Vaksinasi Virus Corona Mampu Melindungi dari Varian Baru Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
24 Juni 2021, 06:30
Vaksinasi Virus Corona Mampu Melindungi dari Varian Baru Covid-19
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) meninjau pelaksanaan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (31/1/2021).

Penyebaran varian baru Covid-19 kian meluas di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 20 Juni 2021, ditemukan 211 kasus varian baru virus corona dari total 2.242 sekuens. 

Sebanyak 160 kasus merupakan varian Delta (B.1.617.2), 45 kasus varian Alpha (B.1.17), dan enam kasus varian Beta (B.1.351). Ketiga varian baru virus corona ini memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi. Akibatnya, potensi pasien yang membutuhkan perawatan juga meningkat.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah kasus Covid-19 ialah dengan menggalakkan vaksinasi. Hal tersebut diyakini mampu memberikan perlindungan terhadap virus corona varian baru. 

Berdasarkan data terbaru dari Public Health England (PHE), dua dosis vaksin Covid-19 Astrazeneca 92 persen efektif mencegah rawat inap yang disebabkan varian Delta atau varian India. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Vaksin Astrazeneca juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap varian Kent (varian Alpha) asal Inggris. Vaksin jenis ini menurunkan 86 persen pasien rawat inap dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

”Data terbaru menunjukkan respon sel T yang kuat terhadap pemberian vaksin Covid-19 Astrazeneca, diduga memiliki korelasi terhadap perlindungan yang tinggi dan bertahan lama,” ujar Reisa seperti dikutip dari situs Covid.go.id.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...