Kematian Akibat Covid-19 di Dunia Tembus 5 Juta Orang

Annissa Mutia
3 Oktober 2021, 15:56
ilustrasi kematian akibat Covid-19
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi kematian akibat Covid-19

Kematian Covid-19  melebihi 5 juta jiwa pada hari Jumat, 1 Oktober 2021, menurut penghitungan Reuters. Itu terjadi di tengah masih banyaknya penduduk dunia yang belum divaksin dan menyebarnya virus corona varian Delta.  Varian Delta menjadi virus corona dominan di seluruh dunia dan telah menyebar di 187 negara dari 194 negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Melansir Reuters, lebih dari setengah dari kematian global  berada di Amerika Serikat, Rusia, Brasil, Meksiko, dan India. Rata-rata ada 8.000 kematian yang dilaporkan setiap harinya di seluruh dunia selama seminggu terakhir, atau sekitar lima kematian setiap menit. Namun, tingkat kematian global telah melambat dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut analisis Reuters, butuh lebih dari setahun untuk mencapai 2,5 juta jumlah kematian Covid-19 dan 2,5 juta kematian lainnya hanya dicapai dalam waktu delapan bulan.

Sementara itu, ada peningkatan fokus di negara-negara miskin untuk melaksanakan program vaksinasi. Pasalnya, banyak orang di negara dunia ketiga yang belum menerima vaksin dosis pertama. Bahkan, lebih dari separuh dunia belum menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19, menurut Our World in Data.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...