7 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Pixabay/SharonMcCutcheon
Bruntusan Pada Wajah
3/1/2022, 08.00 WIB

ZIGI – Bruntusan menjadi salah satu masalah kulit yang membuat kebanyakan orang menjadi tidak percaya diri. Kian terasa menganggu ketika bruntusan itu berpotensi mengalami iritasi dan menimbulkan sensasi gatal dan perih saat berkeringat.

Perlu diketahui, bruntusan terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar wajah. Selain itu, jerawat kecil ini juga bisa terjadi akibat kedinginan atau iritasi kulit. Untuk itu perlu dilakukan perawatan khusus. Seperti apa perawatan yang cocok untuk kulit wajah yang bruntusan? Simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 5 Penyebab Terjadinya Bruntusan di Wajah Menurut dr. Richard Lee

1. Gunakan Es batu untuk Mengurangi Rasa Gatal Akibat Bruntusan

Menghilangkan bruntusan di wajah bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan.

Cara ini juga umumnya digunakan untuk mengempeskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Karena masalah wajah bruntusan tidak separah jerawat, penggunaan es batu dirasa ampuh untuk menyembuhkannya dalam semalam. Bagaimana caranya?

  • Bungkus es batu dengan kain tipis atau gunakan kompres dingin
  • Tempelkan pada bruntusan selama satu menit.
  • Lakukan cara ini sebanyak 1 - 2 kali sehari setelah membersihkan kulit wajah.

2. Masker Madu dan Kayu Manis

Madu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain digunakan sebagai bahan pemanis alami, ternyata madu merupakan salah satu cara menghilangkan bruntusan yang bisa dicoba.

 

Madu sering digunakan untuk menuntaskan jerawat dan menghilangkan kulit wajah yang kusam. Salah satu jenis madu yang sering digunakan untuk obat alami jerawat adalah madu manuka. Untuk menghilangkan bruntusan, kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat masker madu:

  • Campurkan madu (disarankan madu mentah) dengan kayu manis.
  • Hangatkan campuran madu dan kayu manis di dalam microwave atau alat pemanas lainnya.
  •  Lalu aplikasikan ke kulit wajah sebagai masker.
  • Diamkan selama kurang lebih 8 - 10 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air dan tepuk-tepuk hingga kering.

Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap madu atau kayu manis agar tidak terjadi reaksi alergi saat menggunakan masker ini.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang memiliki seribu manfaat ini?

Kandungan gel bening yang ada di dalam lidah buaya telah diteliti dan menunjukkan hasil bahwa gel lidah buaya mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat. Bahkan, gel lidah buaya banyak digunakan pada produk sabun, pelembab wajah, lotion dan salep.

Lidah buaya mampu mengobati lecet, ruam, kulit yang terbakar akibat sinar matahari dan melawan peradangan. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah biaya pada wajah secara rutin. Kamu juga bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai sleeping mask untuk menghilangkan bruntusan.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan minyak zaitun ke area yang bruntusan.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan produk perawatan kulit lainnya. Diamkan sejenak kurang lebih 15 detik dan bilas sampai bersih menggunakan air. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

5. Tomat

Buah-buahan yang sering dijadikan jus ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi tomat bisa mengatasi mengatasi masalah mata minus.

Tidak hanya itu, ternyata tomat juga ampuh untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah. Maka tidak heran jika banyak yang menggunakan tomat untuk mengatasi masalah bruntusan maupun jerawat di wajah.

Caranya juga sangat mudah, pertama haluskan tomat dengan cara diblender lalu jadikan masker wajah. Biarkan hingga mengering lalu bilas wajahmu dengan air bersih.

6. Lemon dan Putih Telur

Meskipun rasanya yang sangat asam ketika dimakan, lemon ternyata memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Caranya dengan mencampurkannya dengan telur putih terlebih dahulu lalu oleskan secara merata pada wajah. Biarkan hingga mengering kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

7. Teh Hijau

Selama ini banyak orang yang mengonsumsi teh hijau untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Namun ternyata manfaat teh hijau tidak sebatas hanya itu saja.

Teh hijau juga ampuh menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Kandungan anti-oksidan dalam teh hijau dapat menyembuhkan kulit wajah yang bermasalah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang cepat hilangkan bruntusan di wajah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Bahan Alami Hilangkan Flek Wajah Menurut dr. Richard Lee