Mudik Lewat Tol Ciawi-Sukabumi, Siapkan Hal Penting Ini

Mudik ke Sukabumi bisa menggunakan jalur tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) untuk memangkas waktu perjalanan.
Annissa Mutia
30 April 2022, 18:26
Mudik Lebaran: Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 L
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Mudik Lebaran: Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.

Pemudik yang pulang kampung halaman ke Sukabumi bisa menggunakan jalur tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) untuk memangkas waktu perjalanan.

Manajer Operasi Tol Ciawi Sukabumi, Kiman, meminta pemudik menyiapkan dan memperhatikan beberapa hal sebelum pergi supaya perjalanan mudik aman dan sehat.

"Pastikan kendaraan yang dipakai layak untuk melintas," kata Kiman, ditemui di Gerbang Tol Cigombong, Sukabumi Jawa Barat, dikutip Sabtu.

Selain kondisi kendaraan, pastikan juga saldo kartu elektronik mencukupi untuk membayar tarif tol. Kiman mengingatkan tarif tol Bocimi lebih tinggi dibandingkan dengan tarif tol Jagorawi.

Advertisement

 Melansir Antara, dari gerbang tol Ciawi sampai Cigombong, pengguna jalan perlu mengeluarkan uang sebesar Rp14.000 untuk kendaraan golongan I. Gerbang tol Cigombong sudah menggunakan pembayaran nontunai sepenuhnya.

Satu hal yang paling penting, pengelola mengingatkan pengguna jalan untuk berhenti di tengah jalan hanya untuk berfoto semata.

Jika dibandingkan dengan Jakarta, rute jalan tol Ciawi sampai Cigombong menawarkan pemandangan yang berbeda. Menjelang gerbang tol Cigombong, pengguna jalan disambut pemandangan pegunungan di kanan dan kiri jalan.

"Kami tidak mengharapkan ada kendaraan yang berhenti untuk 'selfie' di tol karena berbahaya," kata Kiman.

Jika sedang lengang, Ciawi sampai Cigombong dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.
Lalu lintas di ruas tol tersebut diperkirakan mencapai puncak kepadatan setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Ini jalur wisata, pemudik mungkin sedikit. (Lalu lintas) bergerak (naik) dari hari raya pertama dan kedua. Mulai lebih tinggi lagi H+1 dan H+2," kata Kiman

Dari segi kesiapan operasional menyambut puncak arus mudik dan arus balik, pengelola tol bekerja sama dengan Korlantas untuk mengerahkan dua unit Patroli Jalan Raya (PJR).

Pengelola juga dua mobil derek, satu mobil tangki air, satu ambulans dan satu mobil penyelamat untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.






 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait