Perusahaan Jepang Kembangkan Mesin Cuci untuk 'Membersihkan' Manusia

Wikimedia Commons/ Nik MacMillan nikarthur,
Ilustrasi mesin cuci manusia
30/10/2022, 16.30 WIB

ZIGI – Mesin cuci kemungkinan tidak hanya akan berkembang untuk pakaian saja tapi juga manusia. Mesin cuci manusia ini bertujuan untuk memberikan kenyaman penuh saat mandi dibantu Artificial Intelligence alias kepintaran buatan, untuk para konsumen yang membeli produk satu ini. 

Perusahaan teknologi Jepang yang membuat inovasi unik ini akan memulai penjualan pada tahun 2025 nanti. Simak inovasi lengkap dari para ilmuwan Jepang in di bawah ini. 

Baca juga: 3 Fakta Tas Balenciaga Berbentuk Bungkus Lay's, Dijual Rp27 Juta

Ilmuwan Jepang Kembangkan Mesin Cuci Untuk Membersihkan Manusia

Perusahaan teknologi Jepang yang fokus pada inovasi kamar mandi dan dapur bernama Science tengah mengembangkan mesin cuci manusia. Ide dasarnya adalah memberikan kenyamanan penuh untuk konsumen ketika mandi. Konsumen bisa merasakan momen tenang saat membilas tubuh, sembari diputarkan video santai pilihan Artificial Intelligence atau AI. 

Melansir dari Dailymail pada Minggu, 30 Oktober 2022, mesin cuci ini akan menyemburkan air berkecepatan tinggi yang mengandung gelembung udara halus. Gelembung tersebut dipercaya dapat menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit.

Dari foto demo yang dibagikan, mesin tersebut akan berbentuk seperti bathub dengan penutup atas. Kemudian terdapat dudukan untuk pengguna berbaring dengan nyaman. Dengan kaca tembus pandang, pengguna akan dikelilingi air yang terus mengalir. 

Pengguna bisa bersantai dengan pilihan pemandangan yang bisa di-setting dari layar tahan air. Bagian dalam memiliki sejumlah sensor untuk menilai kondisi manusia yang masuk. Sensor tersebut akan mengirimkan data dan meciptakan suasana nyaman sesuai mood pengguna. 

Mesin cuci ini akan berukuran sangat besar karena harus memberikan ruang cukup untuk manusia dewasa. Sementara ini, mesin akan memiliki perpaduan warna silver, putih dan juga hitam. 

Produk ini masuk dalam proyek Usoyaro dan diperkirakan bakal selesai pada tahun 2024. Kemudian mesin cuci manusia ini akan memulai debut pertama di Osaka Expo 2025. 

Ide Mesin Cuci Manusia Sudah Lama Muncul

Konsep mesin cuci manusia bukanlah hal baru di negeri Sakura ini. Pada Osaka Expo 1970, mesin yang sama diperkenalkan oleh perusahaan Sanyo Electric. Saat itu invosi mesin cuci manusi diberi nama ‘Ultrasonic Bath’. Keunggulan utamanya adalah membersihkan, memijat, dan mengeringkan pengguna dalam 15 menit dan seluruhnya otomatis. 

Mengutp dari Oddity Central, pada tahun segitu, konsep mesin cuci untuk manusia belum menjadi hal yang komersial. Beberapa puluh tahun kemudian. Ketua perusahaan Science, Yasuaki Aoyama mengaku terinspirasi dari ide Sanyo Electric saat melihat pameran ketika berumur 10 tahun.

Saking terpesonanya, ide yang sudah lama hilang kemudian dimunculkan kembali. Perusahaan Jepang belum memberikan bocoran mengenai perkiraan mesin cuci manusia dengan teknologi Artificial Intelligence bakal mulai dijual pada tahun 2025 nanti.

Baca juga: Viral Wisata ke Segitiga Bermuda, Bisa Refund Jika Kapal Hilang