Diprotes Adele, Spotify Matikan Fitur Shuffle Album

Instagram/@adele
Adele
22/11/2021, 17.48 WIB

ZIGI – Adele meminta platform musik Spotify menonaktifkan fitur shuffle (acak). Hal itu berkaitan dengan perilisan album terbaru Adele yang bertajuk 30 yang dirilis pada Jumat, 19 November 2021.

Pasalnya, pelantun lagu Easy On Me tersebut ingin penggemarnya mendengarkan lagu di album 30 secara berurutan. Permintaan Adele ini langsung disambut baik oleh pihak Spotify. Penasaran? Yuk simak artikelnya sampai habis!

Baca Juga: 4 Fakta dan Lirik Lagu Easy On Me - Adele dan Terjemahan Indonesia

Adele Minta Spotify Nonaktifkan Fitur Shuffle

Adele mengajukan permintaan khusus pada Spotify untuk menghapus tombol shuffle atau acak dari semua halaman albumnya. Hal itu berarti bahwa pengguna Spotify akan mendengarkan lagu Adele di album 30 secara berurutan sesuai yang telah dipersiapkan penyanyi 33 tahun tersebut.

Menurut Adele, daftar lagu di setiap album musik sudah disusun dengan banyak pertimbangan oleh para musisi. Lagu-lagu tersebut dirangkai menjadi sebuah kisah dan jika menggunakan fitur shuffle, maka ceritanya akan berantakan.

Ini adalah satu-satunya permintaan yang aku miliki di industri kami yang terus berubah. Kami membuat album dengan sangat hati-hati dan memikirkan daftar lagu kami tanpa alasan. Seni kita menceritakan sebuah cerita dan cerita kita harus didengarkan seperti yang kita inginkan,” tulis Adele dikutip Zigi.id dari Twitter @adele yang diunggah pada Minggu, 21 November 2021.

Spotify Tanggapi Permintaan Adele

Permintaan Adele ditanggapi positif oleh pihak Spotify. Lewat akun Twitter resmi, mereka mengatakan bahwa keinginan Adele untuk menonaktifkan tombol shuffle sudah diterima.

Apapun untukmu,” tulis akun resmi Spotify.

Keinginan tersebut kini disetujui dan bukan hanya berlaku untuk album Adele saja. Spotify kini menonaktifkan fitur shuffle untuk album musik musisi lain. Juru bicara Spotify mengatakan bahwa pengguna masih dapat memilih untuk mengacak album, tetapi sistem akan secara default memutar trek dalam urutan yang dipilih oleh artis.

Pihak Spotify juga bersemangat untuk memperbaharui fitur ini. Pasalnya, pengguna dan musisi lain telah sering meminta untuk menonaktifkan fitur shuffle ini.

“Seperti biasa, kami akan terus mengulangi produk dan fitur kami untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi artis dan penggemar mereka,” bunyi pernyataan Spotify dikutip dari BBC.

Di akhir cuitan, Adele juga mengucapkan terima kasih pada Spotify karena telah memenuhi permintaannya. Diketahui bahwa album 30 milik Adele sudah tersedia di Spotify sejak Jumat, 19 November 2021. Bahkan, lagu Easy On Me yang juga masuk dalam album tersebut berada di urutan pertama Top 50 Global Spotify.

Baca Juga: MBC Bantah Adele akan Tampil di Music Core