempermudah kreator mendapatkan uang secara otomatis.

Tentu saja, uang yang dihasilkan tersebut berdasarkan banyak sedikitnya followers yang berlangganan kepada kreator. Langkah ini memungkinkan seorang influencer dapat membagikan foto maupun video dengan menjual ke materi eksklusif.

Sayangnya, perusahaan belum memberikan klarifikasi waktu perilisan fitur Instagram Subcriptions. Fitur ini mirip dengan Twitter Blue dimana pelanggan bisa mendapat akses tweet eksklusif. Harga yang ditetapkan untuk berlangganan di Twitter cukup beranekaragam di antaranya Rp 43 ribu hingga Rp 142 ribu per bulan. 

Instagram Subscriptions bekerja seperti fan club. Nantinya akan ada tombol subscribe di profil akun kreator. Fans berlangganan bisa mendapat akses konten eksklusif seperti stories dan live video. Badge spesial akan muncul di samping username pelanggan yang menjadikan prioritas ketika mengirim DM dan komentar.

Ke depannya, konten kreator dapat menentukan sendiri biaya berlangganan. Mereka bisa memantau perkiraan pendapatan, member aktif, hingga kadaluarsa akun membership. Fitur Instagram Subscriptions akan meningkatkan interaksi kreator dengan penggemar.