Tips Aman Keluarga Sambut Pemudik dari Kampung Halaman

Hanna Farah Vania
19 Mei 2021, 08:10
Pengendara motor melintas di dekat spanduk penolakan warga terhadap pemudik di Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021). Spanduk yang dibuat warga RW 16, Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor tersebut untuk memperingatkan para pemudik yang
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Pengendara motor melintas di dekat spanduk penolakan warga terhadap pemudik di Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Perayaan Lebaran tahun ini masih diselimuti pandemi. Pergerakan masyarakat dibatasi, terutama kegiatan mudik yang berpotensi menaikkan kasus baru Covid-19. Pemerintah pun mengeluarkan larangan mudik selama 6-17 Mei 2021. Namun masih banyak masyarakat yang nekat mudik lebaran.

Kementerian Perhubungan mencatat ada 1,5 juta orang pulang kampung. Sedangkan arus balik diperkirakan antara 16-20 Mei. Hal ini tentu perlu diantisipasi untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Mengingat, jumlah kasus Covid-19 pada Minggu (16/5) bertambah 3.080 menjadi 1.739.750 kasus saat arus balik libur Lebaran.

Sementara berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, tahun lalu terjadi peningkatan kasus 37 hingga 119 persen saat libur panjang.  

Apabila ada anggota keluarga yang mudik dan berencana pulang ke rumah, kita tentu berharap penularan tidak terjadi. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika menyambut kedatangan pemudik di rumah.

1. Dukung pemudik melakukan isolasi mandiri

Keluarga di rumah dapat menyiapkan berbagai kebutuhan pemudik ketika melakukan isolasi mandiri. Menurut Satgas Pencegahan Covid-19, isolasi mandiri dilakukan 5 x 24 jam. Beberapa hal yang bisa dilakukan keluarga di antaranya menyiapkan ruangan, alat makan, dan minum khusus, serta memberikan makanan dan minuman yang bergizi dan peralatan pendukung lainnya. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...