Lima Destinasi Pariwisata Halal Terbaik di Indonesia

Image title
11 Mei 2021, 12:43
PEMBANGUNAN MASJID TERAPUNG PAINAN
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.

Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) pada 2018 dan 2019. Penilaian yang dilakukan oleh Crescentrating-Mastercard bekerja sama dengan pemerintah telah menetapkan lima destinasi pariwisata halal terbaik dari Indonesia. 

Penilaian IMTI dilakukan menggunakan empat indikator utama yang telah ditetapkan oleh GMTI Global Muslim Travel Index (GMTI) yakni: aksesibilitas, komunikasi, lingkungan dan layanan. Adapun berdasarkan penilaian GMTI pada 2019, Indonesia meraih peringkat pertama sebagai wisata halal terbaik dunia.

Penasaran wilayah mana saja di Indonesia yang menawarkan pariwisata halal menarik di Tanah Air, berikut ulasannya.

1. Lombok

Lombok adalah racikan terbaik dari perpaduan antara keindahan alam dan sisi religius masyarakat. Penulis Novel “Eat, Pray, Love”, Elizabeth Gilbert menemukan sisi terindah dari Islam di Lombok. Pulau ini juga memiliki segudang destinasi wisata halal terbaik dan sangat mengesankan. Lombok mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

2. Aceh

Aceh memiliki banyak kawasan pariwisata halal dengan atraksi unggulan. Di antaranya Pulau Weh di Sabang, Geurute Highland di pantai barat Aceh Jaya, Danau Laut Tawar di dataran tinggi Gayo, Pulau Banyak di Singkil dan Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Destinasi tersebut hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak potensi wisata Aceh yang telah menerapkan syariat Islam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...