Ahli Kesehatan Inggris: Varian Delta Plus Mungkin Lebih Menular

Annissa Mutia
23 Oktober 2021, 18:49
Gambar Virus Covid-19
Kementerian Kesehatan
Gambar Virus Covid-19

Bentuk mutasi baru dari virus corona yang disebut Delta Plus kemungkinan dapat menyebar lebih mudah daripada Delta biasa, kata para ahli kesehatan Inggris. Oleh karena itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah memasukkan varian virus corona ini ke dalam kategori “varian dalam penyelidikan”.

Kendati demikian, UKHSA menekankan bahwa belum ada bukti bahwa varian itu menyebabkan infeksi Covid-19 yang lebih buruk. Para ilmuwan yakin bahwa vaksin yang ada seharusnya tetap bekerja dengan baik untuk melindungi manusia dari varian virus corona yang ada.

Data resmi Pemerintah Inggris menunjukkan varian Delta reguler masih menyumbang sebagian besar infeksi Covid-19 di Inggris, meskipun kasus Delta Plus atau AY.4.2 telah meningkat. Sekitar 6% kasus Covid-19 di negara Ratu Elizabeth itu adalah jenis varian baru ini.

Para ahli kesehatan Inggris mengatakan varian Delta Plus ini tidak mungkin bisa lolos dari efikasi vaksin saat ini. Namun, para pejabat Inggris mengatakan ada beberapa bukti awal bahwa varian Delta Plus mungkin memiliki tingkat pertumbuhan yang meningkat di Inggris dibandingkan dengan Delta reguler.

"Sub-garis keturunan varian Delta ini menjadi semakin umum di Inggris dalam beberapa bulan terakhir, dan ada beberapa bukti awal bahwa itu mungkin memiliki tingkat pertumbuhan yang meningkat di Inggris dibandingkan dengan Delta reguler," kata UKHSA seperti dilansir BBC, Sabtu (23/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...